Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password

×

Email

Password

×

Nama

Email

Password

Ulangi Password

×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Para pemenang Best Listed Companies Awards 2019 foto bersama usai penganugerahan di Financial Hall Graha CIMB Niaga, Jakarta, Kamis (16/5/2019).  Foto: Beritasatu / Heri Gagarin

Para pemenang Best Listed Companies Awards 2019 foto bersama usai penganugerahan di Financial Hall Graha CIMB Niaga, Jakarta, Kamis (16/5/2019). Foto: Beritasatu / Heri Gagarin

Emiten Terbaik Versi Majalah Investor

GR, Kamis, 16 Mei 2019 | 23:28 WIB

JAKARTA– Lima perusahaan publik yang tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI) masing-masing: PT Bank Central Asia Tbk, PT Bukit Asam Tbk, PT Waskita Beton Precast Tbk, PT Sri Rejeki Isman Tbk, dan PT Selamat Sempurna Tbk, berhasil meraih Investor Awards 2019 dengan predikat ‘Top Performing Listed Companies 2019’.

Penghargaan itu diberikan oleh Majalah Investor dalam acara yang digelar di Jakarta, Kamis (16/5/2019) malam, karena kinerja fundamental tahun 2017-2018 terbukti unggul di antara 629 emiten yang terdaftar di BEI per 31 Maret 2019.

Selain kinerja fundamental yang solid, likuiditas perdagangan saham lima emiten ini pun tinggi, sehingga harga saham masing-masing naik signifikan selama April 2018 – Maret 2019.

Pemeringkatan emiten tahun ini mengambil tema: “Sustaining Performance in Fragile Global Environment” (mempertahankan kinerja di tengah lingkungan global yang rapuh). Tema ini ditetapkan Dewan Juri untuk memastikan bahwa emiten yang meraih Investor Award mampu merespons tuntutan ketidakpastian global dengan pendekatan bisnis yang inovatif, efisien, dan adaptif terhadap pendekatan-pendekatan baru pada era bisnis modern.

“Dari keseluruhan proses penilaian, yang tampil menjadi yang terbaik mampu menyikapi ketidakpastian global dengan efisiensi dan inovasi. Mereka juga melakukan berbagai penyesuaian baik pada level organisasi maupun SDM, produk, juga beradaptasi dengan perkembangan bisnis modern,” terang Roy Sembel, Ketua Dewan Juri Investor Awards 2019.

Tema ini menjadi penekanan penting ketika para nominasi Top Performing Listed Companies 2019 diberikan kesempatan memaparkan kondisi perusahaan. Dewan Juri juga menyoroti komitmen emiten pada pengembangan kualitas sumber daya manusia, sisi environment, maupun corporate social responsibility/CSR sebagai bagian integral perusahaan, komitmen penerapan good corporate governance (GCG), maupun strategi bisnis ke depan.

Seperti tahun sebelumnya, untuk menetapkan emiten terbaik, Dewan Juri mempertahankan pengelompokan berdasarkan nilai kapitalisasi. Dua kelompok besar yang disepakati yakni emiten dengan kapitalisasi pasar di atas Rp 10 triliun dan di bawah Rp 10 triliun.

Pengelompokan ini dibuat agar persaingan lebih berimbang. Pertimbangan lain, karakteristik perusahaan dengan size usaha besar relatif berbeda dibandingan dengan yang sedang dan kecil.

Emiten yang bersaing meraih posisi terbaik harus lebih dahulu melewati proses seleksi seleksi awal sesuai parameter yang telah ditetapkan. Dari emiten yang lolos seleksi awal, Dewan Juri menetapkan lima emiten yang mencatat skor tertinggi dari 10 nominasi Emiten Terbaik 2019. Adapun enam dari 10 nominasi emiten terbaik untuk kategori nilai kapitalisasi di atas Rp 10 triliun ini meliputi: PT Ace Hardware Indonesia Tbk, PT Bank Central Asia Tbk, PT Bukit Asam Tbk, PT Charoen Pokphand Indonesia Tbk, PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk, dan PT Waskita Beton Precast Tbk.

Sedangkan nominasi dari kelas aset di bawah Rp 10 triliun melputi: PT Arwana Citramulia Tbk, PT Integra Indocabinet Tbk, PT Selamat Sempurna Tbk dan PT Sri Rejeki Isman Tbk.

Selain proses penilaian dari sisi kinerja fundamental dan teknikal, penetapan Emiten Terbaik dipadukan dengan hasil penilaian dari responden melalui angket serta wawancara Dewan Juri dengan manajemen emiten. Selanjutnya Dewan Juri menetapkan lima Emiten Terbaik 2019.

Terbaik Per Sektor
Investor Awards 2019 juga diberikan bagi 20 emiten berdasarkan sektor usaha yang digeluti. Pada sektor pertanian, penghargaan diberikan pada PT Charoen Pokphand Indonesia Tbk, sektor pertambangan diberikan pada PT Aneka Tambang Tbk, sektor industri dasar diraih PT Arwana Citramulia Tbk, dan sektor aneka industri diraih PT Astra International Tbk.

PT Pan Brothers Tbk menjadi yang terbaik untuk sektor tekstil dan garmen, terbaik industri logam dan kabel diraih PT Voksel Electric Tbk, sedangkan emiten terbaik sektor infrastruktur dimenangkan PT Sillo Maritime Perdana Tbk.

Untuk industri properti, penghargaan diberikan pada PT Pakuwon Jati Tbk, sektor konstruksi dan bangunan diraih PT Wijaya Karya (Persero) Tbk, sektor kehutanan, pulp & kertas dimenangkan PT Pabrik Kertas Tjiwi Kimia Tbk, dan sektor makanan & minuman diraih PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk. Wakil dari industri rokok, farmasi & keperluan rumah tangga yang berhasil menjadi pemenang adalah PT Integra Indocabinet Tbk, sektor perdagangan & jasa kembali diraih PT Ace Hardware Indonesia Tbk, dan terbaik bidang usaha restoran, hotel & pariwisata diraih PT Ayana Land International Tbk.

Sektor elektronika tahun ini berhasil diraih PT Sat Nusapersada Tbk, dan PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk menjadi yang terbaik untuk sektor perbankan, PT Trimegah Sekuritas Indonesia Tbk keluar sebagai pemenang untuk sektor sekuritas dan reksa dana, sedangkan kelompok perusahaan asuransi kembali PT Maskapai Reasuransi Indonesia Tbk.

Selanjutnya PT Wahana Ottomitra Multifinance Tbk menjadi emiten terbaik sektor multifinance dan PT Jasuindo Tiga Perkasa Tbk menjadi emiten terbaik untuk sektor investasi.

Seleksi Awal
Berdasarkan kesepakatan Tim Juri, pemeringkatan mengacu pada sembilan persyaratan seleksi awal untuk menyaring emiten yang dinilai layak diikutkan dalam pemeringkatan. Persyaratan pertama tentang kepatuhan emiten dalam mempublikasikan laporan keuangan tahun buku 2018. Publikasi laporan keuangan tahunan selambatnya tanggal 31 Maret 2019.

Kedua, emiten yang dilibatkan dalam pemeringkatan harus sudah tercatat di BEI sebelum tahun 2018. Ketiga, tidak mendapat opini disclaimer dan adverse dari akuntan publik. Keempat, tidak membukukan rugi bersih dan rugi operasional tahun 2018. Kelima, memiliki ekuitas tidak kurang dari Rp 100 miliar. Persyaratan keenam, saham emiten bersangkutan tergolong aktif (selama periode 1 April 2018–31 Maret 2019 tidak boleh tidak ditransaksikan selama 10 pekan atau lebih). Ketujuh, laporan keuangan emiten yang diperingkat harus bertahun buku Desember.

Kedelapan, memiliki ekuitas positif selama dua tahun terakhir, dan kesembilan memiliki jumlah pemegang saham lebih dari 300 pihak.

Setelah melalui tahapan seleksi awal terhadap 629, hanya 284 emiten atau 45,15% yang lolos seleksi awal dan masuk dalam pemeringkatan. Kali ini, ada 120 emiten terganjal seleksi awal karena masalah data dan belum mempublikasikan laporan keuangan hingga 31 Maret 2018, meningkat dari tahun lalu 76 emiten.

Kriteria Pemeringkatan
Setelah melewati tahapan seleksi awal, proses pemeringkatan kemudian dilakukan terhadap 283 emiten. Pemeringkatan mengacu pada delapan kriteria meliputi: (1) return saham selama satu tahun (1 April 2018–31 Maret 2019), (2) likuiditas saham dan (3) volatilitas saham juga untuk periode yang sama, (4) pertumbuhan penjualan tiga tahun, (5) net operating margin (NM), (6) return on equity (ROE), (7) asset turn over (ATO), dan (8) pertumbuhan laba operasi tiga tahun.

Berdasarkan pada hasil pemeringkatan, ditambah dengan hasil jajak pendapat terhadap 200 responden (analis, manajer investasi, dana pensiun, asuransi, investor individu, dan pengamat pasar modal) dan interview direksi peraih nominasi, Dewan Juri menetapkan lima emiten peraih ‘Top Performing Listed Companies 2019. Selain Lima emiten peraih ‘Top Performing Listed Companies 2018’’, juga ditetapkan 20 emiten terbaik per sektor, serta 100 emiten sebagai “100 Best Listed Companies 2019”.

Investor juga memberikan penghargaan khusus untuk tiga emiten baru dengan predikat “ Best Performa IPO 2019” yang diraih PT Dewata FreightInternational Tbk, PT MD Picture Tbk, dan PT Sky Energy International Tbk. Selain itu penghargaan juga di berikan kepada lima perusahaan agency yang berkontribusi dalam bentuk iklan laporan keuangan di Investor Daily dan Suara Pembaruan. Kelima perusahaan tersebut, yaitu: CV Maestro 90, PT Hanindo Mitra Lestari, PT Putra Inovasi Utama, PT Lintas Indomedia Abadi dan PT Global Fokus Karyatama.

Sumber: Majalah Investor

BAGIKAN