Menu
Sign in
@ Contact
Search

×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Ilustrasi digital. Foto: Fancycrave1 (Pixabay)

Ilustrasi digital. Foto: Fancycrave1 (Pixabay)

BRI Ventures Siapkan IPO Beberapa Start-Up Binaannya

Jumat, 21 Januari 2022 | 06:45 WIB
Lona Olavia

SEMINYAK, investor.id - BRI Ventures telah melakukan investasi ke lebih dari 18 start-up fintech maupun non-fintech sepanjang tahun 2021. Di mana, dari jumlah tersebut ada beberapa start-up binaannya yang dipersiapkan untuk melakukan penawaran umum perdana (initial public offering/IPO) saham di Bursa Efek Indonesia (BEI).

VP of Investment and Business Development BRI Ventures Markus Liman Rahardja mengatakan, pihaknya memang akan membawa beberapa start-up binaannya untuk lebih berkembang lagi salah satunya melalui jalur IPO. Adapun, start-up yang layak untuk IPO menurutnya harus setidaknya memenuhi tiga kriteria ini. Yakni, rapi secara finansial, secara nilai kuat, dan bisnis produknya sudah ada.

Baca juga: BRI Ventures dan SBM ITB Luncurkan Mata Kuliah Modal Ventura

“Kita juga akan lihat pasarnya juga, jangan sampai market belum ready, perusahaan IPO, rasanya tidak pas,” katanya di T-Hub, Bali, Kamis (20/1).


Markus menambahkan, BRI Ventures saat ini menilai sektor teknologi finansial atau teknologi keuangan atau fintech dan logistik merupakan sektor yang masih sexy untuk maju lebih signifikan lagi di tahun ini. Adapun, BRI Ventures saat ini sedang mencari 8-10 start-up baru yang akan disuntikkan modal. “Kita akan tetap dengan spesifikasi yang sama, kita akan lihat 8-10 start-up di tahun ini,” katanya.

Lebih lanjut, BRI Ventures juga sudah meluncurkan dua dana ventura yang diikuti oleh Grab Ventures, Celebes Capital, Mahanusa Capital, Buana Investment, Pulau Intan dan beberapa family offices lainnya.  

Baca juga: Yuk Ikutan! Blockchain Akselerator Binaan Tokocrypto dan BRI Ventures Lagi Cari 8-10 Start-Up Blockchain

Dengan ini peran BRI Ventures yang didirikan pada tahun 2019 dikatakan CEO BRI Ventures Nicko Widjaja tidak akan mengulang langkah venture capital lainnya, tetapi mendukung kemajuan industri modal ventura di Indonesia dengan dana ventura yang berizin dan diawasi OJK.

DanaVentura Sembrani Nusantara yang diluncurkan pada awal 2021 telah melakukan investasi di bidang agritech seperti Sayurbox, sektor new retail seperti Haus!, Brodo, Yummy Corp, dan sektor logistik seperti Andalin. Dana Ventura Sembrani Kiqani yang baru diluncurkan awal tahun 2022 juga tengah menggalang dana awal dari beberapa investor yang turut berkomitmen memajukan berbagai ekosistem untuk Indonesia.
 

Editor : Lona Olavia (olavia.lona@gmail.com)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN