Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
PT Catur Sentosa Adiprana Tbk (CSAP). Foto: IST

PT Catur Sentosa Adiprana Tbk (CSAP). Foto: IST

Catur Sentosa Tetap Ekspansi Gerai Mitra10 Hingga 2022

Rabu, 11 November 2020 | 16:24 WIB
Nabil Alfaruq (nabil.alfaruq@beritasatumedia.com)

JAKARTA, investor.id - PT Catur Sentosa Adiprana Tbk (CSAP) menargetkan jumlah gerai Mitra10 yang dimiliki hingga 2022 sebanyak 50. Sampai November tahun ini, jumlah gerai supermarket bahan bangunan dan perlengkapan rumah tersebut mencapai 37.

“Rencana 50 gerai ini sebelumnya ditargetkan terealisasi pada 2021. Namun karena pandemi, mundur sedikit menjadi 2022,” kata Sekretaris Perusahaan Catur Sentosa Adiprana Idrus H. Widjajakusuma dalam konferensi pers GO Mitra10 Balikpapan yang digelar secara online, Rabu (11/11).

Adapun dana investasi yang diperlukan untuk membuka satu gerai Mitra10 berukuran 3.000-5.000 m2 sebesar Rp 50-80 miliar. Jika harus membuka 13 gerai lagi untuk mencapai target 50 gerai, setidaknya dana yang perlu disiapkan sebesar Rp 650 miliar hingga Rp 1 triliun.

Tahun depan, menurut Idrus, perseroan berencana membuka gerai Mitra10 di Jabotabek, Jawa Timur, Jawa Tengah, dan beberapa lokasi di Kalimantan. Perseroan baru saja membuka gerai Mitra10 di Balikpapan, Kalimantan Timur. Gerai tersebut merupakan superstore ke-37, atau ketiga yang dibuka sepanjang tahun ini, setelah Lombok dan Bekasi.

Tahun ini, Catur Sentosa menargetkan empat gerai baru Mitra10. Dengan demikian, perseroan bakal membuka satu gerai lagi di Kota Malang, Jawa Timur, pada Desember 2020.

Sementara itu, pembukaan gerai di Balikpapan merupakan yang pertama dilakukan di Pulau Kalimantan, sekaligus memperkuat pangsa pasar Mitra10 di kawasan timur Indonesia, setelah tahun lalu membuka gerai di Makassar. Gerai di Balikpapan ditargetkan berkontribusi positif pada 2021, mengingat baru diresmikan pada kuartal IV-2020.

Mitra10 Balikpapan menempati area seluas 6.500 m2 dengan area penjualan seluas 3.000 m2 dan area penyimpanan (gudang) seluas 2.500 m2. Dengan konsep ritel modern dan suasana berbelanja yang nyaman, Mitra10 tersebut menawarkan 25.000 jenis barang (stock keeping unit/SKU) yang lebih dari 80% adalah produk buatan dalam negeri.

Pembukaan gerai di tengah pandemi Covid-19 disebabkan oleh optimisme perseroan terhadap masyarakat yang masih memiliki permintaan kebutuhan renovasi rumah tinggal. Perseroan masih melihat prospek dalam ekspansi bisnis ini, sebab banyak masyarakat yang membutuhkan tempat membeli produk lebih lengkap dan menghadirkan keperluan pelanggan.

Tahun ini, Catur Sentosa telah merealisasikan belanja modal (capital expenditure/capex) sebesar Rp 150 miliar dari total anggaran Rp 690 miliar. Menurut Idrus, capex tersebut tidak terlalu banyak dipakai karena pembukaan beberapa toko ditunda. “Semula, kami berencana membuka enam toko tahun ini, namun yang bisa terealisasi empat,” jelas dia.

Sementara itu, hingga kuartal III-2020, perseroan berhasil membukukan penjualan sebesar Rp 9,1 triliun, tumbuh 3,95%. Kenaikan ini ditopang oleh dua segmen utama, yakni distribusi dan ritel modern. Sedangkan laba kotor tumbuh 11,64% menjadi Rp 1,44 triliun.

Laba usaha juga tumbuh 33,94% menjadi Rp 243,21 miliar hingga kuartal III-2020 dibandingkan periode sama tahun lalu sebesar Rp 181,59 miliar. Laba bersih meningkat 46% menjadi Rp 61 miliar dari Rp 41 miliar.

  

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN