Menu
Sign in
@ Contact
Search

×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI). Foto: Perseroan.

PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI). Foto: Perseroan.

Bank Rakyat Indonesia (BBRI) Siapkan Buyback Saham Rp 3 Triliun

Senin, 24 Januari 2022 | 11:11 WIB
Gita Rossiana (gita.rossiana@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id - PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) berencana melakukan pembelian kembali (buyback) saham sebesar Rp 3 triliun. Buyback ini dilakukan untuk program kepemilikan saham pekerja dan direksi atau komisaris perseroan.

Berdasarkan keterbukaan informasi pada Senin, (24/1),  buyback akan dilakukan paling lambat 18 bulan sejak pelaksanaan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan Tahun 2022 (RUPST). 

"Buyback dilaksanakan setelah memperoleh persetujuan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan memperhatikan kondisi likuiditas serta permodalan Perseroan dan peraturan yang berlaku," jelas manajemen.

Sesuai rencana, pemberitahuan mengenai buyback akan dilakukan pada 21 Januari 2022. Kemudian, RUPST dilakukan pada 1 Maret 2022 dan buyback akan dilakukan pada 1 Maret 2022 hingga 31 Agustus 2023.

Baca juga: Blue Chip Never Die, Bank Rakyat Indonesia (BBRI) dan Telkom Indonesia (TLKM) Masih Bisa Naik Kencang

Adapun pada 2015 dan 2020, perseroan sudah melakukan buyback saham dengan berpedoman pada Peraturan OJK No.2/POJK.04/2013 tentang Pembelian Kembali Saham yang Dikeluarkan Oleh Emiten Atau Perusahaan Publik Dalam Kondisi Pasar yang Berfluktuasi Secara Signifikan. Hampir seluruh saham yang diperoleh dari buyback tersebut telah dialihkan melalui program kepemilikan saham pekerja.

Program di atas berhasil meningkatkan engagement pekerja. Dalam hal ini, program tersebut diimplementasikan dalam bentuk insentif maupun reward sehingga pekerja terdorong berkontribusi lebih optimal terhadap pencapaian target Perseroan. Karenanya, BBRI ingin meningkatkan aspirasi pekerja untuk meningkatkan kepemilikan saham BBRI. 

Baca juga: Nasabah Heterogen, Bank Rakyat Indonesia (BBRI) Terapkan Strategi Hybrid Bank

"Selain pekerja, program kepemilikan saham dapat pula diperuntukan bagi direksi dan dewan komisaris," ungkap manajemen.

Mempertimbangkan hal di atas, BRI akan kembali melakukan buyback saham. Namun, pelaksanaan buyback ini akan dilakukan dengan memperhatikan kondisi likuiditas serta permodalan perseroan dan peraturan yang berlaku. Buyback diyakini tidak mempengaruhi kondisi keuangan dan juga modal kerja perusahaan memadai untuk membiayai kegiatan usaha.

"Pelaksanaan buyback diyakini tidak akan berdampak negatif yang material terhadap kegiatan usaha perseroan. Dalam hal ini, modal kerja, cash flow dan capital adequacy ratio (CAR) cukup untuk pembiayaan buyback bersamaan dengan kegiatan usaha," jelas dia.

Editor : Gita Rossiana (gita.rossiana@gmail.com)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN