Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
PT Adhi Commuter Properti. Foto: Perseroan.

PT Adhi Commuter Properti. Foto: Perseroan.

Adhi Bidik Pendapatan Rp 55 Triliun dari Proyek TOD

Jumat, 17 September 2021 | 06:03 WIB
Muawwan Daelami (muawwan@beritasatumedia.com)

JAKARTA, investor.id – PT Adhi Commuter Properti (ADCP), anak usaha PT Adhi Karya Tbk (ADHI), dikalkulasikan akan mengantongi pendapatan sebesar Rp 55 triliun dari seluruh pengembangan yang dilakukan perusahaan. Saat ini, ADCP sedang mengembangkan total 12 proyek hunian yang terintegrasi dengan moda transportasi atau transit oriented development (TOD).

"Secara overall, kalau kita kalkulasikan revenue-nya mencapai Rp 55 triliun di setiap pengembangan-pengembangan yang saat ini dimiliki Adhi," ucap Direktur Pengembangan Bisnis Adhi Commuter Properti Rozi Sparta dalam media gathering, Kamis (16/9). 

Rozi memperkirakan pertumbuhan ADCP akan semakin terakselerasi seiring dengan akan beroperasinya Lintas Rel Terpadu (LRT) tahap I secara komersial pada Juni 2022 nanti. Adapun jumlah luas aset yang saat ini siap dikembangkan oleh ADCP sekitar 140 hektare (ha). 

Direktur Keuangan Adhi Commuter Properti Mochammad Yusuf merinci potensi pendapatan ADCP ketika LRT Tahap I sudah beroperasi akan disumbang oleh 4 proyek yang sudah diserahterimakan dari total 12 proyek yang dikembangkan. “Kami ada 4 proyek yang sudah diserahterimakan. Dari proyek tersebut, kami masih ada Rp 1,7 triliun potensi perolehan kontrak yang belum kami jadikan pendapatan karena penerapan aturan Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) 72," jelasnya. 

Keempat proyek yang sudah diserahterimakan adalah LRT Bekasi (Eastern Green), LRT City Jatibening, LRT City MTH (MTH27 Office Suites), LRT City Sentul (Royal Sentul Park). Setelah 4 proyek tersebut, kata Yusuf, terdapat tiga proyek tambahan yakni LRT City Cisauk Point, Perumahan Adhi City di Sentul Bogor, dan komersial area di MTH Office Suites yang akan diserahterimakan pada akhir tahun ini. 

Kemudian pada 2022, ADCP akan menyelesaikan LRT City Ciracas dan menyerahterimakan Adhi City tahap II. Berikutnya, potensi pendapatan tambahan juga akan dikontribusikan dari tower kedua LRT City Bekasi dan Jatibening sekitar Rp 2,6 triliun. 

Dengan demikian, perusahaan properti ini menargetkan pertumbuhan pendapatan sebesar 10% dan laba bersih sebesar 20%. Adapun terkait capital expenditure (capex), pihaknya mengalokasikan total Rp 2,1 triliun hingga akhir tahun 2021.

Mengenai aksi korporasi berupa Initial Public Offering (IPO), Direktur Utama Adhi Commuter Properti Rizkan Firman menjelaskan, pihaknya saat ini masih dalam rencana untuk melakukan aksi korporasi ke arah tersebut. Namun, terkait waktu pelaksananya, sedang dibahas secara intensif di internal perusahaan. 

Rizkan menambahkan, sejauh ini ADCP sedang fokus mengembangkan beberapa brand Adhi City berbasis (TOD) yang terdiri atas LRT City, Adhi City, dan member of LRT City. Brand tersebut menjadi produk andalan perusahaan untuk dipasarkan. 

LRT City fokus pada pengembangan yang terintegrasi langsung dengan stasiun LRT. Kemudian, Adhi City fokus dengan kota mandiri (township) yang juga terintergasi dan member of LRT City fokus pada hunian bertingkat yang terintegrasi dengan transportasi MRT dan commuter line.

Lebih jauh, seluruh proyek ADCP juga berada di titik yang berpotensi menjadi kawasan hunian berkembang. Sebab, sebagian besar pengembangan berlokasi di stasiun jalur LRT tahap I yang progres pembangunannya kini sudah mencapai 90%.

Sebagai catatan, kata Rizkan, di jalur LRT tahap I, pada 2020 lalu ADCP mengembangkan 7 titik dari 17 titik stasiun LRT dan dalam waktu dekat akan bertambah dua pengembangan proyek di area Cikunir dan Pancoran. "Jadi, dalam waktu dekat, kami akan memiliki 9 proyek di jalur LRT tahap I," ujarnya.

Editor : Jauhari Mahardhika (jauhari@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN