Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Data Center H2 yang berlokasi di Karawang, Jawa Barat yang akan dioperasikan oleh DCI. Foto: IST

Data Center H2 yang berlokasi di Karawang, Jawa Barat yang akan dioperasikan oleh DCI. Foto: IST

DCI Bangun Data Center Kedua di Karawang

Senin, 21 Juni 2021 | 14:56 WIB
Lona Olavia

JAKARTA, investor.id  - PT DCI Indonesia Tbk (DCII), emiten penyedia layanan data center mulai pembangunan lokasi kedua hyperscale data center kampus DCI di Kawasan Pertiwi Lestari Industrial Estate Karawang, Jawa Barat.

“Dengan ini DCI memiliki dua lokasi data center yakni di Cibitung dan Karawang dengan jarak diatas 30 kilometer, yang tentunya memiliki kualitas operasional global yang setara. Dengan demikian, DCI mampu mengakomodir kebutuhan pelanggan di tengah percepatan digitalisasi di Indonesia dengan menyediakan hyperscale data center campus dengan total kapasitas lebih dari 1.000 Megawatt,” ungkap CEO DCI Indonesia Toto Sugiri dalam keterangan tertulis, Senin (21/6).

Lokasi hyperscale data center campus kedua DCI dinamakan H2, yang saat ini sudah memasuki tahap akhir pembangunan (topping off) dan rencananya akan beroperasi di kuartal IV- 2021.

Toto menambahkan, dalam pembangunannya, DCI juga akan mulai menggunakan renewable energy dalam mengoperasikan seluruh gedung data center-nya. “Harapannya dengan ini maka industri data center Indonesia akan semakin tangguh dan siap bersaing secara global menyambut geliat ekonomi digital di Asia Tenggara yang semakin bertumbuh pesat,” ungkap dia.

Adapun, gedung data center H2 merupakan wujud nyata dari kerjasama strategi jangka panjang antara DCI sebagai pengoperasi data center dan Anthony Salim sebagai asset owner. Anthoni Salim sebelumnya telah memulai langkah memasuki bisnis digital di Indonesia termasuk juga data center melalui kerjasama dengan IndoKeppel dan investasi di CBN.

Executive Director Salim Group Axton Salim optimistis bahwa H2 akan membawa dampak positif yang besar bagi pelaku bisnis di Indonesia dalam memenuhi tuntutan pasar untuk mempercepat proses digitalisasi di Indonesia sehingga mampu bersaing ditingkat global.

Anthony Salim
Anthony Salim

Untuk informasi, topping off dari gedung data center pertama H2 sudah dilakukan, awal pekan lalu. Gedung ini memiliki 10 lantai dengan 6 lantai diantaranya adalah

ruang data dengan total kapasitas 3.000 rack serta kapasitas total daya listrik 15 MW. Pembangunan gedung ini telah dimulai sejak kuartal IV-2020. Dengan dilakukannya topping off ini menandai bahwa kegiatan konstruksi memasuki tahap akhir dan diperkirakan selesai pada kuartal IV-2021.

Pada kuartal I-2021, DCI Indonesia mencatat laba bersih Rp 48,05 miliar pada kuartal I-2021 atau naik 55% dibanding periode yang sama tahun sebelumnya. Hal tersebut sejalan dengan kenaikan pendapatan menjadi Rp 171 miliar pada kuartal I-2021, atau tumbuh 25% dibandingkan kuartal I-2020. Perseroan juga mencetak pendapatan sebelum bunga, pajak, depresiasi, dan amortisasi (Earning Before Interest, Taxes, Depreciation, and Amortization/EBITDA) kuartal I-2021 sebesar Rp 116 miliar atau naik 45% dari periode yang sama tahun lalu sebesar Rp 80,5 miliar.  

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN