Menu
Sign in
@ Contact
Search

×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Gresik JIIPE yang dimiliki oleh PT AKR Corporindo Tbk (AKRA).

Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Gresik JIIPE yang dimiliki oleh PT AKR Corporindo Tbk (AKRA).

AKR Optimistis Cetak Pertumbuhan Laba Bersih 18-20% pada 2021

Senin, 17 Januari 2022 | 15:45 WIB
Indah Handayani (handayani@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id – PT AKR Corporindo Tbk (AKRA) optimistis mencetak pertumbuhan laba bersih sebesar 18-20% pada 2021. Angka tersebut bahkan melampaui dari konsensus 2021 perkiraan pertumbuhan yang hanya sebesar 15%. Berdasarkan laporan keuangan Tahunan 2020, perusahaan berhasil membukukan pendapatan sebesar Rp 17,71 triliun dan laba bersihnya sebesar Rp 925 miliar.

Direktur AKR Corporindo (AKRA) Suresh Vembu mengatakan, kenaikan tersebut terjadi karena 2021 menjadi momentum pertumbuhan yang kuat pada bisnis perdagangan dan distribusi. Bahkan, kinerja positif tetap terjaga ditengah disrupsi dan peningkatan harga komoditas. Bahkan, seluruhnya tetap berjalan dengan baik dan tetap dilakukan sesuai dengan protokol kesehatan. Tidak hanya itu, kontribusi peningkatan tersebut juga disumbangkan dari bisnis baru AKR Corporindo, yaitu kerjasama AKR-BP yang telah membuka 7 outlet sehingga menjadi total 25 outlet pada akhir 2021.

Baca juga :Dear Milenial, Stock Split AKR (AKRA) Selesai, Tertarik Beli?

Selain itu, lanjut dia, adanya peningkatan sewa lahan dari smelter tembaga dengan adanya serah terima laydown area. Ditambah lagi, dari proyek Java Integrated Industrial and Port Estate (JIIPE) di Gresik, yang sudah banyak menjual lahan kepada investor. “Terlebih, JIIPE ini sudah mendapatkan status Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Sejak Juli 2021 dari pemerintah. Hal ini akan mendorong penjualan lahan kedepannya,” ungkap Suresh di sela virtual HP Sekuritas QnA with AKRA 'What to Expect in 2022, Following Excellent 2021 Performances', Senin (17/1).

AKR Coporindo
AKR Coporindo

Suresh menambahkan kinerja yang mumpuni pada 2021 bahkan sudah ditunjukan AKR Corporindo sejak Kuartal III 2021. Tercatat pertumbuhan pendapatan sudah naik 24% dibandingkan periode yang sama pada tahun lalu yaitu mencapai Rp 17,3 triliun. Sedangkan laba bersihnya mengalami peningkatan sebesar 20% mencapai Rp 201,9 miliar. “Ditambah lagi, dari performa bisnis perdagangan dan distribusi pada kuartal IV 2021, baik target petroleum business dan chemical businesss sudah terpenuhi serta tercapai,” jelas Suresh.

Baca juga : AKR Corporindo (AKRA) Targetkan Laba Tumbuh Dua Digit, Ini Penopangnya

Sedangkan untuk peluang perdagangan dan distribusi, Suresh menambahkan, pasar BBM indonesia adalah 66 triliun kiloliter,dan pemerintah juga telah mendukung program Biofuel 30. Hal itu pun didukung oleh AKRA, mengingat semua soal yang dijual sudah dicampur dengan B30 dan AKR sudah mendapatkan suplai yang cukup sesuai dengan bujet. Hal ini mengingat pada 2021, permintaan dari industri dari batubara, mining, nikel itu semua naik dan chemical demand juga meningkat seiring dengan pertumbuhan ekonomi.

“Apabila pada 2022 pemerintah optimistis pertumbuhan ekonomi sampai 5%, ini juga akan mendorong pertumbuhan chemical dan petroleum. Aktifnya perekonomian dan peningkatan harga komoditas meningkatkan permintaan energi industri,” jelasnya.

Editor : Indah Handayani (indah.handayani26@gmail.com)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN