Menu
Sign in
@ Contact
Search
Gudang Pintar Dilayani Tokopedia. (Ilustrasi/Tokopedia)

Gudang Pintar Dilayani Tokopedia. (Ilustrasi/Tokopedia)

Ada Sentimen Positif, BRI Danareksa Rekomendasi Buy Saham GOTO

Rabu, 9 Nov 2022 | 09:18 WIB
Thresa Sandra Desfika (thresa.desfika@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id - Fulfillment Center (FC) atau Gudang Pintar Dilayani Tokopedia mendapatkan atensi tinggi. BRI Danareksa Sekuritas menilainya sebagai sentimen positif bagi PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) sehingga menetapkan target harga saham (target price) perusahaan ekosistem digital terbesar di Indonesia ini Rp 310 per saham.

Equity Research BRI Danareksa Sekuritas yang disusun Niko Margaronis mencatat target harga Rp 310 per saham itu setara dengan kenaikan 51,9% dibandingkan Rp 204 per saham. ”Hasil kunjungan kami ke FC GOTO, kami mencatat bahwa Tokopedia seiring dengan meningkatnya penetrasi e-commerce, bertujuan untuk merevolusi distribusi barang di Tanah Air,” ungkapnya dikutip Rabu (9/11/2022).

Baca juga: Efisiensi dan Pengembangan Omnichannel Jadi Kunci Kesuksesan Blibli (BELI)

Hal menarik dari Gudang Pintar Dilayani Tokopedia ini adalah karena Tokopedia membuka akses ke berbagai jenis merchant dari berbagai jenis produk dan tingkat pengalaman berkewirausahaan. Menjadi solusi bagi para merchant yang memiliki keterbatasan dalam hal operasional bisnis, rantai persediaan, hingga inventarisasi produk mereka.

Advertisement

Kehadiran layanan ini juga membantu para merchant untuk mendistribusikan produknya ke daerah di mana mereka tidak mempunyai cabang sehingga dapat meningkatkan produktivitas dan pendapatan merchant. Pada saat yang sama, Tokopedia berpeluang meningkatkan nilai gross transaction value (GTV) dan take-rate dari fasilitas Gudang Pintar Dilayani Tokopedia.

Merchant sangat difasilitasi dalam memindahkan barang mereka. Pada dasarnya menawarkan peluang untuk meningkatkan produktivitas dan omset mereka, dan menyarankan potensi peningkatan GTV dan tingkat penerimaan (take-rate),” ungkap Niko.

Maka inovasi layanan ini, menurutnya, menjadi sentimen positif terhadap kinerja GOTO yang akan memengaruhi terhadap harga sahamnya. ”Kami memang menurunkan estimasi (dari sebelumnya Rp 410 per saham) sebesar 20% untuk mencapai target price baru yaitu Rp 310 dan mempertahankan rekomendasi buy (beli),” papar dia.

Selain itu masih banyak potensi yang dinilai prospektif dari Dilayani Tokopedia yang sejak layanannya diluncurkan pada Maret 2022, penetrasi pesanan yang difasilitasi oleh Dilayani Tokopedia mencapai sekitar 5,5%. Masih terdapat ruang pertumbuhan yang besar seiring dengan manfaat yang dirasakan para mitra.

”Insentif merchant bersifat intuitif dan menarik yang dapat menempatkan barang di gudang Tokopedia dengan pengiriman yang cepat (H+1) di Jabodetabek, H+2 di luar Jakarta. Apalagi barang bisa lebih dekat dengan konsumen karena Tokopedia menerapkan strategi hyperlocalnya,” terusnya.

Tokopedia (via Swift) kini mengoperasikan total 70.000 m2 dan kapasitas di Bekasi memiliki tingkat utilisasi 70%. Ke depan, GOTO berencana untuk membangun lebih banyak Gudang Pintar Dilayani Tokopedia dan akan membekalinya dengan otomatisasi serta teknologi robot sehingga pesanan bisa cepat terantar.

Dengan berbagai potensi ini, ditambah dengan segmen bisnis GOTO lainnya, Niko dalam risetnya meyakini GOTO sedang dalam jalur percepatan menuju profitabilitas dengan meraih margin kontribusi positif pada tahun 2024.

Berbagai indikator positifnya antara lain rendahnya ancaman kompetitor di tengah posisi GOTO sebagai market leader dan sinergi yang dibangun untuk menyelaraskan kepentingan di antara para pemain besar yang mengutamakan profitabilitas. Hal ini ditandai dengan berakhirnya era “bakar uang” dari para pemain digital menuju industri yang semakin sehat.

Baca juga: Tambah 2 Perusahaan Lagi yang Listing di Bursa

”Kami juga menegaskan kembali ekspektasi kami bahwa penetrasi perdagangan digital di pasar ritel Indonesia yang tangguh akan terus meningkat dan dengan demikian kami menjaga ekspektasi GTV relatif utuh,” tegasnya.

Rekomendasi buy dari BRI Danareksa Sekuritas menambah deretan rekomendasi yang sama dari sedikitnya 11 riset perusahaan sekuritas lain. Termasuk di antaranya sekuritas asing seperti Macquarie Sekuritas dan Deutsche Bank.

Editor : Theresa Sandra Desfika (theresa.sandra@investor.id)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com