Menu
Sign in
@ Contact
Search
PT Indika Energy Tbk (INDY). (Ilustrasi/Perseroan)

PT Indika Energy Tbk (INDY). (Ilustrasi/Perseroan)

7 Emiten Ini Dapat Berkah dari G20 Bali, Bagaimana Sahamnya?

Jumat, 18 Nov 2022 | 16:17 WIB
Thresa Sandra Desfika (thresa.desfika@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id - Setidaknya 7 emiten mendapatkan berkah dari penyelenggaraan KTT G20 dan B20 di Bali yang baru saja usai. B20 sendiri adalah sebuah forum investasi internasional yang diselenggarakan sebelum KTT G20 Bali.

Sebut saja, PT Adaro Energy Indonesia Tbk (ADRO) dan anak usahanya PT Adaro Minerals Indonesia Tbk (ADMR) yang peroleh berkah dari forum tersebut. Selain itu, ada PT Indika Energy Tbk (INDY), PT Bakrie & Brothers Tbk (BNBR), hingga PT Dian Swastatika Sentosa Tbk (DSSA). Juga tak mau kalah PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) dan PT Vale Indonesia Tbk (INCO).

Rata-rata mereka meneken nota kesepahaman, perjanjian lebih lanjut, hingga sampai dapat tender proyek.

Baca juga: Avia Avian (AVIA) Bagikan Dividen Interim Rp 619 Miliar

Advertisement

Contoh saja, Adaro Minerals (ADMR) yang menandatangani nota kesepahaman dengan Hyundai Motor Company untuk untuk menjamin pasokan aluminium yang stabil di tengah peningkatan permintaan terhadap aluminium untuk manufaktur otomotif. ADMR nantinya bakal jadi pemasok alumunium, melalui anak usahanya PT Kalimantan Alumunium Industry, untuk Hyundai Motor. Penandatanganan dilakukan di sela-sela acara B20.

Sedangkan, Adaro Energy (ADRO) lewat anak usaha lainnya yakni PT Adaro Power dapat tender pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB) Tanah Laut, Kalimantan Selatan berkapasitas 70 MW. Di sini Adaro Power satu konsorsium dengan Total Eren.

Sementara Indika Energy (INDY) bersama Altilium Group dan PT Terra Sustineri Berdaya (TSB) mengumumkan rencana untuk membentuk badan hukum baru untuk mempromosikan, memasarkan, dan melisensikan DNi Process di Indonesia. Pabrik ini akan dirancang untuk memproduksi sedikitnya 16.000 tpa nikel dan kobalt dalam bentuk produk hidroksida campuran (MHP), meskipun pabrik dapat dirancang untuk menghasilkan nikel dan kobalt sulfat. Sebagai langkah awal kemitraan ini akan berkolaborasi untuk memulai studi kelayakan pembangunan pabrik DNi Process pertama di Tanah Air. Pada awalnya, DNi Process dikembangkan untuk digunakan di Indonesia dalam memproses cadangan logam.

Bakrie & Brothers (BNBR) menandatangani head of agreement dengan Envision Group. Kerja sama ini bertujuan untuk menjajaki prospek pengembangan teknologi industri net zero dan berpotensi untuk membangun net zero industrial park pertama di Indonesia.

Dian Swastatika Sentosa (DSSA) melalui entitas PT Daya Anugerah Sejati Utama, Trina Solar Co Ltd, PT Indonesia Power (PLN Indonesia Power), dan PT Agra Surya Investindo meneken nota kesepahaman untuk menjajaki peluang kerja sama. Peluang kerja sama yang dimaksud untuk merencanakan, membangun, membiayai, dan mengoperasikan pabrik sel dan modul fotovoltaik surya dengan kapasitas produksi masing-masing 1 GWp per tahun dan memasarkan produk sel dan modul fotovoltaik surya di Indonesia.

Sedangkan Antam (ANTM) meneken framework agreement (FA) dengan CNGR Hong Kong Material Science & Technology Co Ltd (CNGR). Penandatangan FA sebagai tindak lanjut dari perjanjian pendahuluan (head of agreement) untuk pembangunan dan pengembangan kawasan industri hilirisasi bijih nikel.

Baca juga: Luar Biasa! Techno9 (NINE) Labanya Melambung 1.300%, IPO Lanjut

Sementara Vale Indonesia (INCO) menandatangani perjanjian kerja sama definitif dengan Zhejiang Huayou Cobalt Co Ltd (Huayou) untuk memproses bijih nikel Vale dari Blok Pomalaa di Kolaka, Sulawesi Tenggara.

Lantas adakah pengaruh berkah dari ajang G20/B20 itu terhadap kinerja sahamnya selama sepekan ini? Dalam satu minggu ADRO naik 2,87%; ADMR naik tipis 0,56%; INDY dalam satu pekan naik 4,09% dan terpantau yang tertinggi dari 6 emiten lainnya; BNBR malah anjlok 2,86% dalam periode satu pekan; DSSA naik tipis 0,25%; ANTM anjlok parah 7,55% dalam periode satu minggu; dan INCO juga ambles 7,07%.

Editor : Theresa Sandra Desfika (theresa.sandra@investor.id)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com