Menu
Sign in
@ Contact
Search

×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
PTPP Catat Pertumbuhan Laba

PTPP Catat Pertumbuhan Laba

Dongkrak Kinerja, PTPP akan Divestasi 19 Aset Properti

Kamis, 20 Januari 2022 | 14:16 WIB
Parluhutan Situmorang

JAKARTA, Investor.id - PT PP (Persero) Tbk (PTPP) akan memfokuskan asset recycling maupun mendivestasi sejumlah aset sektor properti dan non properti. Langkah ini bertujuan untuk memperkuat likuiditas dan berimbas terhadap peningkatan kinerja keuangan ke depan.

Direktur Keuangan & Manajemen Risiko PTPP Agus Purbianto mengatakan, asset recycling sektor properti dilaksanakan dengan menawarkan sebanyak 19 aset properti yang dimiliki PT PP Properti Tbk (PPRO) dan PT PP Urban (PPUB). Aset tersebut akan dilepas dalam jumlah besar (bulk).

“Aset properti tersebut berlokasi di kota-kota besar yang terdiri atas, high rise building (student apartment, premium apartment hingga low-medium apartment) dan lahan kosong (landed) dengan total luasan area mencapai 46,1 hektare,” ujarnya di Jakarta, Kamis (20/1).

Baca jugaa: PTPP Yakin Program Investasi KIT Batang Dongkrak Kontrak Baru ke Depan

Salah satu proyek PP Properti yang bakal dilepas adalah Grand Kamala Lagoon berlokasi di jantung kota Bekasi dan memiliki lifestyle mall di dalam kawasan. Program ini diharapkan dapat meningkatkan likuiditas perusahaan dan menjadi pendanaan alternatif dari sisi ekuitas.

Guna merealisasikan aksi ini, dia mengatakan, PTPP bekerjasama dengan PT Danareksa Sekuritas (Persero) akan meluncurkan program percepatan peningkatan kinerja pasca pandemi. Program tersebut membuka peluang bagi investor untuk memiliki aset-aset persediaan properti yang dikelola oleh BUMN Konstruksi.

Sedangkan asset recycling sektor non properti melalui penjualan peralatan berat konstruksi. Dana hasil penjualan tersebut nantinya akan digunakan untuk pembaharuan dan investasi alat-alat berat baru sesuai dengan kebutuhan perusahaan dan anak perusahaan.

Asset recycling, menurut dia, juga akan dilaksanakan dengan melepas saham pada empat perusahaan patungan yang didirikan oleh PTPP maupun anak usahanya di sektor properti, pembangkit listrik, dan minyak bumi.

“Peningkatan kinerja pasca pandemi dilaksanakan dengan melepas atau monetisasi aset yang telah ditetapkan. Langkah ini diharapkan dapat meningkatkan kinerja BUMN dalam rangka transformasi perusahaan sejalan dengan arahan Menteri BUMN Erick Thohir,” terangnya.

Baca juga: 2022, PP (PTPP) Siap Gelontorkan Dana Capex Rp 4,2 Triliun

Agus menambahkan, divestasi aset tersebut nantinya berimbas terhadap perbaikan struktur permodalan perusahaan dengan menekan utang berbunga bersamaan dengan peningkatan kinerja dari keuntungan dari transaksi tersebut.

“Sejalan dengan program transformasi perusahaan BUMN yang dicanangkan pemerintah, PTPP berharap dengan aksi korporasi tersebut dapat meningkatkan kinerja induk dan anak perusahaan. Aset-aset properti tersebut akan ditawarkan sebagian secara berkelompok dan sebagian berdiri sendiri,” terangnya.

 


 

Editor : Parluhutan (parluhutan@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN