Menu
Sign in
@ Contact
Search
ilustrasi minyak mentah
sumber: Antara

ilustrasi minyak mentah sumber: Antara

Aksi Protes Covid Meluas di Tiongkok, Minyak Ikut Bergerak Lesu

Senin, 28 Nov 2022 | 11:30 WIB
Indah Handayani (handayani@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id - Pada pembukaan pekan pagi ini, harga minyak terpantau bergerak bearish dibebani oleh meluasnya aksi protes di Tiongkok menolak kebijakan nol-Covid di tengah lonjakan kasus harian Covid yang telah mencapai rekor untuk empat hari berturut-turut. Selain itu, isyarat Irak untuk meningkatkan produksi mulai tahun depan turut membatasi pergerakan harga.

Baca juga: Harga Minyak Turun 2% Tertekan Kekhawatiran Pelemahan Permintaan Tiongkok

Tim Research and Development ICDX mengatakan, Angka infeksi harian Covid di Tiongkok mencapai 39,791 kasus pada 26 November, dibanding 35,183 pada sehari sebelumnya, yang sekaligus menandai rekor harian keempat berturut-turut, ungkap Komisi Kesehatan Nasional pada Minggu. Di tengah peningkatan tersebut, ratusan pengunjuk rasa melakukan aksi protes menolak kebijakan nol-Covid yang dipicu oleh kebakaran yang terjadi pada 24 November di gedung perumahan bertingkat tinggi di kota Urumqi, ibu kota wilayah Xinjiang, dan menewaskan 10 orang, yang dikaitkan dengan penguncian.

Tim Research and Development ICDX menambahkan, gelombang protes yang belum pernah terjadi sebelumnya itu telah menyebar ke sejumlah kota besar di Tiongkok seperti Shanghai, Beijing, Chengdu, Lanzhou, dan Wuhan. “Situasi tersebut meningkatkan kekhawatiran akan memicu pelemahan bahan bakar di negara importir minyak terbesar pertama dunia itu,” tulis Tim Research and Development ICDX dalam risetnya, Senin (28/11/2022).

Advertisement

Baca juga: Minyak Menguat Dipicu Sentimen Atas Komentar Rusia

Tim Research and Development ICDX menjelaskan, turut membebani pergerakan harga lebih lanjut, Irak yang merupakan produsen terbesar kedua di OPEC setelah Arab Saudi, mengisyaratkan akan mulai meningkatkan kapasitas ekspor minyak mulai tahun depan sebesar 150 ribu – 250 ribu bph dari pelabuhan selatannya, ungkap Mohammed Saadoon, perwakilan nasional Irak di OPEC dan wakil direktur jenderal perusahaan pemasaran minyak milik negara yang dikenal sebagai SOMO, dalam sebuah wawancara di TV Irakiya milik negara. Selain itu, Saadoon juga menambahkan bahwa Irak menargetkan total ekspor sebesar 1 juta hingga 1.5 juta bph pada tahun 2025.

Sementara itu, Tim Research and Development ICDX menjelaskan, dalam pertemuan yang akan berlangsung pada 4 Desember nanti, OPEC dan sekutunya akan fokus mempertimbangkan kondisi dan keseimbangan pasar, ungkap Saadoun Mohsen, seorang pejabat senior SOMO pada hari Sabtu. Saadoun menambahkan bahwa pemangkasan produksi OPEC tidak akan mengurangi ekspor Irak, dan ia berharap harga minyak mentah akan mencapai US$ 85-95 pada tahun depan.

Baca juga: Harga Minyak Flat

Tim Research and Development ICDX menjelaskan, fokus pasar lainnya juga tertuju pada pertemuan lanjutan Uni Eropa (UE) untuk membahas mengenai kesepakatan batas harga untuk minyak Rusia, setelah pertemuan pada 25 November dibatalkan. Sejauh ini terdapat negara-negara UE terbagi dalam 2 kubu, yaitu yang menyepakati harga pada kisaran US$65-70 per barel sesuai usulan dari G7, dan kubu lainnya yang menginginkan batas harga pada US$30-40 per barel, jauh lebih rendah dari harga pasar.  Untuk batas harga ini akan mulai diberlakukan pada 5 Desember mendatang, bertepatan dengan dimulainya larangan UE untuk ekspor minyak mentah Rusia melalui jalur laut.

“Melihat dari sudut pandang teknis, harga minyak berpotensi menemui posisi resistance terdekat di level US$ 78 per barel. Namun, apabila menemui katalis negatif maka harga berpotensi turun ke support terdekat di level US$ 70 per barel,” tutup Tim Research and Development ICDX.

Editor : Indah Handayani (indah.handayani26@gmail.com)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com