Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Pengunjung melintas di depan layar elektronik pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia, di Jakarta.  BeritaSatu Photo/Mohammad Defrizal

Pengunjung melintas di depan layar elektronik pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia, di Jakarta. BeritaSatu Photo/Mohammad Defrizal

Cari Saham Syariah? Ini Rekomendasinya Berdasarkan Fundamental

Selasa, 8 Desember 2020 | 10:56 WIB
Gita Rossiana (gita.rossiana@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id – Pasar modal syariah di Indonesia berkembang pesat, dimana jumlah investor dan frekuensi transaksi terhadap saham-saham syariah ini meningkat signifikan. Tahun lalu, kapitalisasi pasar saham syariah mencapai 29% atau mencapai Rp 3.745 triliun dari PDB yang senilai Rp 15.833 triliun.

Equity Research Analyst BRI Danareksa Sekuritas Muhammad Naufal Yunas mengatakan, bagi investor yang mulai melirik saham syariah, ada beberapa saham yang bisa dipilih berdasarkan fundamental. "Di tengah pandemi Covid-19 selama sembilan bulan ini, tiga sektor yang tidak terkena dampak, yakni sektor telekomunikasi, consumer goods, dan infrastruktur," kata dia.

Menurut Naufal, seiring dengan meningkatnya kegiatan work from home dan belajar di rumah selama pandemi, konsumsi data menjadi meningkat. Dengan demikian, saham di sektor telekomunikasi seperti PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (TLKM) dan PT XL Axiata Tbk (EXCL) bisa menjadi pilihan. "Walaupun pada 2021 ada vaksin Covid-19, namun data expenditure tetap akan bertahan," jelas dia.

Naufal melanjutkan, adanya pemberian bantuan sosial yang menitikberatkan pada bantuan makanan dan minuman juga berdampak pada saham di sektor consumer goods. Karena itu, saham yang direkomendasikan adalah PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk (ICBP), PT Indofood Sukses Makmur Tbk (INDF), dan PT Kalbe Farma Tbk (KLBF).

Kemudian, saham lain yang perlu dilirik adalah sektor infrastruktur. Menurut Naufal, meningkatnya budget pemerintah untuk pembangunan infrastruktur mendorong pertumbuhan kinerja emiten di sektor tersebut. Salah satu saham yang bisa dilirik adalah PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk (INTP) yang juga cocok untuk investor syariah. "Indocement tidak memiliki utang berbasis riba dan rutin membayar dividen dengan tingkat tinggi," ujar dia.

Editor : Jauhari Mahardhika (jauhari@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN