Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Layar elektronik di Bursa Efek Indonesia (BEI) di Jakarta, Jumat (7/8/2020). Foto: BeritaSatu Photo/Mohammad Defrizal

Layar elektronik di Bursa Efek Indonesia (BEI) di Jakarta, Jumat (7/8/2020). Foto: BeritaSatu Photo/Mohammad Defrizal

BEI Targetkan Papan Pemantauan Saham Direalisasikan Tahun Ini

Selasa, 11 Agustus 2020 | 15:33 WIB
Thereis Love Kalla (thereis.kalla@beritasatumedia.com)

JAKARTA, Investor.id - Bursa Efek Indonesia (BEI) menargetkan pembentukan papan pemantauan khusus untuk emiten-emiten tertentu bisa diwujudkan sebelum akhir tahun ini. Papan pemantauan ini diharapkan dapat menekan volatilitas saham-saham yang perlu dipantau.

“Kami menguasahakan bisa merampungkan pembentukan papan pemantauan tersebut tahun ini, tapi memang papan pemantauan khusus sistem perdagangannya itu yang biasa di continue auction nantinya jadi periodic auction dan untuk sementara mungkin akan dilakukan pemisahan,” jelas Direktur Utama BEI Inarno Djajadi, pada konferensi pers di Jakarta, kemarin.

Direktur Utama BEI Inarno Djajadi
Direktur Utama BEI Inarno Djajadi

Kepala Eksekutif Pengawas Pasar Modal Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Hoesen mengatakan, nantinya papan pemantauan khusus diisi saham-saham emiten yang mengalami penurunan secara kinerja, terlibat sebuah kasus ataupun terkait dengan masalah governance sehingga mendekati situasi untuk delisting. “Bukan berarti dari saham IPO sudah masuk ke papan khusus begitu ya,” tegas Hoesen.

Dia menambahkan, secara konsep perdagangan nantinya papan pemantauan khusus akan menggunakan skema periodic auction. Secara likuiditas, ditopang menggunakan mekanisme price discovery yang berbeda, dengan papan utama. “Mungkin akan melibatkan market maker,” ujarnya.

Sebelumnya, Plt Deputi Komisioner Pengawas Pasar Modal OJK Yunita Linda Sari mengungkapkan, dengan adanya papan pemantauan khusus ini, ada beberapa keuntungan yang bisa diperoleh. Yunita mengungkapkan, melalui papan pemantauan khusus, OJK bisa meningkatkan perlindungan kepada investor dan meningkatkan transparansi dalam berinvestasi.

"Papan pemantauan khusus juga membuka kesempatan bagi investor institusi untuk bertransaksi saham dengan harga di bawah Rp 50 di pasar reguler dengan tetap memenuhi governance," terang dia.

Selain itu, OJK bisa menjaga pasar modal agar berjalan teratur, wajar dan efisien. Selain itu, manipulasi harga juga bisa dikurangi, tersedia papan yang lebih sesuai bagi investor sesuai dengan karakteristik dan tujuan investasinya serta sebagai solusi untuk exit policy.

Editor : Parluhutan (parluhutan@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN