Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
PT Catur Sentosa Adiprana Tbk (CSAP). Foto: IST

PT Catur Sentosa Adiprana Tbk (CSAP). Foto: IST

Catur Sentosa Tuntaskan Ekspansi Mitra10 Tahun Ini

Rabu, 11 Desember 2019 | 21:40 WIB
Jauhari Mahardhika (jauhari@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id – PT Catur Sentosa Adiprana Tbk (CSAP) akan meresmikan superstore Mitra10 ke-34 di Solo, Jawa Tengah. Dengan demikian, perseroan menuntaskan pembukaan lima gerai baru sepanjang 2019. Sebelumnya, perseroan telah membuka gerai baru di Kota Cirebon, Yogyakarta, Surabaya, dan Makassar.

“Dengan diresmikannya Mitra10 ke-34 di Solo, kami telah menuntaskan ekspansi Mitra10 di lima kota utama di Indonesia. Kami akan melanjutkan rencana agresif ekspansi Mitra10, dimana perseroan menargetkan memiliki 50 gerai Mitra10 pada 2021,” kata Idrus Widjajakusuma, sekretaris perusahaan Catur Sentosa Adiprana, dalam penjelasan resmi, Rabu (11/12).

Catur Sentosa merupakan perusahaan distribusi terbesar dan terkemuka untuk bahan bangunan, kimia, dan consumer goods (FMCG), serta pemilik jaringan toko ritel modern Mitra10 & ritel furnitur Atria. Saat ini, perseroan memiliki 42 cabang distribusi bahan bangunan di 40 kota besar, empat cabang distribusi kimia, 38 area distribusi FMCG, 34 gerai Mitra10, dan 12 gerai Atria.

Adapun superstore Mitra10 di Solo Baru menempati luas bangunan 9.800 m2 dengan area penjualan seluas 4.000 m2 dan area gudang seluas 3.000 m2. Gerai ini menawarkan 25.000 Stock Keeping Unit (SKU/item barang) yang mencakup mulai dari keperluan lantai seperti ubin, granit dan keramik, hingga keperluan atap seperti genteng dan polycarbonate.

Mitra10 mengusung konsep ritel modern, One Stop Shop, konsep yang didukung oleh suasana berbelanja yang nyaman, serta aman dengan pilihan barang yang lengkap dan harga yang terjamin. Sebesar 80% pilihan item barang di Mitra10 Solo Baru merupakan produk lokal sehingga turut memajukan industri dalam negeri.

Pemilihan gerai superstore Mitra10 tidak lepas dari pertumbuhan zona residensial atau perumahan di sekitar lokasi yang menjadi target utama Mitra10. Untuk meningkatkan pelayanan konsumen, Mitra10 juga menyiapkan layanan antar barang gratis dalam radius tertentu dengan syarat dan ketentuan berlaku.

“Kami menyasar end user yakni para pemilik rumah yang hendak merenovasi atau membangun hunian baru. Mereka dapat berbelanja kebutuhan bahan bangunan dengan beragam pilihan merek dan desain yang lengkap serta suasana berbelanja yang nyaman seperti layaknya berbelanja di mal,” ujar Idrus.

Seperti di kota-kota besar lainnya, lokasi pemilihan gerai Mitra10 Solo Baru mendekatkan dengan Kawasan pemukiman sedang tumbuh berkembang dan memiliki akses jalan utama yang memudahkan konsumen untuk berkunjung dan berbelanja.

Sementara itu, prospek usaha perseroan tidak terlepas dari pertumbuhan ekonomi Indonesia yang ditargetkan oleh pemerintah sebesar 5,2%. Pertumbuhan ini tidak terlepas kaitannya dengan konsumsi dan kebutuhan akan perumahan oleh masyarakat Indonesia. Pertumbuhan konsumsi rumah tangga juga meningkat 5,1% dengan tingkat inflasi 2,8%. Backlog kebutuhan akan rumah telah mencapai 7,6 juta rumah (data Kementerian PUPR Maret 2019).

Dengan indikator tersebut, Catur Sentosa sangat percaya diri bahwa iklim usaha di Indonesia sangat prospektif, kondusif, dan mendukung pertumbuhan bisnis perseroan yang fokus di bidang bahan bangunan, baik distribusi maupun ritel modern.

Agresif Ekspansi

Manajemen Catur Sentosa menekankan pada ekspansi strategis yang agresif untuk menangkap dan memperkuat pangsa pasar. Sampai tahun 2021, perseroan menargetkan jumlah toko Mitra10 akan mencapai 50 toko. Lokasi toko akan tersebar di Jabotabek, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sulawesi, dan Kalimantan.

Pada 2020, perseroan berencana menambah delapan gerai baru Mitra10 di Jawa, Kalimantan, dan Sulawesi. Dengan begitu, hingga akhir 2020, perseroan bakal memiliki 42 gerai Mitra10 dari rencana besar perseroan untuk memiliki 50 jaringan ritel modern pada 2021. “Kehadiran gerai baru tersebut akan memperkuat pertumbuhan segmen ritel modern yang kami jadikan motor pertumbuhan bagi perseroan selaku induk usaha,” papar Idrus.

Selain ekspansi yang agresif untuk pembukaan ritel modern Mitra10, Catur Sentosa juga memperkuat kinerja dengan menambah prinsipal dan produk baru yang inovatif, serta meningkatkan kontribusi private/exclusive brands (OEM) seperti produk granite tiles, bath & kitchen, lightings, dan produk-produk lainnya.

Tahun ini, perseroan menargetkan pertumbuhan secara konsolidasi sebesar 13%, yang ditopang dari target pertumbuhan distribusi sebesar 10% dan ritel modern sebesar 20%, untuk menopang target pendapatan konsolidasi perseroan sebesar Rp 12 triliun.

Editor : Jauhari Mahardhika (jauhari@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN