Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password

×

Email

Password

×

Nama

Email

Password

Ulangi Password

×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Ilustrasi investasi: Foto: newsklikpositif.com

Ilustrasi investasi: Foto: newsklikpositif.com

Avrist Asset Management Catatkan ETF Fixed Rate Bond I di BEI

Mashud Toarik, Jumat, 18 Oktober 2019 | 09:59 WIB

Jakarta, Investor.id - PT Avrist Asset Management (Avram) dan PT Mandiri Sekuritas (Mandiri Sekuritas) meluncurkan Reksa Dana Avrist ETF Fixed Rate Bond I (XAFA). Ini merupakan reksa dana yang dapat diperdagangkan di bursa (Exchange Traded Fund/ETF) dan telah memperoleh pernyataan efektif dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Adapun pencatatan perdana Reksa Dana Avrist ETF Fixed Rate Bond I dengan kode perdagangan XAFA dilakukan di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada, Jumat (18/10/2019).

Dalam kerja sama ini, Avram bertindak sebagai Manajer Investasi, sedangkan Mandiri Sekuritas berperan sebagai Dealer Partisipan khusus untuk produk Avrist ETF Fixed Rate Bond I (XAFA). Selain itu, Avram juga bekerjasama dengan PT Bank Mandiri sebagai Bank Kustodian untuk Produk XAFA ini.

“Penerbitan ETF Fixed Rate Bond ini merupakan salah satu bentuk usaha kami untuk menyediakan produk yang diharapkan dapat memperbesar basis investor ritel di pasar obligasi yang selama ini tidak bisa mengakses karena minimnya dana (kurang dari Rp 1 milliar) di samping itu, investor ritel akan mendapatkan kemudahan melakukan transaksi jual beli XAFA melalui platform yang tersedia,” ujar Hanif Mantiq, Direktur Utama Avram dalam keterangan resmi yang dikutip Majalah Investor.

Lebih jauh dikatakan Hanif, peluncuran XAFA sejalan dengan visi Avram untuk memajukan kehidupan melalui solusi investasi terbaik bagi investor.

“XAFA akan berinvestasi pada FR0081 yaitu SBN dengan jangka waktu 5 tahun, dengan pertimbangan beberapa hal yaitu pertama, tingginya likuiditas, kedua, risiko pasar rendah karena durasi pendek, ketiga, peringkat kredit yang tinggi (AAA), sehingga memiliki risiko default rendah,” imbuhnya.

Disebutkan, terdapat beberapa keuntungan bagi investor yang berinvestasi pada ETF ini antara lain, adanya return yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan kepemilikan langsung obligasi tersebut. Investor akan mendapat pembagian hasil investasi secara berkala setiap 6 bulan serta memiliki kemungkinan capital gain.

Keuntungan lainnya adalah memudahkan investor untuk melakukan asset-liability matching, yaitu menyesuaikan kewajiban dengan aset yang dimiliki. Misalnya investor yang memiliki kebutuhan dana pendidikan untuk lima tahun ke depan dapat membeli ETF ini karena ketika kewajiban datang, ETF ini sudah jatuh tempo. Strategi ini dinamakan Target Maturity Date Bond ETF yang sudah banyak dijalankan di luar negeri.

Sementara Direktur Mandiri Sekuritas Silva Halim mengatakan, sebagai broker lokal teraktif di Indonesia, Mandiri Sekuritas menurutnya berkomitmen untuk memberikan nilai tambah kepada para investor dengan menghadirkan layanan pasar modal terlengkap dan berkualitas kepada seluruh nasabah.

“XAFA sebagai ETF Fixed Rate Bond pertama di Indonesia kini dapat menjadi produk investasi pilihan yang dapat dijangkau oleh investor ritel,” ujarnya.

Sebagaimana diketahui, ETF merupakan reksa dana berbentuk kontrak investasi kolektif yang unit penyertaannya diperdagangkan di bursa efek. Produk ETF ini menawarkan empat manfaat bagi para investor, yakni mudah dan fleksibel, rendah biaya dan risiko, cakupan luas serta transparan.

“Investor yang berminat untuk berinvestasi pada Avrist ETF Fixed Rate Bond I (XAFA) dapat menghubungi Manajer Investasi atau Dealer Partisipan,” pungkas Hanif.

 

Sumber : Majalah Investor

BAGIKAN

REKOMENDASI UNTUK ANDA