Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Produk Indofood di sebuah gerai. Foto: Investor Daily/DAVID

Produk Indofood di sebuah gerai. Foto: Investor Daily/DAVID

Akuisisi Pinehill, Indofood CBP Andalkan Pinjaman Bank

Parluhutan Situmorang, Sabtu, 23 Mei 2020 | 13:19 WIB

JAKARTA, Investor.id -  PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk (ICBP) mengandallkan pinjaman perbankan untuk membiayai akuisisi saham Pinehill Company Limited senilai US$ 2,998 miliar. Sedangkan sisanya bersumber dari kas internal.

Indofood CBP sebelumnya telah menandatangani perjanjian jual beli saham bersyarat dengan Pinehill Corpora Limited dan Steele Lake Limited selaku pemegang saham Pinehill Company pada 22 Mei 2020.

Pinehill Corpora merupakan perusahaan teraffiliasi yang 49% sahamnya dimiliki Anthoni Salim. Sedangkan Steele Lake bukan perusahaan teraffiliasi. Pinehill Corpora dan Steele Lake merupakan pemegang masing-masing 51% dan 49% saham Pinehill Company, yaitu perusahaan investasi yang didirikan di British Virgin Island yang memiliki penyertaan saham di sejumlah perusahaan di berbagai negara.

Pinehill Company menguasai 59% saham Pinehill Arabia Food Limited, yaitu perusahaant erbatas yang berada di Arab Saudi dengan kegiatan utama bidang industri manufaktur mi instan. Pinehill Company juga menjadi pemegang 100% saham Platinum Stream Profits Limited, yaitu perusahaan yang bergerak di bidang investasi dengan memiliki penyertaan sebanyak 48,99% saham pada Dufil Prima Foods Plc. Dupil sendiri merupakan perusahaan yang bergerak di bidang industri manufaktur mi instan di Nigeria.

ICBP Resmi Akuisi Saham Pinehill & Steele Lake Senilai US$ 2,99 MiliarICBP Resmi Akuisi Saham Pinehill & Steele Lake Senilai US$ 2,99 Miliar

Pinehill Company juga tercatat sebagai pemegang 59% saham Salim Wazaran Group Limited, yaitu perusahaan investasi yang memiliki penyertaan langsung dan tidak langsung sekitar 80% saham perusahaan yang memiliki kegiatan usaha manufaktur dan distribusi mi instan di Mesir, Kenya, Maroko, dan Serbia.

Pinehill Company juga menguasai sebanyak 59% saham Salim Wazaran Gida Sanayi Ve Yatirim Anonim Sirketi, yaitu perusahaan joint stock di Turki. Perusahaan tersebut menguasai 80% saham Adkoturk Gida Sanayi Ve Ticaret Limited Sirketi, yaitu perusahaan yang bergerak di bidang industri manufaktur mi instan di Turki.

Sekretaris Perusahaan Indofood CBP Gideon A Putro mengatakan, pendanaan akuisisi bersumber dari kas internal sebesar US$ 300 juta dan sisanya fasilitas pinjaman dari lembaga perbankan. “Perseroan masih dalam tahap diskusi dengan para potensial kreditur dan belum ada ketentuan yang bersifat definitive di antara para pihak,” terangnya.

 

 

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN