Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Bisnis Metrodata (MTDL) dito[ang meningkatnya kebutuhan TIK di masa pandemi

Bisnis Metrodata (MTDL) dito[ang meningkatnya kebutuhan TIK di masa pandemi

Digitalisasi Kunci Keberhasilan Metrodata Electronics di Tengah Pandemi

Selasa, 27 Juli 2021 | 14:07 WIB
Muhammad Ghafur Fadillah

JAKARTA, Investor.id - Presiden Direktur PT Metrodata Electronics Tbk (MTDL) Susanto Djaja menyebutkan bahwa digitalisasi merupakan kunci utama keberhasilan perseroan di tengah pandemi.

Everything Is Digital, sekarang hampir semua aspek kehidupan terhubung dengan teknologi, mulai dari kehidupan pribadi, seperti transaksi perbankan, pembayaran berbelanja, pembayaran listrik atau kebutuhan dasar lainya. Bahkan, investasi ritel maupun institusi dapat dilakukan secara digital dan tidak bisa diabaikan,” jelasnya dalam webinar Emiten Expose Beritasatu Media Holdings, Selasa (27/7).

Direktur Utama PT Metrodata Electronis Tbk, Susanto Djaja saat acara Emiten Expose 2021 Live Streaming di Beritasatu.com, Youtube dan Facebook Beritasatu Media pada Selasa 27 Juli 2021. Foto: BeritasatuPhoto/Uthan AR
Direktur Utama PT Metrodata Electronis Tbk, Susanto Djaja saat acara Emiten Expose 2021 Live Streaming di Beritasatu.com, Youtube dan Facebook Beritasatu Media pada Selasa 27 Juli 2021. Foto: BeritasatuPhoto/Uthan AR

Susanto menambahkan, Metrodata mempunyai dua bisnis utama, yakni distribusi yang kini terhubung dengan logistik modern dengan 5200 channel. Setiap bulanya perseroan berhasil menjual sebanyak 3700 item baik melalui telepon maupun e-commerce business to business (B2B).

Channel Metrodata tersebar di 20 lokasi dan dapat menjangkau 150 kota di seluruh Indonesia dengan lebih dari 100 merek yang saat ini bermitra dengan perseroan. Lebih lanjut, Susanto mengatakan, dalam aplikasi Metrodata ini, para penjual diberikan kemudahan dalam melakukan pelacakan pengiriman barang secara real-time.

“Kemudahan lainnya yakni, para dealer kami dapat berjualan langsung lewat online dan juga e-commerce, sehingga mereka bisa berjualan tanpa memiliki stok,” ujarnya.

Sedangkan bisnis kedua adalah business solution and consulting, Metrodata menawarkan delapan pilar solusi. Secara rinci, pilar ini yaitu Cloud Services, Big Data & Analytics, Hybrid IT Infrastructure, Security, Business Application, Digital Business Platform, Consulting & Advisory Services, dan Managed Services untuk mendukung transformasi digital bisnis. Dua hal itu di dalam masa pandemi ini relevan karena bersifat teknologi dan relevan.

Perseroan juga terus melakukan beberapa inovasi selama pandemi, salah satunya yakni dengan meluncurkan sebuah gelaran expo secara daring yang diberi nama nexworld untuk menanggapi pameran yang terhalang oleh pandemi. Dalam pameran yang dilakukan secara online ini, para dealer bisa berjualan dan melakukan promosi secara 3 dimensi layaknya offline.

“Nexworld menjadi wadah virtual bagi seluruh stakeholder yang punya kebutuhan teknologi informasi, kami yakin Nexworld ini akan menjadi kebutuhan di masa mendatang. Nexworld ini menjadi yang pertama di Indonesia pada bidang IT,” kata Susanto.

Sementara itu, pada penerapan Environmental, Sosial, Government (ESG), perseroan menghadirkan Metrodata Academy yang sudah berjalan selama lebih dari 15 tahun dan bermitra dengan lebih dari 60 kampus.

Program lainya yang diraih dengan bekerja sama dengan Menteri Pendidikan dan Budaya Nadiem Makarim, yakni membentuk program bernama Kampus Merdeka. Program ini diberikan kepada mahasiswa tingkat akhir selama satu semester diberikan training mengenai digitalisasi untuk menanggapi rendahnya talenta digital yang dibutuhkan oleh Indonesia.

Editor : Parluhutan (parluhutan@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN