Kamis, 30 Maret 2023

Krakatau Steel (KRAS) Lepas Anak Usaha ke Emiten Prajogo Pangestu Rp 2,25 T, Ini Sebabnya!

Thresa Sandra Desfika
1 Feb 2023 | 10:18 WIB
BAGIKAN
Prajogo Pangestu, (Ist)
Prajogo Pangestu, (Ist)

JAKARTA, investor.id - PT Krakatau Steel Tbk (KRAS) melalui PT Krakatau Sarana Infrastruktur (KSI) akan menjual 904.734.797 saham (70%) yang dimilikinya pada PT Krakatau Daya Listrik (KDL). Pembelinya adalah PT Chandra Asri Petrochemical Tbk (TPIA), perusahaan milik konglomerat Prajogo Pangestu.

Dalam keterbukaan informasi Krakatau Steel, dikutip Rabu (1/2/2023), dijelaskan bahwa transaksinya senilai Rp 2,25 triliun. Setelah transaksi, kepemilikan saham KSI pada KDL akan menjadi 30%. Transaksi tersebut mengakibatkan adanya perubahan pengendalian KDL dari yang sebelumnya oleh KSI menjadi dikendalikan oleh TPIA.

Manajemen Krakatau Steel mengungkapkan latar belakang penjualan itu. Hal itu dalam rangka program restrukturisasi dan transformasi KRAS dan pemenuhan kewajiban pembayaran sebagian utang perseroan berdasarkan tranche B Perjanjian Kredit Restrukturisasi (PK Restrukturisasi) tanggal 30 September 2019 yang nilainya sebesar US$ 524 juta dan akan jatuh tempo. Dalam rangka memenuhi kewajiban perseroan berdasarkan tranche B PK Restrukturisasi yang akan jatuh tempo tersebut, maka perseroan wajib melakukan proses divestasi anak perusahaan untuk menghindari risiko gagal bayar dan default.

Selanjutnya, perseroan melalui KSI (selaku anak perusahaan yang dikendalikan secara langsung dengan kepemilikan saham 99,99%) akan melepas sahamnya di KDL. Selanjutnya seluruh hasil dana dari transaksi akan digunakan perseroan untuk memenuhi kewajiban pembayaran kepada kreditur berdasarkan PK Restrukturisasi.

Manfaat yang diharapkan akan diperoleh perseroan dengan dilakukannya transaksi ini adalah:

1. Mengurangi beban keuangan perseroan dengan melakukan pembayaran kewajiban tranche B kepada kreditur PK Restrukturisasi.

2. Memperoleh dana tunai dari KSI dari hasil transaksi sebesar Rp 2,25 triliun yang dapat dimanfaatkan perseroan untuk memenuhi kewajiban perseroan kepada kreditur berdasarkan PK Restrukturisasi.

3. Meningkatkan kinerja oerseroan serta melanjutkan program restrukturisasi dan transformasi perseroan.

Sebelumnya, diumumkan bahwa PT Chandra Asri Petrochemical Tbk (TPIA) mengakuisisi saham anak usaha PT Krakatau Steel Tbk (KRAS) dengan nilai transaksi Rp 3,24 triliun.

Saham yang dibeli Chandra Asri, yaitu sebanyak 70% saham PT Krakatau Sarana Infrastruktur (KSI) di PT Krakatau Daya Listrik (KDL) dan 49% saham KSI di PT Krakatau Tirta Industri (KTI).

Chandra Asri dan Krakatau Steel telah menandatangani perjanjian jual beli saham bersyarat (conditional shares sale and purchase agreement/CSPA) pada 30 Desember 2022, yang diikuti dengan penandatanganan shareholders agreement (SHA) pada 3 Januari 2023.

Editor: Theresa Sandra Desfika (theresa.sandra@investor.id)

Baca Berita Lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN

Berita Terkait


Berita Terkini


Market 15 menit yang lalu

Sido Muncul (SIDO) Tebar Dividen Rp 1,09 T, Rasionya 99% dari Laba Bersih

Dalam RUPST Sido Muncul (SIDO) disetujui pembagian dividen tunai kepada pemegang saham sebesar Rp 1,095 triliun.
Market 24 menit yang lalu

Mirae: IHSG Uji Level Tertinggi, Simak Peluang Cuan pada Tiga Saham Berikut

Mirae Asset Sekuritas memprediksi IHSG hari uji level tertinggi 6.890. Simak peluang cuan pada tiga saham berikut, salah satunya BMRI.
Market 37 menit yang lalu

Graha Trans (GTRA) Masuk Bursa, Sahamnya Langsung Terbang 34,6%

PT Grahaprima Suksesmandiri Tbk (GTRA) atau Graha Trans mulai mencatatkan sahamnya di Bursa Efek Indonesia (BEI).
Market 41 menit yang lalu

IHSG Dibuka Menguat, Sektor Keuangan Langsung Melesat 

IHSG dibuka menguat 9,06 poin (0,13%), sektor Keuangan langsung melesat
Market 54 menit yang lalu

Diresmikan Jokowi, PTPP Tuntaskan Proyek Pembangunan Fasilitas Kereta Api di Sulsel

PTPP berhasil menuntaskan pembangunan proyek kereta api di Sulsel. Selain kontraktor, PTPP melalui CRI bertindak sebagai investor proyek itu
Copyright © 2023 Investor.id