Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Ilustrasi obligasi. Foto: beritasatu.com

Ilustrasi obligasi. Foto: beritasatu.com

AB Sinar Mas Multifinance Terbitkan Obligasi Rp 175 Miliar

Minggu, 6 September 2020 | 22:00 WIB
Prisma Ardianto (prisma.ardianto@beritasatumedia.com)

JAKARTA, investor.id - PT AB Sinar Mas Multifinance menerbitkan obligasi senilai Rp 175 miliar. Obligasi tersebut terbagi atas tiga seri dengan tingkat bunga atau imbal hasil antara 10-11%.

Berdasarkan pengumuman Bursa Efek Indonesia (BEI) dengan nomor Peng-P-01353/BEI/PP2/09-2020 mengumumkan, bahwa obligasi AB Sinar Mas Multifinance I Tahun 2020 yang akan dicatatkan tanggal 7 September 2020 di PT Bursa Efek Indonesia memiliki terbagi menjadi tiga seri.

Obligasi Seri A memiliki nilai emisi sebesar Rp 115 miliar dengan tingkat bunga sebesar 10,00% per tahun, dan memiliki jangka waktu selama 370 hari kalender.

Sedangkan obligasi Seri B memiliki nilai emisi sebesar Rp 25 miliar dengan tingkat bunga sebesar 10,50% per tahun, dan memiliki jangka waktu selama 2 tahun. Untuk obligasi Seri C memiliki nilai emisi sebesar Rp 35 miliar dengan tingkat bunga 11,00% per tahun, dan memiliki jangka waktu selama 3 tahun.

Seluruh seri dari obligasi tersebut diterbitkan pada 4 September 2020 dan dicatatkan pada 7 September 2020, dengan wali amanat yakni PT Bank Bukopin. Hasil pemeringkatan dari PT Kredit Rating Indonesia untuk Obligasi AB Sinar Mas Multifinance I Tahun 2020 adalah A- (Single A Minus).

Kepala Divisi Penilaian Perusahaan 2 BEI Vera Florida menyampaikan, perseroan wajib membayar kepada pemegang obligasi berdasarkan perjanjian perwaliamanatan. Guna menjamin pembayaran dari seluruh utang obligasi, maka AB Sinar Mas Multifinance  akan memberikan jaminan kepada pemegang obligasi berupa piutang perseroan.

"Perseroan senantiasa mempertahankan pada setiap saat nilai jaminan adalah sebesar 60% dari nilai pokok obligasi yang terutang, yang akan diserahkan selambat-lambatnya pada tanggal emisi dengan memperhatikan ketentuan akta jaminan fidusia yang ditandatangani oleh Perseroan dan wali amanat," tulis dia, akhir pekan lalu.

Vera menyatakan, perseroan dengan ini berjanji dan mengikatkan diri untuk menandatangani akta jaminan fidusia dalam waktu selambat-lambatnya pada tanggal penerbitan obligasi. Perseroan berkewajiban mendaftarkan akta jaminan fidusia melalui wali amanat selambat lambatnya 30 hari kalender setelah penandatanganan akta jaminan fidusia.

Dia menambahkan, AB Sinar Mas Multifinance dapat melakukan pembelian kembali obligasi dengan ketentuan pembelian obligasi ditujukan sebagai pelunasan atau disimpan untuk kemudian dijual kembali dengan harga pasar. Pelaksanaan pembelian kembali obligasi dilakukan melalui Bursa Efek atau di luar Bursa Efek dan baru dapat dilakukan satu tahun setelah tanggal penjatahan.

Pembelian kembali obligasi, sambung dia, tidak dapat dilakukan apabila hal tersebut mengakibatkan perseroan tidak dapat memenuhi ketentuan-ketentuan di dalam perjanjian perwaliamanatan. Serta apabila perseroan melakukan kelalaian (wanprestasi) sebagaimana dimaksud dalam perjanjian perwaliamanatan, kecuali telah memperoleh persetujuan RUPO.

Pembelian kembali obligasi baru dapat dilakukan setelah pengumuman rencana pembelian kembali obligasi. Pengumuman tersebut wajib dilakukan paling sedikit melalui satu surat kabar harian berbahasa Indonesia yang berperedaran nasional paling lambat dua hari kalender sebelum tanggal penawaran untuk pembelian kembali dimulai.

"Perseroan hanya menerbitkan sertifikat jumbo obligasi yang didaftarkan atas nama PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) dan akan didistribusikan dalam bentuk elektronik yang diadministrasikan dalam penitipan kolektif di KSEI," tutup Vera.  

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN