Menu
Sign in
@ Contact
Search
Bursa Efek Indonesia (BEI) di Jakarta. (BeritaSatu Photo/Mohammad Defrizal)

Bursa Efek Indonesia (BEI) di Jakarta. (BeritaSatu Photo/Mohammad Defrizal)

Pilarmas: IHSG Melemah Terbatas, Jagokan Saham Pilihan BBTN Hingga WEGE

Kamis, 26 Jan 2023 | 08:00 WIB
Indah Handayani (handayani@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id – Pilarmas Investindo Sekuritas menyebut, berdasarkan analisa teknikal, IHSG berpotensi melemah terbatas pada perdagangan Kamis (26/1/2023). IHSG diperkirakan akan bergerak pada rentang 6.745 – 6.937. Jagokan saham pilihan BBTN hingga WEGE.

Pada perdagangan Rabu (25/1/2023) IHSG ditutup melemah sebesar 30 poin (0,45%) ke level 6.829. Sektor energi, barang baku, konsumen non primer, Kesehatan, infrastruktur, teknologi, dan property bergerak negatif mendominasi penurunan IHSG.  

Baca juga: Phintraco Sekuritas: IHSG Koreksi Lanjutan, Perhatikan Peluang Trading Buy Saham-Saham Berikut

Pilarmas Investindo Sekuritas menjelaskan, negara-negara berkembang masih akan menjadi pemenang tahun ini. Hal tersebut juga diamini oleh Morgan Stanley yang mengatakan bahwa ada penarikan investasi dari Amerika untuk menambah eksposure mereka di pasar negara berkembang. Saham saham di negara berkembang masih terlihat memiliki valuasi yang menarik, dan perekonomian India bahkan tumbuh lebih baik dari Amerika.

Advertisement

“Indeks pasar negara berkembang MSCI pun mendukung hal tersebut dengan mengalami kenaikkan sebanyak 8.6%, coba kita bandingkan dengan 4.7% dengan benchmark kita di Amerika,” tulis Pilarmas Investindo Sekuritas dalam risetnya, Kamis (26/1/2023).

Baca juga:  MNC Sekuritas: IHSG Terkoreksi, Empat Saham Berpeluang Cetak Untung Loh!

Sejauh ini, Pilarmas Investindo Sekuritas mengatakan, masih banyak yang menganggap bahwa pasar saham di Amerika masih sangat mahal, dimana perdagangan di pasar negara berkembang masih menawarkan diskon hamper 30%. Negara negara berkembang rata rata diperkirakan akan tumbuh sebesar 4.1% pada tahun 2023 mendatang dan 4.4% pada tahun 2024. Hal itu tentu saja berbanding terbalik pemirsa, dengan proyeksi di Amerika yang hanya tumbuh 0.5% pada tahun 2023 dan 1.2% pada tahun 2024 mendatang.

“Sejauh ini dana obligasi dan pasar saham negara berkembang terus mencatatkan capital inflow sebesar US$ 12,7 miliar dalam sepekan hingga per 18 Januari kemarin, seiringan dengan penambahan tersebut, tercatat adanya capital outflow dari pasar Amerika sebesar $5.8 miliar. Saat ini India juga akan menjadi mercusuar, tatkala Tiongkok masih berjibaku dengan Covid,” tambah Pilarmas Investindo Sekuritas.

Baca juga: Yugen: IHSG Konsolidasi, Cermati Menu Saham Bakal Cuan Ini

Pilarmas Investindo Sekuritas menambahkan, BKPM mencatat realisasi investasi pada 2022 mencapai Rp 1,207,2 triliun di mana melampui target yang sebesar Rp1,200 triliun atau mencapai 100,61%. Pada saat yang sama, realisasi investasi pada kuartal IV-2022 sebesar 314,8 triliun di mana tumbuh 2,3% secara kuartalan. Realisasi tersebut juga berasal dari Penanaman Modal Dalan Negeri (PMDN) yang menyumbang 44,4% atau sebesar Rp139,9 triliun di mana tumbuh 17% secara tahunan. Sementara, Penanaman Modal Asing (PMA mencapai Rp175,2 triliun atau berkonttribusi sebesar 55,6% dari total investasi dan tumbuh 43,3% secara tahunan.

“Kami memandang bahwa realisasi investasi di dalam negeri tak lepas dari dukungan pemerintah yang menjadikan hal ini angin segar bagi perekonomian dalam negeri sebagaimana potensi yang cukup besar dimiliki Indonesia dalam hal bahan baku atas sejumlah komoditas. Hal ini pun kami pandang berpotensi meningkatkan tingkat ekspor sebagaimana saat ini trennya melambat, sehingga juga dapat menstimulus berlanjutnya konsistensi atas surplus neraca dagang dalam negeri,” jelas Pilarmas Investindo Sekuritas.

Pilarmas Investindo Sekuritas menjagokan lima saham pilihan. Kelimanya adalah BBTN, TLKM, GOTO, BBNI, WEGE.

Editor : Indah Handayani (indah.handayani26@gmail.com)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com