Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com

GCG Emiten Meningkat Signifikan

Jumat, 23 November 2012 | 07:32 WIB
Oleh Elizabeth G Berahmana dan Grace Dwitiya

JAKARTA – Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan (Bapepam-LK) mencatat, tata kelola perusahaan yang baik (good corporate governance/GCG) emiten di Bursa Efek Indonesia (BEI) meningkat signifikan dalam empat tahun terakhir. Pada 2011, tingkat GCG emiten mencapai lebih dari 60% dibandingkan 2008 yang hanya kurang dari 50%.

Indikator peningkatan GCG itu antara lain penyelenggaraan rapat dewan komisaris, direksi, dan komite audit selama satu tahun. Penilaian juga mencakup persentase kehadiran rapat dewan komisaris, direksi, dan komite audit. Indikator lainnya adalah tingkat remunerasi (kenaikan gaji) dewan direksi dan komisaris, serta penambahan jumlah anggota komite audit dan anggota audit yang berperan sebagai komisaris independen.

Peningkatan GCG perusahaan publik di Indonesia juga diakui dua lembaga internasional, yaitu World Bank dan International Monetary Fund (IMF). Berdasarkan hasil kajian Indonesian Institute for Corporate Directorship (IICD), Indonesia cukup baik soal transparansi dan keterbukaan informasi. Nilainya mencapai 60%.

Kekurangan GCG perusahaan di Indonesia adalah soal peran, tanggung jawab, kesetaraan, dan hak-hak pemegang saham. Kekurangan lainnya terkait prosedur antikorupsi dan mekanisme whistleblower untuk mengungkapkan penyimpangan yang terselubung.

Demikian intisari dari diskusi panel IICD yang bekerja sama dengan majalah Investor bertajuk Enhancing CG Standards and Practices-Rising to The Challenge di Hotel Indonesia Kempinski, Jakarta, Kamis (22/11).

Diskusi yang dipandu Pemimpin Redaksi Investor Daily Primus Dorimulu itu menghadirkan pembicara Kepala Biro Standar Akuntansi dan Keuangan Bapepam-LK Etty Retno Wulandari, Direktur Utama Bursa Efek Indonesia (BEI) Ito Warsito, Ketua Umum Asosiasi Emiten Indonesia (AEI) Airlangga Hartarto, dan Direktur Utama PT Bank Mandiri Tbk Zulkifli Zaini.

Baca selengkapnya di Investor Daily versi digital di

https://subscribe.investor.id

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

BAGIKAN