Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Proyek Podomoro City Deli-Medan besutan PT Agung Podomoro Land Tbk. ( Foto: istimewa )

Proyek Podomoro City Deli-Medan besutan PT Agung Podomoro Land Tbk. ( Foto: istimewa )

Agung Podomoro Jual Tanah Seluas 915.189 Meter Persegi ke CFCity

Rabu, 30 September 2020 | 16:21 WIB
Nabil Alfaruq (nabil.alfaruq@beritasatumedia.com)

JAKARTA, Investor.id - PT Agung Podomoro Land Tbk (APLN) melalui anak usahanya, PT Buana Makmur Indah (BMI), telah menandatangani perjanjian penjualan tanah tahap pertama dengan PT CFCity Tangerang Investment (CFCity) seluas 915.189 meter persegi.

Wakil Direktur Utama Agung Podomoro Land H Noer Indradjaja mengatakan, perjanjian penandatanganan penjualan tanah tersebut telah dilaksanakan pada 7 September 2020. “Penjualan tanah tersebut akan berdampak positif terhadap kegiatan operasional dan kondisi finasial perseroan, terutama likuiditas perseroan,” ujarnya dalam keterbukaan informasi di Jakarta, Rabu (30/9).

Dia mengatakan, nilai keseluruhan penjualan tanah kurang dari 20% dari ekuitas perseroan berdasarkan laporan keuangan terakhir, sehingga penjualan tanah bukan transaksi material.

Sebelumnya, selain menjual tanah, anak usaha Agung Podomoro tersebut berniat untuk menjual sebanyak 7,13 juta saham atau mewakili 6,56% saham di PT Trans Heksa Karawang (THK) kepada CFCity.

Penyelesaian pelepasan saham tersebut ditentukan dua syarat, yaitu penandatangan akta jual beli pada tanah tahap kedua sebelum atau pada tanggal yang sama dengan ditandatanganinya akta jual beli saham. Sedangkan syarat kedua, diperolehnya persetujuan internal untuk menjual dan mengalihkan kepemilikan saham yang dimiliki BMI kepada CFCity.

Pemeringkat

Di sisi lain, Fitch Ratings telah menurunkan peringkat utang Agung Podomoro Land dari CCC- menjadi C. Penurunan ini sejalan dengan pelemahan likuiditas keuangan perseroan.

Direktur Keuangan Agung Podomoro Land Cesar M Dela Cruz sebelumnya mengatakan, pandemi Covid-19 berimbas terhadap bisnis perseroan, seperti okupansi hotel dan jumlah kunjungan ke mal perseroan turun signifikan. Hal ini berimplikasi terhadap likuiditas keuangan.

Menurut dia, downgrade peringkat perseroan dipengaruhi likuiditas perusahaan, seperti yang telah dilaporkan, hasil penjualan perseroan semester I-2020 turun drastis. Begitu juga dengan reccuring income dari mal-mal perseroan turun drastis dan adanya beberapa hotel perseroan yang belum dibuka hingga kini.

Hingga semester I -2020, rata-rata okupansi pusat perbelanjaan perseroan, seperti Central Park sebesar 96%, Neo Soho sebesar 85%, Emporium Pluit sebesar 96%, Kuningan City sebesar 72%, Festival Citilink sebesar 79%, Baywalk sebesar 71% dan Senayan City sebesar 94%.

Sedangkan rata-rata okupansi hotel selama semester I-2020 seperti Indigo Hotel sebesar 27%, Pullman Vimala sebesar 36%, Amaris Thamrin City sebesar 28%, BnB Kelapa Gading sebesar 47% dan Harris dan POP! Festival Citilink Bandung sebesar 28% dan 24%.

Editor : Parluhutan (parluhutan@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN