Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
PT Bumi Serpong Damai Tbk (BSDE). Foto: Perseroan.

PT Bumi Serpong Damai Tbk (BSDE). Foto: Perseroan.

BSD Bidik Bisnis Data Center

Selasa, 7 September 2021 | 14:01 WIB
Gita Rossiana (gita.rossiana@investor.co.id)

JAKARTA, Investor.id - PT Bumi Serpong Damai Tbk (BSDE) membidik bisnis baru, yakni pengembangan data center. Perusahaan properti dari Kelompok Usaha Sinarmas ini tengah berbicara dengan beberapa mitra strategis terkait pengembangan bisnis baru tersebut.

Sekretaris Perusahaan Bumi Serpong Damai (BSD) Christy Grassela menjelaskan, bisnis data center saat ini cukup populer di Indonesia usai disahkannya beberapa peraturan terkait data center. Namun, pengembangan data center ini membutuhkan lahan yang tidak sedikit.

Hal inilah, menurut Christy, yang menjadi peluang bagi Bumi Serpong Damai untuk masuk ke bisnis tersebut. Pasalnya, BSD memiliki cadangan lahan (landbank) yang memadai.

“Bumi Serpong Damai memiliki total landbank sekitar 4.300 ha dan sekitar 2.300 ha di antaranya berada di BSD City. Sehingga memberikan peluang bagi investor untuk bisa berinvestasi data center dengan Bumi Serpong Damai,” jelas dia dalam acara Konferensi Pers Pubex Live 2021, Selasa (7/9).

Lebih lanjut, Presiden Direktur Bumi Serpong Damai Fransiscus Xaverius Ridwan Darmali mengungkapkan, pengembangan bisnis data center membutuhkan investasi yang cukup besar. Pengoperasian data center juga sangat khusus karena melibatkan komponen perangkat digital.

“Sehingga kami akan berbicara dengan mitra strategis untuk melihat segala kemungkinan,” kata dia.

Sejauh ini BSD masih konsisten pada bisnis properti. Namun, menurut Direktur BSD Hermawan Wijaya, perseroan melakukan diversifikasi portofolio di berbagai segmen bisnis seperti ritel, komersial, dan residensial. Perseroan juga tidak hanya mengandalkan penjualan unit, namun juga dari segmen pendapatan berulang (recurring income).

Dari sisi wilayah, proyek BSD tersebar di sembilan kota besar Indonesia yakni Palembang, Medan, Balikpapan, Samarinda, Manado, Jabodetabek, Semarang, Surabaya, dan Makassar. Dari sisi produk, Bumi Serpong Damai memiliki produk township atau perkotaan di BSD City, Grand Wisata, dan Kota Wisata.

“Untuk memperkuat portofolio perkotaan, kami akan mengembangkan lahan di Palembang, Manado dan Makassar,” jelas Hermawan.

Selain township, Bumi Serpong Damai juga memiliki produk residensial, komersial, manajemen aset seperti perkantoran dan ITC, serta ritel dan hospitality. Dalam mengembangkan proyek itu, Bumi Serpong Damai juga memperhatikan infrastruktur pendukung kawasan, terutama akses dan fasilitas komuter.

Editor : Totok Subagyo (totok_hs@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN