Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password

×

Email

Password

×

Nama

Email

Password

Ulangi Password

×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Direktur Utama PT Distribusi Voucher Nusantara, Tbk (DIVA) Raymond Loho (keempat kanan) bersama CEO PT Kresna Graha Sekurindo Tbk Michael Steven (keempat kiri), Direktur Penilaian Perusahaan BEI I Nyoman Yetna Setia (kiri) serta jajaran direksi DIVA saat pencatatan saham DIVA di BEI, Jakarta, baru-baru ini. Foto: BeritaSatu Photo/M Defrizal

Direktur Utama PT Distribusi Voucher Nusantara, Tbk (DIVA) Raymond Loho (keempat kanan) bersama CEO PT Kresna Graha Sekurindo Tbk Michael Steven (keempat kiri), Direktur Penilaian Perusahaan BEI I Nyoman Yetna Setia (kiri) serta jajaran direksi DIVA saat pencatatan saham DIVA di BEI, Jakarta, baru-baru ini. Foto: BeritaSatu Photo/M Defrizal

Distribusi Voucher Akuisisi Saham Pawoon, Bersiap Jadi Unicorn?

Gita Rossiana, Senin, 5 Agustus 2019 | 20:34 WIB

JAKARTA, investor.id – PT Distribusi Voucher Nusantara Tbk (DIVA) mengakuisisi 30% saham PT Alphanovation Digital Teknindo (AAT), pengembang Pawoon, sebuah platform point of sale (POS) berbasis cloud. Dengan investasi ini, perseroan berharap bisa mempercepat ekspansi di bidang pengembangan teknologi, inovasi produk, serta penjualan dan pemasaran.

Direktur Distribusi Voucher Nusantara Dian Kurniadi mengatakan, melalui akuisisi ini, perseroan akan memanfaatkan keunggulan yang dimiliki oleh Pawoon untuk pengembangan yang lebih luas. "Platform dan basis pelanggan yang besar yang telah dimiliki Pawoon akan meningkatkan kekuatan bisnis Distribusi Voucher Nusantara," kata dia dalam keterangan resmi, Senin (5/8).

Sebagai langkah awal dari kerja sama ini, Distribusi Voucher Nusantara dan AAT telah meluncurkan smart outlet terbaru. Outlet ini menggabungkan teknologi smart outlet Distribusi Voucher Nusantara dengan platform Pawoon. Distribusi Voucher Nusantara merupakan anak usaha PT Kresna Graha Investama Tbk (KREN).

"Kami merasa gembira bahwa produk ini telah menerima sambutan yang luar biasa dari pasar, dimana jumlah pengiriman produk telah mencapai 900 unit hingga Juli 2019," ungkap Dian.

Sementara itu, Pendiri Pawoon Ahmad Gadi mengungkapkan, melalui kerja sama ini, Pawoon berharap bisa semakin memberdayakan pelaku usaha kecil dan menengah (UKM). Selama ini, aplikasi POS Pawoon sudah digunakan oleh 10 ribu pedagang kecil di 200 kota di Indonesia.

"Dengan bergabung dengan ekosistem Distribusi Voucher Nusantara, kami bisa mengakses pasar yang lebih luas dan lebih dalam, memberikan lebih banyak fitur serta penawaran produk dan layanan mulai dari produk digital, pengaktifan pembayaran dan perbankan hingga pembiayaan, logistik dan pemenuhan supply chain," tutur dia.

Kerja sama ini, lanjut dia, diharapkan juga bisa mendukung upaya Pawoon untuk menjadi unicorn selanjutnya. "Bersama Distribusi Voucher Nusantara, kami bergerak bersama guna menuju kesuksesan dalam waktu dekat," ucap dia.

Sementara itu, hingga semester I-2019, Distribusi Voucher Nusantara membukukan keuntungan sebesar Rp 40,1 miliar atau naik 754,9% dibandingkan periode sama tahun lalu sebesar Rp 4,7 miliar.

Keuntungan tersebut berasal dari pendapatan yang mencapai Rp 1,69 triliun sepanjang semester I-2019 atau naik 231,9% dibandingkan periode sama tahun lalu sebesar Rp 511,3 miliar. Kontribusi pendapatan berasal dari layanan digital products and services sebesar Rp 1,6 triliun, tour and travel Rp 86,9 miliar, dan fintech services Rp 3,7 miliar.

Peningkatan pendapatan juga disokong oleh bertambahnya jumlah mitra Usaha Kecil dan Menengah (UKM) dari 14.340 outlet pada semester I-2018 menjadi 22.885 outlet pada semester I-2019. Sementara itu, pendapatan rata-rata per outlet juga mencatatkan peningkatan dari Rp 35,7 juta pada semester I-2018 menjadi Rp 74,2 juta pada semester I-2019.

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN

REKOMENDASI UNTUK ANDA