Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
PT Dharma Satya Nusantara Tbk . Foto: Perseroan.

PT Dharma Satya Nusantara Tbk . Foto: Perseroan.

Dharma Satya Nusantara Siap Bagikan Dividen Rp 130,7 Miliar

Sabtu, 10 April 2021 | 22:34 WIB
Nabil Al Faruq

Jakarta — PT Dharma Satya Nusantara Tbk (DSNG) menetapkan total dividen tunai untuk tahun buku 2020 sebesar Rp 130,7 miliar atau Rp 12,5 per saham. Aksi korporasi tersebut telah disetujui dalam acara Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) yang diselenggarakan pada Kamis (8/4).

RUPST tersebut dihadiri oleh seluruh jajaran direksi perseroan dan anggota dewan komisaris, baik yang hadir secara fisik maupun secara online. Jumlah pemegang saham yang hadir dalam RUPST sebanyak 9.542.428.201 saham atau mewakili 91,242% saham Perseroan, di luar saham treasury.

Corporate Secretary Dharma Satya Nusantara, Paulina Suryanti mengatakan, pada tahun buku 2020, perseroan mencatatkan perolehan laba yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk sebesar  Rp 476,6 miliar. Dari jumlah tersebut, yang dibagikan sebagai dividen sekitar 27% dari total laba bersih.

“Jumlah dividen untuk tahun buku 2020 mengalami peningkatan 150% dibandingkan dengan tahun buku 2019 sebesar Rp 52,3 miliar atau Rp 5 per saham,” ujar dia dalam keterangan resmi baru-baru ini. 

Dividen tunai tersebut akan dibagikan kepada pemegang saham pada tanggal 6 Mei 2021 dengan recording date pada tanggal 20 Apri 2021. Perseroan tidak menyisihkan dana cadangan wajib karena jumlah dana yang dimiliki sudah mencapai jumlah minimum yang diwajibkan. “Sementara sisa dari laba bersih dibukukan sebagai laba ditahan yang digunakan untuk memperkuat modal kerja dan investasi,” ujar dia.

Di sisi lain, perseroan tengah bersiap menggelontorkan dana hingga US$ 47 juta untuk pembangunan enam pabrik Bio-CNG baru dalam waktu 2 tahun kedepan. Pembangunan pabrik baru tersebut sejalan dengan komitmen perseroan dalam menjalankan praktek keberlanjutan melalui pemanfaatan limbah pabrik kelapa sawit (PKS) menjadi energi terbarukan.

Direktur Utama Dharma Satya Nusantara Andrianti Oetomo menjelaskan, tahap pertama dalam rangkaian pembangunan enam pabrik Bio-CNG itu telah dimulai dengan groundbreaking pabrik Bio-CNG kedua di Muara Wahau, Kabupaten Kutai Timur, Provinsi Kalimantan Timur. Adapun pabrik Bio-CNG pertama telah commissioning sejak September 2020 lalu.

“Pabrik Bio-CNG kedua tersebut akan dibangun dengan memanfaatkan limbah cair kelapa sawit (POME) dari dua Pabrik Kelapa Sawit (PKS) berkapasitas 2 x 60 ton per jam dan dijadwalkan akan beroperasi pada kuartal II tahun 2022,” jelasnya.

Apabila pembangunan pabrik tersebut telah diselesaikan, maka akan menghasilkan energi listrik sebesar 2 x 850 kilowatt dan gas biometana berkapasitas 540 m3 per jam. Manfaat lainya dari pabrik Bio-CNG dapat mengurangi emisi efek rumah kaca setara dengan 100.000 metrik ton CO2 per tahun.

“Pembangunan pabrik Bio-CNG baru tersebut menunjukkan keseriusan DSNG dalam menerapkan konsep circular economy dengan mengurangi limbah hasil produksi industri kelapa sawit, sekaligus menekan emisi gas rumah kaca dan menghemat penggunaan bahan bakar fosil secara signifikan,” ujarnya.

Editor : Fajar Widhi (fajar_widhi@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN