Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
PT Adhi Commuter Properti mengembangkan hunian vertikal di Ciputat, Tangerang Selatan

PT Adhi Commuter Properti mengembangkan hunian vertikal di Ciputat, Tangerang Selatan

Adhi Commuter Properti Patok Kupon Obligasi 10,5-11%

Senin, 10 Mei 2021 | 12:19 WIB
Lona Olavia

JAKARTA, investor.id - PT Adhi Commuter Properti (ACP), anak usaha PT Adhi Karya Tbk (ADHI), akan menerbitkan surat utang, atau Obligasi I Adhi Commuter Properti Tahun 2021 sebanyak-banyaknya Rp 500 miliar. Perseroan yang fokus pada pengembangan properti terintegrasi langsung dengan transportasi massal ini mematok kupon obligasi 10,5-11%.

Berdasarkan keterangan resminya, Senin (10/5), Adhi Commuter Properti akan mengeluarkan obligasi dalam dua seri. Pertama, Obligasi Seri A dengan jumlah yang ditawarkan Rp 328 miliar dengan kupon 10,5% per tahun yang berjangka waktu 367 hari kalender sejak tanggal emisi.

Kedua, Obligasi Seri B dengan jumlah yang ditawarkan Rp 9 miliar dengan tingkat bunga tetap sebesar 11% per tahun yang berjangka waktu tiga tahun sejak tanggal emisi.

Kupon obligasi akan dibayarkan setiap triwulan. Kupon obligasi pertama akan dibayarkan pada 20 Agustus 2021. Sedangkan bunga obligasi terakhir sekaligus pelunasan obligasi akan dibayarkan pada 27 Mei 2022 untuk Obligasi seri A dan 20 Mei 2024 untuk seri B. Pelunasan masing-masing obligasi juga akan dilakukan secara penuh pada saat jatuh tempo. 

Sementara itu, sisa dari jumlah obligasi yang ditawarkan sebanyak-banyaknya sebesar Rp 163 miliar pada Obligasi Seri A dan Seri B akan dijamin secara kesanggupan terbaik.

Bila jumlah dalam penjaminan kesanggupan terbaik tidak terjual sebagian, atau seluruhnya, atas sisa yang tidak terjual tidak menjadi kewajiban perseroan untuk menerbitkan obligasi tersebut.

Obligasi yang mendapat peringkat idBBB dari PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) itu telah mendapatkan efektif pada 7 Mei 2021, masa penawaran umum pada 11 dan 17 Mei 2021, tanggal penjatahan 18 Mei 2021, serta tanggal distribusi obligasi dan obligasi subordinasi secara elektronik pada 20 Mei 2021. Lalu, pencatatan di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada 21 Mei 2021.

Penjamin Emisi 

Berperan sebagai penjamin pelaksana emisi obligasi yakni PT Sucor Sekuritas dan penjamin emisi obligasi PT Aldiracita Sekuritas Indonesia. Sementara itu, Wali Amanat PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Tbk (BJBR).

Secara rinci, Sucor Sekuritas akan menjadi penjamin pelaksana emisi obligasi untuk Seri A Rp 296 miliar dan Seri B Rp 2 miliar, sehingga totalnya senilai Rp 298 miliar. Selanjutnya, Aldiracita Sekuritas menjadi penjamin emisi obligasi seri A Rp 32 miliar dan Seri B Rp 7 miliar, sehingga totalnya Rp 39 miliar.

Dengan demikian, total kedua penjamin tersebut siap menjamin Rp 337 miliar dari total obligasi yang sebanyak-banyaknya akan diterbitkan oleh Adhi Commuter Properti senilai Rp 500 miliar.

Pasar Properti

Sebelumnya, Direktur Utama Adhi Commuter Properti Rizkan Firman menuturkan bahwa dana hasil obligasi tersebut akan dipakai untuk belanja menambah bank tanah (land bank) dan pendanaan sejumlah proyek.

Rencana aksi korporasi tersebut muncul seiring mulai meredanya pandemi Covid-19 di awal tahun 2021. Perseroan pun  memperkirakan pasar properti kembali normal mulai tahun ini.

“Adhi Commuter Properti pun sudah mencanangkan proyeksi bisnis untuk lima tahun ke depan dengan pertumbuhan yang sangat signifikan untuk segmen usaha high riselanded housing, dan commercial area,” katanya.

Dalam lima tahun ke depan, ACP akan melakukan serah terima pada hampir seluruh Tower 1 dan Tower 2 dari proyek-proyek yang berjalan tahun 2020-2021. “Perseroan optimistis akan meraih pertumbuhan marketing sales dalam lima tahun ke depan akan melaju tumbuh sebesar 59,4%,” sebut Rizkan.

 

Editor : Abdul Muslim (abdul_muslim@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN