Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Jahja setiaatmadja, Presiden Direktur PT Bank Central Asia Tbk (BCA). Beritasatumedia Photo/DEFRIZAL

Jahja setiaatmadja, Presiden Direktur PT Bank Central Asia Tbk (BCA). Beritasatumedia Photo/DEFRIZAL

BCA Akuisisi Seluruh Saham Rabobank Indonesia Rp 397 Miliar

Gita Rossiana, Rabu, 11 Desember 2019 | 19:10 WIB

JAKARTA, investor.id - PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) dan anak usaha, PT BCA Finance membeli seluruh saham PT Bank Rabobank International Indonesia senilai Rp 397 miliar. Pembelian saham ini membuat Rabobank menjadi anak usaha dari BCA.

Sekretaris Perusahaan BCA Raymon Yonarto menjelaskan, pembelian saham Rabobank Indonesia dilakukan pada 11 Desember 2019. Dalam perjanjian pembelian saham tersebut, BCA membeli saham Rabobank Indonesia dari Cooperatieve Rabobank UA, PT Aditirta Suryasentosa, PT Antarindo Optima, PT Antariksabuana Citanagara dan PT Mitra Usaha Kencana Sejati.

"Berdasarkan perjanjian, BCA akan membeli 3,71 juta saham Rabobank Indonesia yang mewakili seluruh modal yang ditempatkan para penjual Rabobank Indonesia," ujar dia berdasarkan keterbukaan informasi yang dirilis oleh Bursa Efek Indonesia, Rabu, (11/12).

Raymon mengatakan, transaksi ini bertujuan untuk mendukung program arsitektur perbankan Indonesia serta mendukung pengembangan usaha eksisting entitas anak BCA.

"Perusahaan akan mengkaji kemungkinan merger antara bank yang diambil alih dengan entitas anak BCA yang lain," terang dia.

Sementara itu, Rabobank Indonesia menghentikan kegiatan operasionalnya di Indonesia secara bertahap, mulai April 2019 hingga Juni 2020. Hal ini dilakukan setelah beroperasi selama 29 tahun di Indonesia.

Direktur Utama Rabobank Indonesia Jos Luhukay mengatakan Rabobank Group selaku pemegang saham pengendali Rabobank Indonesia telah memutuskan untuk berhenti beroperasi di Indonesia. Keputusan ini sejalan dengan strategi global yang akan berkonsentrasi pada rantai-pasok di sektor food and agriculture.

Oleh karena itu, struktur bisnis Rabobank di luar Belanda juga akan diutamakan pada wholesale banking dan tidak lagi pada segmen ritel. Hal ini juga berakibat ditutupnya bisnis Rabobank di Polandia, Irlandia dan Amerika Utara.

Jos menjelaskan, penutupan Rabobank Indonesia sepenuhnya merupakan keputusan strategi Rabobank Group dan tidak berkaitan dengan kondisi ekonomi Indonesia. Rabobank Group juga tetap berkomitmen terhadap pengembangan sektor food and agriculture di Indonesia dengan melanjutkan kerja sama dengan para nasabah wholesale.

Sementara itu, BCA sebelumnya juga sudah mengakuisisi seluruh saham PT. Bank Royal Indonesia. BCA dan BCA Finance sepakat membeli saham milik PT Royalindo Investa Wijaya, Leslie Soemadi, Ibrahim Soemadi, Nevin Soemadi dan Ko, Sugiarto di Bank Royal.

Penandatanganan kesepakatan jual beli saham itu dilakukan pada 16 April 2019. Berdasarkan perjanjian, para pembeli (BCA dan BCA Finance) akan membeli sebanyak 2,87 juta saham Bank Royal dengan nilai Rp 1 triliun, yang mewakili seluruh modal yang telah ditempatkan dan disetor para penjual dalam Bank Royal.

BCA memaparkan tujuan aksi korporasi ini untuk mendukung program arsitektur perbankan Indonesia dan mengembangkan bisnis perbankan perseroan. "Bank Royal akan menjadi entitas anak perusahaan yang baru di mana perseroan dan Bank Royal akan mengembangkan bisnis dan fokus di layanan perbankan atau segmen tertentu," ungkap manajemen BCA.

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN

REKOMENDASI UNTUK ANDA