Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Medco Energi. Foto: IST

Medco Energi. Foto: IST

Buyback Saham, Medco Siapkan Dana Rp 130,5 Miliar

Selasa, 24 Agustus 2021 | 15:22 WIB
Gita Rossiana (gita.rossiana@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id - PT Medco Energi Internasional Tbk (MEDC) menyiapkan dana sekitar Rp 130,5 miliar untuk melakukan pembelian kembali (buyback) saham. Aksi buyback ini dilakukan sebagai lanjutan dari program kepemilikan saham karyawan dan manajemen.

Berdasarkan keterbukaan informasi yang terbit pada Selasa (24/8), perseroan dapat mengalihkan saham yang diperoleh dari pembelian kembali saham untuk program kepemilikan saham karyawan dan manajemen. Karenanya, perseroan berencana melakukan pembelian kembali saham sebagai bagian dari program kepemilikan karyawan dan manajemen.

Perseroan akan menggunakan dana kas internal dalam melakukan buyback saham.

"Jumlah saham yang akan dibeli kembali mencapai 190 juta saham atau 0,8% dari modal yang ditempatkan, sehingga tidak melebihi 10% saham termasuk saham treasuri," tulis manajemen.

 PT Medco Energi Internasional Tbk. Foto: Perseroan.
PT Medco Energi Internasional Tbk. Foto: Perseroan.

Dengan adanya aksi buyback saham ini, perseroan memperkirakan tidak ada efek penurunan pendapatan. Pasalnya, buyback saham baru akan dilakukan pada masa yang akan datang dan harga pembelian kembali berdasarkan pada harga transaksi yang terjadi sebelumnya sehingga tidak dapat diperkirakan saat ini.

Menurut rencana, pembelian kembali akan dilakukan mulai 26 Agustus 2021 hingga 26 Februari 2023. Perseroan akan melakukan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) pada 26 Agustus 2021 untuk mendapatkan persetujuan pemegang saham.

Adapun belum lama ini, Medco Energi akan menerbitkan Obligasi berkelanjutan IV Tahap I Tahun 2021 senilai Rp 1 triliun. Obligasi ini bagian dari Obligasi Berkelanjutan IV dengan target dana Rp 5 triliun.

Obligasi ini terdiri dari dua seri, yakni seri A yang memiliki jangka waktu 36 bulan dan seri B 60 bulan terhitung sejak tanggal emisi. Perseroan belum mengumumkan tingkat bunga dari obligasi tersebut.

Dana yang diperolehan dari obligasi akam digunakan untuk melunasi jumlah terutang atas obligasi perseroan yang jatuh tempo tahun 2022. Obligasi itu adalah Obligasi Berkelanjutan II Medco Energi Internasional Tahap IV Tahun 2017 Seri B sebesar Rp 1 miliar, Obligasi Berkelanjutan II Medco Energi Internasional Tahap V Tahun 2017 Seri C sebesar Rp 753,5 miliar, dan Obligasi Berkelanjutan II Medco Energi Internasional Tahap VI Tahun 2017 Seri B sebesar Rp 151,5 miliar.

Medco melalui anak usahanya, PT Medco Daya Energi Sentosa juga tercatat baru membeli saham PT Paiton Energy dan saham kelas A Minejesa Capital B.V (MCBV) dari PT TBS Energi Toba Utama Tbk (TOBA). Atas aksi divestasi ini, TBS Energi meraup untung US$ 68,86 juta.

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN