Menu
Sign in
@ Contact
Search

×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Ditetapkan pemenang pelelangan pengusahaan Jalan Tol Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap. Foto: BPJT Kementerian PUPR

Ditetapkan pemenang pelelangan pengusahaan Jalan Tol Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap. Foto: BPJT Kementerian PUPR

Bangun Tol Gedebage-Cilacap Butuh Rp 56,2 T, Bagaimana Konsorsium JSMR Menanggungnya?

Kamis, 6 Januari 2022 | 14:58 WIB
Thresa Sandra Desfika (thresa.desfika@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id – Konsorsium PT Jasa Marga Tbk (JSMR) ditetapkan sebagai pemenang lelang Tol Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap senilai Rp 56,2 triliun.

Adapun dalam konsorsium itu tergabung, yakni PT Jasa Marga Tbk, PT Daya Mulia Turangga, PT Gama Group, PT Jasa Sarana, PT Pembangunan Perumahan Tbk (PTPP), PT Waskita Karya Tbk (WSKT), dan PT Wijaya Karya Tbk (WIKA).

Dengan biaya investasi sebesar itu, bagaimana konsorsium tersebut memenuhi sisi pendanaan tersebut?

Baca juga: Ada PTPP, WSKT, WIKA!  Konsorsium Jasa Marga (JSMR) Resmi Terima Surat Menang Lelang Tol Gedebage-Tasik-Cilacap

Anggota Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Unsur Profesi Koentjahjo Pamboedi menjelaskan, Ruas Tol Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap pada tahap konstruksi dan operasi dibagi menjadi dua bagian, yakni Tahap 1 Gedebage-Tasikmalaya dan konstruksinya dilakukan pada tahun 2022 sampai selesai 2024. Kemudian, Tahap 2 selanjutnya dari Ruas Tol Tasikmalaya-Cilacap pada tahun 2027 diperkirakan selesai tahun 2029 sehingga nantinya terdapat jeda pengoperasian sekitar tiga tahun.

"Dengan adanya jeda schedule konstruksi tersebut sehingga financial close untuk investasi ruas tol ini dapat dilakukan dua kali, yakni kebutuhan ruas Gedebage-Tasikmalaya terlebih dahulu kemudian Tasikmalaya-Cilacap," ujar Koentjahjo dalam keterangan resmi dikutip pada Kamis (6/1).

Sementara itu, Direktur Utama PT Jasa Marga Tbk, Subakti Syukur mewakili konsorsium pemenang lelang mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya selama proses pelaksanaan lelang Jalan Tol Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap.

Baca juga: Wah Ada Batas Waktunya! Konsorsium JSMR Harus Segera Bentuk BUJT Gedebage-Tasik-Cilacap

“Tentunya kami semua konsorsium sangat berkomitmen untuk menyelesaikan ruas tol yang cukup panjang ini, sesuai dengan yang diharapkan, dapat berjalan dengan lancar dan sesuai dengan hasil yang diharapkan. Mudah-mudahan proyek ini menjadi salah satu ruas yang cukup berperan penting untuk memecah arus lalu lintas kemacetan di masa mendatang di wilayah dari Gedebage hingga Cilacap," ungkap dia.

Untuk diketahui, pada Rabu (5/1) telah dilakukan serah terima surat penetapan pemenang lelang oleh menteri PUPR yang diserahkan dari BPJT kepada konsorsium Jasa Marga sebagai pemenang lelang Tol Gedebage-Tasik-Cilacap.

 

Editor : Theresa Sandra Desfika (theresa.sandra@investor.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN