Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Pialang memantau pergerakan saham di sebuah sekuritas di Jakarta. Foto ilustrasi: BeritaSatu Photo/Mohammad Defrizal

Pialang memantau pergerakan saham di sebuah sekuritas di Jakarta. Foto ilustrasi: BeritaSatu Photo/Mohammad Defrizal

Fokus Pasar: Tiongkok Alami Peningkatan Ekspor

Selasa, 8 Juni 2021 | 09:21 WIB
Nabil Alfaruq (nabil.alfaruq@beritasatumedia.com)

JAKARTA, investor.id — Ekspor Tiongkok mengalami kenaikan signfikan seiring dengan permintaan kuat dari global karena aktivitas perekonomia mulai dibuka kembali di berbagai negara.

Pilarmas Sekuritas dalam riset hariannya, Selasa (8/6), mengatakan, Permintaan barang-baranga Tiongkok dari luar negeri tetap kuat, apalagi setelah vaksin sinovac sudah diresmikan world health organization (WHO) yang mendorong ekspor farmasi juga mengalami peningkatan.

Ekspor Tiongok ke pasar emerging market seperti India dan Asia Tenggara juga mulai mengalami peningkatan. Pemulihan global yang kuat, memberikan Tiongkok banyak kesempatan untuk mendapatkan lebih banyak, karena Tiongkok pulih terlebih dahulu.

“Permintaan yang kuat kami perkirakan akan terus berlanjut hingga semester ke 2 mendatang, apalagi ketika perekonomian di seluruh dunia mulai terus melangkah maju karena adanya distribusi vaksin yang mempercepat laju pemulihan ekonomi,” jelas Pilarmas Sekuritas.

Sementara ekspor Tiongkok ke Amerika masih mengalami pertumbuhan pada tingkat akselerasi yang lebih sehat sekitar 21%, dibandingkan ekspor Tiongkok ke Eropa mengalami penurunan sebesar 13%. Namun ke India meskipun situasi dan kondisi India juga sedang dalam keadaan tidak baik, permintaan tetap tumbuh lebih baik dari yang diharapkan.

Sebagai informasi, impor Tiongkok juga meningkat karena di topang oleh kenaikkan harga komoditas. Impor mengalami kenaikkan sebesar 51,1%, dengan tingkat kecepatan tercepat sejak Maret 2010, sehingga memberikan surplus perdagangan yang kembali mengalami kenaikan.  

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN