Menu
Sign in
@ Contact
Search
IST

IST

Dipimpin oleh East Ventures, Runchise Raih Pendanaan Tahap Awal

Jumat, 21 Okt 2022 | 11:41 WIB
Lona Olavia (redaksi@investor.id)

JAKARTA, investor.id - Runchise, startup manajemen restoran dan waralaba kuliner meluncurkan aplikasi online-nya untuk meningkatkan efisiensi operasional dan profit bagi para pemilik restoran atau franchise khususnya di bidang kuliner. Di saat yang bersamaan, Runchise mengumumkan telah meraih pendanaan tahap awal (seed funding) yang dipimpin oleh East Ventures.

Investor lain yang turut berpartisipasi dalam putaran pendanaan ini, antara lain Genesia Ventures, Arise MDI Ventures, Init6, Prasetya Dwidharma, Alto Partners, dan angel investors.

Bisnis kuliner merupakan salah satu bisnis yang menunjang perekonomian di Tanah Air saat ini. Industri ini berkembang pesat, tercermin dari tingginya konsumsi masyarakat Indonesia. Para pebisnis kuliner dituntun agar terus berinovasi agar tetap bisa bersaing atau menggarap demand yang terus berkembang.

Baca juga: Dipimpin East Ventures, ALAMI Group Raih Pendanaan Baru Pra-Seri B

Advertisement

Founder dan CEO Runchise Daniel Witono mengatakan, perkembangan bisnis kuliner dipengaruhi oleh pengelolaan atau sistem manajemen yang baik. Dengan menggunakan teknologi perusahaan yakin para pengusaha akan bisa meningkatkan keuntungan dan meningkatkan output dari usaha.

Solusi manajemen yang ditawarkan oleh Runchise memiliki tiga produk utama yaitu Supply Chain Management yang memudahkan operasional restoran yang memiliki banyak outlet, mulai dari pengaturan dan pengadaan stok, bahan baku, hingga pengaturan akses data perusahaan yang fleksibel. Lalu, POS (Point of Sales) yang meningkatkan penjualan dengan operasional transaksi dan pelayanan yang ringkas dan cepat. Serta, online ordering yang membuka channel restoran untuk menerima pesanan pelanggan langsung dari aplikasi, dengan bantuan layanan pengiriman dari pihak ketiga seperti Grab Express atau Lalamove.

Baca juga: East Ventures Gandeng Sejumlah Investor Suntik Startup F&B UENA

“Runchise juga telah terintegrasi dengan GrabFood dan GoFood, sehingga memudahkan pengusaha kuliner untuk mengatur order online dalam satu platform. Selain itu, Runchise juga menyediakan layanan GrabExpress dan Lalamove untuk membantu pengantaran makanan kepada customer langsung. Di area pembukuan, Runchise juga telah terintegrasi dengan Jurnal sebagai penyedia software akuntansi,” tambah Daniel dalam keterangan resmi, Jumat (21/10/2022).

Melalui sistem yang bersifat user-centric dengan ekosistem end to end, Runchise dirancang khusus untuk menunjang proses dan operasional bisnis sebuah outlet atau restoran secara konsisten. Runchise melakukan proses manajemen mulai dari pengaturan meja hingga analisis performa restoran, melalui satu platform terpusat.

Baca juga: Nilai Pasar Terus Tumbuh, East Ventures Investasi di Superkul

Runchise akan mengalokasikan dana dari investor untuk menambah talenta dan memperkuat tim, mengembangkan produk, dan inisiatif marketing.

“East Ventures senang untuk terus mendukung Daniel setelah mengikuti perjalanannya membangun Jurnal pada tahun 2015. Kami percaya perangkat lunak dan solusi end-to-end Runchise akan membantu meningkatkan digitalisasi ekosistem F&B di Indonesia, sebuah sektor menjanjikan yang akan terus berkembang pasca era pandemi,” kata Partner East Ventures Melisa Irene.


 

Editor : Lona Olavia (olavia.lona@gmail.com)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com