Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
PT Kliring Berjangka Indonesia (KBI) mencatat sebanyak 75% karyawan perseroan merupakan generasi milinial. Angka tersebut ditargetkan meningkat menjadi 80% ke depan.

PT Kliring Berjangka Indonesia (KBI) mencatat sebanyak 75% karyawan perseroan merupakan generasi milinial. Angka tersebut ditargetkan meningkat menjadi 80% ke depan.

75% Karyawan KBI adalah Generasi Milenial

Senin, 20 Juni 2022 | 11:20 WIB
Investor Daily (redaksi@investor.id)

JAKARTA, Investor.id - PT Kliring Berjangka Indonesia (KBI) mencatat sebanyak 75% karyawan perseroan merupakan generasi milinial. Angka tersebut ditargetkan meningkat menjadi 80% ke depan. Penambahan tersebut sejalan dengan arahan Kementerian BUMN untuk mewujudkan 80% dari total karyawan BUMN adalah kaum milenial.

Direktur Utama KBI Fajar Wibhiyadi mengatakan, sebanyak 75% dari total 50 karyawan KBI adalah generasi milenial. “Ke depan, KBI akan terus meningkatkan persentasi generasi milenial untuk menuju 80%. Bagi KBI, tentunya tidak terjebak dalam jumlah karyawan milenialnya, namun bagaimana mempersiapkan karyawan generasi milenial ini menjadi talenta-talenta unggul yang memiliki kompetensi dan menerapkan value AKHLAK, sehingga siap untuk menjadi pemimpin masa mendatang,” ujarnya melalui keterangan resmi di Jakarta, Senin (20/6).

Advertisement

Baca juga:2021, Laba Bersih KBI Melonjak 53%

Generasi milenial sendiri merupakan generasi yang lahir di rentang tahun 1980-1996. Berdasarkan data BPS tahun 2021, generasi milenial Indonesia mencapai 69,38 juta jiwa, atau 25,87% dari total penduduk Indonesia. Generasi milenial ini menduduki peringkat kedua, dibawah generasi Z yang lahir pada rentang waktu tahun 1997 – 2021 dengan total sebanyak 74,93 juta atau 27,94% dari total penduduk Indonesia.

Kementerian BUMN sebelumnya menyebutkan pihaknya berupaya agar 80% dari total karyawan BUMN adalah kaum milenial. Saat ini, karyawan milenial di lingkungan BUMN baru mencapai 65%. Target ini menjadi key performance indicator (KPI) yang dicanangkan dalam program transformasi BUMN dan terus didorong untuk bisa terealisasi.

Fajar Wibhiyadi menambahkan, berbagai perilaku yang dimiliki generasi milenial akan menjadi tantangan bagi KBI dalam pengembangan sumber daya manusia (SDM). Untuk pengembangan SDM tidak hanya dilakukan untuk hard skill, namun juga soft skill. Selain itu, penyiapan tempat kerja serta berbagai sarana pendukungnya juga disiapkan untuk mendukung kebiasaan dan gaya hidup para milenial. Untuk itu, ruang kerja dibuat lebih terbuka, dan juga disiapkan ruangan yang memungkinkan karyawan bisa bekerja dengan nyaman,” terangnya.

Baca juga: KBI: Transaksi Pasar Fisik Timah Murni Batangan di BBJ Tembus Rp 5,5 Triliun

“Harapan kami, ke depan generasi milenial yang kini berada di KBI akan mengambil tongkat estafet kepemimpinan di korporasi. Apalagi dengan adanya regulasi baru bahwa yang menjadi direksi tidak harus pensiun, tentunya ini menjadi peluang besar bagi generasi milenial KBI untuk menduduki pucuk pimpinan di korporasi. Saat ini, KBI terdapat lima kepala divisi dan 4 diantaranya dari generasi milenial, yang setiap saat bisa menduduki level pimpinan,” tereangnya.

Keberhasilan KBI dalam memaksimalkan talenta-talenta milenial tercermin dalam kinerja korporasi. Menurut dia, tahun 2021, KBI berhasil mencatatkan laba bersih sebesar Rp 101,6 Miliar atau naik 53% dari raihan tahun 2020 sebesar Rp 66,4 miliar. Sedangkan pendapatan meningkat dari Rp 170 miliar menjadi Rp 189,5 miliar.

Editor : Parluhutan (parluhutan@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN