Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Bendera nasional Amerika Serikat (AS), dan bendera nasional Inggris.  Foto ilustrasi: thepakistanpost.net

Bendera nasional Amerika Serikat (AS), dan bendera nasional Inggris. Foto ilustrasi: thepakistanpost.net

Fokus Pasar: Amerika-Eropa Berpotensi Jalin Kesepakatan

Jumat, 14 Agustus 2020 | 08:35 WIB
Nabil Alfaruq (nabil.alfaruq@beritasatumedia.com)

JAKARTA, investor.id — Amerika Serikat (AS) memberikan keringanan terhadap Eropa dengan membiarkan sebagian produk milik benua biru ini tidak dikenakan tarif. Dengan adanya aksi ini, kedua negara diproyeksikan akan menjalin sebuah kesepakatan.

“Atas kebaikan hati Amerika, Eropa mengatakan bahwa apa yang dilakukan oleh AS memberikan kesempatan kepada Uni Eropa dan Amerika untuk melakukan kesepakatan yang lebih luas kedepannya, setelah sebelumnya terkendala akibat adanya konflik industry pesawat,” tulis Pilarmas Sekuritas dalam riset harian di Jakarta, Jumat (14/8).

Pilarmas Sekuritas menyampaikan bahwa keputusan yang dilakukan oleh Amerika tersebut juga akan memberikan kesempatan yang lebih luas untuk menemukan solusi terhadap beberapa masalah yang sedang berlangsung, terutama terkait perdagangan.

Perwakilan Dagang Amerika Serikat Robert Lightizer dalam riset pilarmas menyebutkan, Amerika akan berkomitmen untuk menyelesaikan masalah tersebut karena memiliki dampak jangka panjang. Dia akan memulai proses yang baru dengan Uni Eropa untuk mencapai kesepakatan bersama dengan negosiator Uni Eropa, yakni Phil Hogan.

“Pengumuman tersebut berpotensi sangat besar untuk menghapus beberapa daftar tarif produk tertentu khususnya dari Yunani dan Inggris serta berpotensi juga untuk menaikkan perdagangan antara France dan German,” tulis Pilarmas Sekuritas.

Presiden Joko Widodo dijadwalkan dua kali pidato kenegaraan hari ini (Jumat, 14/8/2020).
Presiden Joko Widodo dijadwalkan dua kali pidato kenegaraan hari ini (Jumat, 14/8/2020).

Dari dalam negeri, Presiden Joko Widodo akan menyampaikan Nota Keuangan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2021 pada hari ini. Pasar berharap pemerintah dapat menguraikan dengan tepat bagaimana mereka akan berusaha mengatasi sejumlah persoalan yang ada akibat dampak krisis kesehatan.

Krisis kesehatan akibat virus corona tentunya menjadi tantangan terberat pemerintah dalam menjaga stabilitas ekonomi dalam negeri. Kebijakan fiskal dengan tetap mendukung pertumbuhan, tetapi pada saat yang sama mampu menyusun peta jalan konsolidasi fiskal yang kredibel sehingga harus mengutamakan pemulihan ekonomi dalam mengambil kebijakan luar biasa untuk menghindari resesi yang bisa saja terjadi.

“Namun sejauh ini dengan apa yang sudah dilakukan oleh program Pemulihan Ekonomi Nasional sudah dapat berjalan dengan baik. Kami hanya berharap kecepatan dalam implementasi kebijakan dapat terjadi lebih cepat, sehingga mampu mendorong aktivitas perekonomian dalam kurun waktu 4 bulan terakhir sehingga mampu melewati masa-masa sulit seperti sekarang ini,” jelas Pilarmas Sekuritas.  

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN