Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
PT Darmi Bersaudara Tbk (KAYU). Foto: IST

PT Darmi Bersaudara Tbk (KAYU). Foto: IST

Ekspor Turun, Darmi Bersaudara Tingkatkan Pengkapalan

Minggu, 20 September 2020 | 17:48 WIB
Nabil Alfaruq (nabil.alfaruq@beritasatumedia.com)

JAKARTA, investor.id — PT Darmi Bersaudara Tbk (KAYU) tengah fokus memulihkan kinerja bisnisnya yang terdampak pandemi Covid-19. Dengan adanya aksi ini, perseroan memperkirakan terjadinya pemulihan kinerja hingga akhir tahun.

Manajemen perseroan mengatakan, salah satu hal yang dilakukan untuk memulihkan kinerja perseroan adalah dengan mengapalkan kontainer yang dimiliki emiten perdagangan kayu ini.

Selama triwulan I-2020, pihaknya telah mengapalkan 172 kontainer, namun jumlah ini menurun drastis di triwulan II-2020 karena adanya lockdown di India, sehingga perseroan hanya mengekspor 40 kontainer.

“Meskipun demikian, di periode Juli sampai dengan 18 September 2020, perseroan telah berhasil mengirimkan sebanyak 161 kontainer, di mana pencapaian ini terjadi pada masa pandemi Covid-19 masih terus berlangsung dengan segala pembatasan yang ada,” ujar manajemen perseroan dalam keterangan resmi di Jakarta baru-baru ini.

Upaya tersebut masih ditambah lagi dengan adanya rencana mengapalkan tambahan 53 kontainer. Apabila seluruh rencana ini dapat direalisasikan, maka total pengapalan akan menjadi 214 kontainer atau meningkat sebesar 24,4% dibandingkan dengan jumlah pengapalan di triwulan I-2020.

Menurut manajemen perseroan, dampak dari pemulihan kinerja ekspor tersebut adalah penjualan akan meningkat cukup signifikan per September 2020, sehingga Darmi Bersaudara memperkirakan akan kembali membukukan laba pada triwulan III-2020.

Perlu diketahui, di triwulan I-2020 perseroan mencatatkan penjualan sebesar Rp 24,32 miliar dengan membukukan laba bersih sejumlah Rp 1,1 miliar. Kemudian di triwulan II-2020 pihaknya memperoleh penjualan 29,30 miliar dengan membukukan rugi bersih sebanyak Rp 628,8 juta.

Manajemen perseroan menyampaikan bahwa kerugian tersebut disebabkan oleh biaya-biaya yang terus berjalan sementara penjualan menurun drastis, sehingga perseroan mulai mengalami kesulitan likuiditas di periode triwulan II-2020.

Dengan adanya penurunan kinerja yang disebabkan oleh pandemi Covid-19 dan upaya perseroan untuk memulihkan kembali, perseroan merevisi target kinerja di tahun ini dengan penjualan sebesar Rp 57,76 miliar dan estimasi laba sejumlah Rp 708 juta. Sebelumnya di awal tahun 2020 perseroan telah menargetkan perolehan penjualan sebesar Rp 114 miliar dengan estimasi laba bersih Rp 7 miliar.

“Kami berharap besar dengan adanya perbaikan kinerja ini, selain itu perseroan juga telah mendapatkan dukungan dari para pemasok yang selama 20 tahun terakhir telah menjalin hubungan bisnis,” ujarnya.

Dengan demikian, Perseroan meyakini akan dapat terus tumbuh dan berkembang sambil tetap fokus untuk meningkatkan kualitas diri melalui pemenuhan GCG. Darmi Bersaudara juga akan terus mengupayakan yang terbaik dalam memenuhi komitmen kepada otoritas, seluruh shareholders, kreditur, supplier dan para stakeholders lainnya.

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN