Menu
Sign in
@ Contact
Search
Pengunjung melihat pergerakan harga saham di main hall Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta. (Ilustrasi/BeritaSatu Photo/Mohammad Defrizal)

Pengunjung melihat pergerakan harga saham di main hall Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta. (Ilustrasi/BeritaSatu Photo/Mohammad Defrizal)

BUMI Naik Kasta ke Papan Utama, Apa Bedanya dengan Papan Pengembangan?

Kamis, 24 November 2022 | 12:19 WIB
Thresa Sandra Desfika (thresa.desfika@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id - Bursa Efek Indonesia (BEI) mengumumkan 11 emiten mengalami perpindahan papan pencatatan dari papan pengembangan ke papan utama.

11 emiten yang ‘naik kasta’ ke papan utama adalah PT Apexindo Pratama Duta Tbk (APEX), PT Adi Sarana Armada Tbk (ASSA), PT Bumi Resources Minerals Tbk (BRMS), PT Bukalapak.com Tbk (BUKA), PT Bumi Resources Tbk (BUMI), PT Energi Mega Persada Tbk (ENRG), PT Inocycle Technology Group Tbk (INOV), PT Itama Ranoraya Tbk (IRRA), PT City Retail Developments Tbk (NIRO), PT Palma Serasih Tbk (PSGO), dan PT Asuransi Tugu Pratama Indonesia Tbk (TUGU).

Baca juga: Riwayat 2 Emiten Keluarga Tandiono yang Terpaksa Harus Turun Papan

Sementara itu, ada 4 emiten ‘turun kasta’ dari papan utama ke papan pengembangan, yakni PT Makmur Berkah Amanda Tbk (AMAN), PT Saraswati Griya Lestari Tbk (HOTL), PT Sky Energy Indonesia Tbk (JSKY), dan PT Trinitan Metals And Minerals Tbk (PURE).

“Perubahan penempatan papan pencatatan tersebut berlaku sejak tanggal 30 November 2022 sepanjang tidak ada hal tertentu yang mempengaruhi keputusan perpindahan papan sesuai dengan peraturan bursa. Jika terdapat hal/peristiwa tertentu yang terjadi pada perusahaan tercatat sebelum tanggal efektif pindah papan, Bursa berwenang melakukan perubahan atas pengumuman ini,” jelas pengumuman BEI.

Baca juga: Usai Bawa ZATA IPO, Konglomerat Jawa Barat Ini Kuasai 6,96% Saham Berkah Beton Sadaya (BEBS)

Terkait papan utama dan papan pengembangan ada perbedaan kriteria. Dikutip dari situs gopublic.idx.co.id dijelaskan bahwa papan utama diperuntukan bagi emiten yang merupakan perusahaan besar dan telah memiliki rekam jejak keuangan yang baik.

Sedangkan papan pengembangan diperuntukkan bagi perusahaan yang belum dapat memenuhi persyaratan pencatatan papan utama dan belum membukukan laba bersih.

Ada satu papan lagi, yakni papan akselerasi adalah papan pencatatan untuk perusahaan dengan aset skala kecil dan menengah (UKM). Papan ini untuk mendorong lebih banyak UKM yang melakukan penawaran umum perdana sebagai bentuk penggalangan dana untuk ekspansi.

Editor : Theresa Sandra Desfika (theresa.sandra@investor.id)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com