Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
GOS Catering Rancang IPO Saham, namun aksi itu dilakukan setelah tuntas restrukturisasi. Aksi ini juga diharapkan menjadikan perseroan sebagai perusahaan global yang bergerak di integrated food services company

GOS Catering Rancang IPO Saham, namun aksi itu dilakukan setelah tuntas restrukturisasi. Aksi ini juga diharapkan menjadikan perseroan sebagai perusahaan global yang bergerak di integrated food services company

Bidik Jadi Perusahaan Regional, GOS Catering Rancang IPO Saham

Kamis, 25 Februari 2021 | 19:59 WIB
Gita Rossiana (gita.rossiana@investor.co.id)

JAKARTA, Investor.id - PT Global Oceania Sejahtera (GOS Catering) tergabung dalam GOS Group akan terlebih dahulu konsolidasi sebelum menggelar penawaran umum perdana (initial public offering/IPO) saham. Usai konsolidasi, perseroan berharap bisa menjadi emiten yang sahamnya di catatkan di papan utama.

Pendiri Sekaligus Chief Executive Officer GOS Catering Agus Winarko mengatakan, perusahaan memang berniat untuk menggelar IPO saham, karena hal tersebut bisa membuat perusahaan lebih akuntabel dan dipercaya. "Saat ini, kami sedang melaksanakan restrukturisasi internal, seperti keuangan, legal dan pajak. Dengan restrukturisasi itu, kami berharap bisa bertumbuh dan tetap tertib administrasi dan good clean governance," kata dia dalam Temu Media secara Virtual, Kamis (25/2).

Perseroan menargetkan perbaikan internal ini bisa selesai secepatnya, sehingga GOS Catering bisa menggelar IPO saham dan masuk ke papan utama. Kemudian, dengan kendaraan IPO saham ini, perseroan bisa masuk ke pasar regional dan global. "Hasil dana dari IPO nantinya digunakan untuk menjadikan perseroan sebagai integrated food services company," ujar dia.

Terkait kinerja keuangan, dia mengatakan, perseroan membidik peningkatan sebanyak 3-4 kali lipat dari pendapatan pada 2020. Sementara hingga kuartal I-2021, pendapatan perseroan sudah bertumbuh dua kali lipat, dibandingkan realisasi periode sama tahun 2020.

Peningkatan tersebut akan dicapai dengan keikutsertaan perseroan pada proyek dengan perusahaan multinasional, seperti dengan Chevron Indonesia, Sapura Energy dari Malaysia, Seascape dan ANJ Plantation. Bahkan, perseroan akan bekerjasama dengan food consolidator dengan Jerman. Tak kurang 50 perusahaan yang sudah menjadi klien dari GOS Catering.

Adapun GOS Catering berdiri tahun 2012 yang awalnya bergerak di bidang food distributor yang menangani klien-klien di sektor minyak dan gas di Kalimantan Timur. Kemudia, perusahaan ini merambah ke bisnis industrial catering sejak tahun 2017.

Agus yang akrab disapa Gus Win ini optimistis GOS Catering akan tumbuh lebih cepat menjadi global food services company. Apalagi, secara umum, pangsa pasar catering masih sangat terbuka luas. Gus Win menilai, kapasitas yang sudah terisi oleh para pemain di bisnis ini baru sekira 50%. Sisanya belum terisi sehingga ini akan menjadi peluang yang sangat besar untuk GOS Catering.

Selain menangani sejumlah klien perusahaan lokal maupun asing, GOS Catering juga melayani perusahaan di sektor minyak dan gas, mereka juga mulai merambah ke sektor perkebunan dan sejumlah sektor lain. Para klien tersebar di Sumatera, Jawa, Kalimantan dan Papua.

Perusahaan ini pun akan mengembangkan sejumlah industri hulu dalam bentuk unit bisnis yang mendukung bisnis katering mereka. Guswin menegaskan, industri hulu yang berkaitan dengan catering yang akan dikembangkan antara lain GOS Farm, GOS Nutrient, GOS Packs dan GOS Xperience.

Editor : Parluhutan (parluhutan@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN