Menu
Sign in
@ Contact
Search

×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Ilustrasi kendaraan di lapangan penumpukan kelolaan PT Indonesia Kendaraan Terminal Tbk (IPCC). Foto: Perseroan

Ilustrasi kendaraan di lapangan penumpukan kelolaan PT Indonesia Kendaraan Terminal Tbk (IPCC). Foto: Perseroan

Efek Pelindo Merger Dahsyat! IPCC Mulai Kelola Terminal Kendaraan di Belawan, 2 Lagi Segera

Selasa, 18 Januari 2022 | 10:43 WIB
Thresa Sandra Desfika (thresa.desfika@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id – PT Indonesia Kendaraan Terminal Tbk (IPCC) telah mengoperasikan terminal kendaraan di Pelabuhan Belawan, Medan mulai awal Januari 2022. Dalam waktu dekat juga perusahaan dijadwalkan mulai beroperasi di terminal kendaraan ataupun terminal kendaraan di Surabaya dan Makassar.

Direktur Utama Indonesia Kendaraan Terminal Rio Theodore Natalianto Lasse menjelaskan, IPCC sudah beroperasi di Pelabuhan Tanjung Priok, Terminal Panjang Lampung, dan di Gresik. Kemudian, pada awal Januari 2022, Indonesia Kendaraan Terminal juga mulai beroperasi di Belawan.

Baca juga: Kegiatan Manufaktur Berkurang, Layanan Internasional IPCC untuk Kendaraan CBU Turun 36,65%

“Per awal Januari, kita beroperasi di Terminal Belawan di Medan,” terang Rio dalam kanal Youtube Mirae Asset Sekuritas yang disiarkan langsung pada Senin (17/1).

Dia menuturkan, dalam waktu dekat juga, Indonesia Kendaraan Terminal akan beroperasi di Surabaya dan Makassar. “Dalam waktu dekat, kita akan masuk ke Surabaya dan Makassar. Jadi dari situ kita bisa berharap target kita bisa tercapai,” papar Rio.

Sebagaimana diketahui, sebelum Pelindo merger, Pelabuhan Belawan merupakan pelabuhan yang dikelola oleh PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) I. Sedangkan, Pelabuhan Tanjung Perak (Surabaya) dikelola oleh Pelindo III dan Pelabuhan Makassar dioperasikan oleh Pelindo IV. Adapun Indonesia Kendaraan Terminal merupakan anak usaha dari Pelindo II.

PT Pelindo I, II, III, dan IV resmi merger per 1 Oktober 2021 dan menjadi PT Pelindo (Persero). Pascamerger itu Pelindo membentuk empat subholding yang terdiri atas PT Pelindo Terminal Petikemas, PT Pelindo Multi Terminal, PT Pelindo Solusi Logistik, dan PT Pelindo Jasa Maritim. Karena itu, saham Pelindo di IPCC dialihkan ke subholding PT Pelindo Multi Terminal pada 3 Januari 2022.

Dalam keterangan resminya belum lama ini, Rio Lasse menyampaikan apresiasi dan harapannya pasca-terjadi inbreng saham tersebut di mana akan membantu dan memperkuat posisi IPCC dalam melakukan ekspansi di sejumlah pelabuhan, khususnya pelabuhan yang sebelumnya dimiliki oleh Pelindo I, III, IV.

Baca juga: KAI, Pelindo, PTPN III Bangun Ekosistem Logistik Kuala Tanjung dan Sei Mangke

“Kami, manajemen IPCC, tentunya menyambut baik dan mendukung terintegrasinya antar-Pelindo yang kini menjadi keluarga besar di bawah Pelindo sebagai holding,” kata Rio.

Adanya pengklasteran pada Pelindo, terang Rio, juga dapat membantu memperkuat posisi IPCC untuk dapat bekerja sama dengan sejumlah pelabuhan yang menjadi incaran.

“Pasca-inbreng saham tuntas, support dari subholding akan membantu kami dalam merealisasikan sejumlah ekspansi dan kerja sama tersebut,” ungkap Rio.

Editor : Theresa Sandra Desfika (theresa.sandra@investor.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN