Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Indofood CBP. Foto: IST

Indofood CBP. Foto: IST

Akuisisi Pinehill, Indofood CBP Menjadi Produsen Mie Terkemuka di Dunia

Parluhutan Situmorang, Sabtu, 23 Mei 2020 | 13:47 WIB

JAKARTA, Investor.id -  PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk (ICBP) meyakini akuisisi Pinehill Company akan menjadikan perseroan sebagai produsen mie instant terkemuda di dunia. Apalagi Pinehill Company melalui sejumlah perusahaannya telah menjadi produsen dan distributor mi instan yang besar di negara-negara Afrika, Timur Tengah, dan Eropa Tenggara.

Sekretaris Perusahaan Indofood CBP Gideon A Putro mengatakan, Pinehill Company telah memiliki pangsa pasar penjualan mie instan yang kuat di delapan negara di Afrika, Timur Tengah, dan Eropang Tenggara. “Dengan transaksi ini, perseroan akan menjadi pemain dan produsen produk makanan global dengan pangsa pasar yang kuat secara global, khususnya pasar produk mie instant,” ujarnya melalui penjelasan resminya di BEI, kemarin.

ICBP Sepakati Akuisi Saham Pinehill & Steele Lake Senilai US$ 2,99 Miliar

Dia mengatakan, Pinehill Company memiliki 12 fasilitas produksi mi instan dengan kapasitas produksi lebih dari 10 miliar bungkus mi instan yang berlokasi di 8 negara dengan total populasi penduduk 550 juta orang. Pinehill juga memiliki jaringan distribusi di 33 negara yang memiliki total populasi 885 juta orang. “Akuisisi ini akan menjadikan perseroan sebagai produsen mie instan terkemuka di dunia,” terangnya.

Perseroan sebelumnya telah menandatangani pernjanjian jual beli saham Pinehill Company Limited senilai US$ 2,998 miliar. Perjanjian dilakukan perseroan dengan dengan Pinehill Corpora Limited dan Steele Lake Limited selaku pemegang saham Pinehill Company pada 22 Mei 2020.

Pinehill Corpora merupakan perusahaan teraffiliasi yang 49% sahamnya dimiliki Anthoni Salim. Sedangkan Steele Lake bukan perusahaan teraffiliasi. Pinehill Corpora dan Steele Lake merupakan pemegang masing-masing 51% dan 49% saham Pinehill Company, yaitu perusahaan investasi yang didirikan di British Virgin Island yang memiliki penyertaan saham di sejumlah perusahaan di berbagai negara.

Pinehill Company menguasai 59% saham Pinehill Arabia Food Limited, yaitu perusahaant erbatas yang berada di Arab Saudi dengan kegiatan utama bidang industri manufaktur mi instan. Pinehill Company juga menjadi pemegang 100% saham Platinum Stream Profits Limited, yaitu perusahaan yang bergerak di bidang investasi dengan memiliki penyertaan sebanyak 48,99% saham pada Dufil Prima Foods Plc. Dupil sendiri merupakan perusahaan yang bergerak di bidang industri manufaktur mi instan di Nigeria.

Akuisisi Pinehill, Indofood CBP Andalkan Pinjaman Bank

Pinehill Company juga tercatat sebagai pemegang 59% saham Salim Wazaran Group Limited, yaitu perusahaan investasi yang memiliki penyertaan langsung dan tidak langsung sekitar 80% saham perusahaan yang memiliki kegiatan usaha manufaktur dan distribusi mi instan di Mesir, Kenya, Maroko, dan Serbia.

Pinehill Company juga menguasai sebanyak 59% saham Salim Wazaran Gida Sanayi Ve Yatirim Anonim Sirketi, yaitu perusahaan joint stock di Turki. Perusahaan tersebut menguasai 80% saham Adkoturk Gida Sanayi Ve Ticaret Limited Sirketi, yaitu perusahaan yang bergerak di bidang industri manufaktur mi instan di Turki.

Harga pembelian seluruh saham mencapai US$ 2,998 miliar yang dibayarkan kepada masing-masing penjualan, yaitu Pinehill Corpora senilai US$ 1,19 miliar pada tanggal penyelesaian transaksi dan sebesar US$ 331,5 juta dibayarkan pada 30 April 2022. Perseroan juga akan membayar senilai US$ 1,15 miliar kepada Steele Lake pada saat penyelesaian transaksi dan senilai US$ 318,5 juta dibayarkan pada 30 April 2020.

Manajemen perseroan menyebutkan bahwa Pinehill Company berhasil membukukan penjualan mencapai US$ 533,5 juta dengan laba sebelum pajak sebesar US$ 125 juta pada akhir 2019. Sedangkan ekuitas konsolidasinya mencapai US$ 246,3 juta dengan kas dan setara kas sebesar US$ 67,5 juta.

Hingga kuatal I-2020, Indofood CBP membukukan peningkatan laba periode berjalan yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk sebesar 48% menjadi Rp 1,98 triliun hingga Maret 2020, dibandingkan periode sama tahun lalu Rp 1,37 triliun.

Lonjakan laba tersebut didukung atas pertumbuhan penualan sebesar 7% menjadi Rp 12,10 triliun, dibandingkan kuartal I-2019 senilai Rp 11,25 triliun. Kenaikan laba juga didukung atas pertumbuhan penghasilan operasi lain dari Rp 103,82 miliar menjadi Rp 667,36 miliar.

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN