Menu
Sign in
@ Contact
Search
Akamai Meluncurkan Karya Seni NFT Pertama

Akamai Meluncurkan Karya Seni NFT Pertama

Apa itu Floor Price NFT? Investor NFT Wajib Tau!

Selasa, 13 September 2022 | 13:39 WIB
Lona Olavia (redaksi@investor.id)

JAKARTA, investor.id - Awal tahun 2022, masyarakat Indonesia dikejutkan dengan seorang pria dengan username Ghozali Everyday yang berhasil menjual hasil swafotonya di platform OpenSea dengan nilai capai Rp 1,5 miliar. Sejak saat itulah, non fungible token (NFT) menjadi semakin booming di Indonesia. Dalam dunia NFT, dikenal banyak istilah, salah satunya floor price.

Dikutip dari Pintu Academy, Floor price NFT adalah istilah yang digunakan untuk menunjukkan seberapa besar jumlah uang terendah yang harus dikeluarkan seseorang untuk bergabung sebagai anggota proyek NFT, atau dengan kata lain memiliki NFT dari proyek bersangkutan.

Baca juga: Apa itu Lazy Minting NFT, Cara Buat NFT Secara Gratis?

Floor price merupakan salah satu metrik yang paling banyak digunakan oleh investor untuk menilai suatu proyek di NFT market. Misalnya, koleksi Bored Ape Yacht Club, salah satu proyek di NFT market yang memiliki floor price senilai 103 Ethereum. Dengan demikian maka setiap calon pembeli dapat membeli Bored Ape dengan harga mulai dari 103 Ethereum.

Jika calon pembeli menggunakan platform OpenSea dan ingin membeli dengan harga lebih murah, maka mereka harus mengajukan penawaran. Hal ini dikarenakan platform OpenSea bekerja dengan sistem yang mirip dengan eBay di mana setiap calon pembeli dapat mengajukan penawaran harga, termasuk untuk harga lebih tinggi maupun lebih rendah dari pasar. Hanya saja, kemungkinannya kecil untuk penawaran harga lebih rendah dapat diterima oleh penjual.

Baca juga: Apa itu Bored Ape NFT? Gambar NFT “Monyet” yang Berharga Miliaran

Membeli NFT pada floor price seringkali dilakukan oleh calon pembeli dengan tujuan untuk menerima manfaat dari proyek yang dijual. Biasanya, proyek NFT yang berhasil terjual dengan harga terendah (floor price) bersifat tidak langka atau tidak eksklusif, sehingga tidak menciptakan nilai tambah.

Sebagaimana konsep jual-beli barang atau jasa pada umumnya, floor price di NFT Market juga ditentukan oleh jumlah permintaan. Semakin banyak peminatnya, maka semakin tinggi pula harga jual yang ditetapkan oleh pemilik proyek. Begitupun sebaliknya, semakin sedikit permintaan, maka harga jual akan relatif lebih rendah karena tidak banyaknya jumlah tawaran dari pembeli.

Baca juga: OneAset Luncurkan Marketplace NFT Pertama dengan Fitur Komunitas

Berikut beberapa faktor yang mempengaruhi floor price NFT berdasarkan jumlah permintaan dari NFT bersangkutan, yakni keunikan atau kelangkaan, kegunaan, dan popularitas kreator.

Di platform OpenSea, floor price akan di-update secara otomatis dan real-time berdasarkan harga NFT terendah dari koleksi item kamu. Oleh karena itu untuk mengubah floor price, kamu tinggal mengubah harga dari NFT dengan harga terendah pada koleksi kamu.

  • Klik tombol “Lower Price” pada bagian paling kanan dari halaman produk kamu.
  • Masukan harga baru yang kamu inginkan
  • Klik tombol “Set New Price” untuk mengganti harga

Editor : Lona Olavia (olavia.lona@gmail.com)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com