Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
PT Buana Lintas Lautan Tbk. Foto ilustrasi: bull.co.id

PT Buana Lintas Lautan Tbk. Foto ilustrasi: bull.co.id

Buana Lintas Pastikan Akuisisi Perusahaan Batubara

Senin, 7 Oktober 2019 | 16:39 WIB
Thereis Love Kalla (thereis.kalla@beritasatumedia.com)

JAKARTA, investor.id - PT Buana Lintas Lautan (BULL) memastikan untuk merealisasikan rencana akuisisi perusahaan batubara pada akhir tahun ini. Saat ini aksi korporasi tersebut masih dalam tahap due dilligent.

Investor Relation Buana Lintas Lautan Gerryaldi Matio menyatakan langkah akuisisi perusahaan merupakan salah satu strategi perseroan untuk terjun langsung dalam merambah bisnis batubara. Namun, perseroan tidak menutup kemungkinan untuk mengambil opsi lain untuk masuk ke segmen usaha batubara.

“Kami masih mempertimbangkan beberapa kemungkinan untuk masuk ke bisnis batubara seperti investasi langsung, kerja sama dengan perusahaan lain (Joint Venture) atau akuisisi perusahaan. Rencana ini akan kami realisasikan sebelum akhir tahun 2019,” tulis Gerryaldi saat dikonfirmasi Investor Daily.

Gerryaldi menambahkan, belum bisa mempublikasikan rencana perseroan secara detail, karena masih dalam proses penjajakan kerja sama.

Pada semester I-2019, Buana Lintas membukukan kenaikan laba bersih yang dapat diatribusikan kepada entitas induk meningkat sekitar 33,22% menjadi US$ 8,5 juta, dibandingkan periode sama tahun lalu US$ 6,5 juta.

Pertumbuhan tersebut sejalan dengan peningkatan pendapatan sebesar 8,42% menjadi US$ 48,77 juta pada semester I-2019, dibanding periode sama tahun lalu sebesar US$ 44,98 juta.

Sedangkan aset perseroan hingga semester I 2019 tercatat sebesar US$ 384 juta atau naik 16,71% dari akhir tahun lalu sebesar US$ 329,9 juta. Jumlah tersebut di kontribusi aset lancar sebesar US$ 106,56 juta dan aset tidak lancar sebesar US$ 384 juta.

Menurut Gerryaldi, catatan positif kinerja perseroan didorong karena didorong oleh pendapatan dari kontrak tambahan baru dan juga tarif tambang yang lebih tinggi. “Kapal-kapal baru akan mulai memberi kontribusi yang signifikan kepada pendapatan perseroan sehingga kinerja pada semester kedua akan bertambah baik lagi,” tandas Gerryaldi.

Adapun sebelumnya menurut Sekretaris Perusahaan Buana Lintas Lautan Natassha Yunita, pendapatan perseroan sebanyak 93% berasal dari kontrak. “Pertamina berkontribusi 83%. Sisanya dari Epson, Petrochina, dan Chemchina yang juga sudah kerja sama tapi memang kecil,” kata dia.

Lebih lanjut Gerry menyatakan, untuk proyeksi tahun depan kinerja Buana Lintas Lautan akan terdorong oleh kemungkinan naiknya tarif tambang sekitar 100%. “Momentum tersebut akan kami manfaatkan dengan membeli beberapa kapal lagi pada tahun depan,” ujarnya.

Sebelumnya Direktur Utama Buana Lintas Lautan Wong Kevin pernah mengatakan, perseroan menargetkan sampai akhir tahun ini akan menambah delapan sampai sembilan kapal. “Hingga saat ini sudah ada empat kapal yang sudah tiba di perseroan, dan kami sudah fix untuk membeli 2 kapal lagi di semester II,”ujar Kevin. 

 Hingga semester I-2019, Buana Lintas Lautan memiliki 16 unit kapal minyak, yang terdiri dari tiga unit kapal gas, satu unit kapal kimia, dan satu unit FPSO (floating production, storage and offloading facilities)

Selain itu Kevin menuturkan, anggaran belanja modal (capital expenditure/ capex) sebesar Rp 1,5 triliun akan mencukupi kegiatan usaha perseroan sampai akhir tahun.

Editor : Jauhari Mahardhika (jauhari@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN