Menu
Sign in
@ Contact
Search

×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Fintech. Foto ilustrasi: IST

Fintech. Foto ilustrasi: IST

Gaet Lebih Banyak UMKM, Pendanaan GandengTangan akan Lebih Inovatif

Kamis, 20 Januari 2022 | 17:22 WIB
Gita Rossiana (gita.rossiana@investor.co.id)

JAKARTA , investor.id - Perusahaan start-up pionir crowd lending, GandengTangan akan mengembangkan sejumlah inovasi pendanaan tahun ini. Hal ini dilakukan untuk mendukung bangkitnya pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM). 

Co-Founder dan Chief Executive Officer (CEO) GandengTangan Jezzie Setiawan mengatakan, GandengTangan telah menyiapkan sejumlah strategi untuk menjangkau UMKM lebih luas lagi. Salah satunya dengan menyiapkan pinjaman dengan bunga rendah. 

“Tahun ini, kami fokus untuk mengembangkan sederet inovasi pendanaan agar memudahkan UKM menjalankan usahanya. Beberapa inovasi tersebut sudah kami lakukan sejak awal tahun ini,” ucap Jezzie dalam keterangan resmi, Kamis (20/1).

Baca juga: Siap-siap Pendiri Start-up, Mandiri Capital Bakal Gelontorkan Banyak Pendanaan di 2022

Kemudian, GandengTangan juga akan mengembangkan penyaluran pinjaman dengan skema invoice financing. UKM dapat menjadikan invoice belum terbayar sebagai jaminan untuk mendapat pendanaan dengan limit Rp 2 miliar. Usaha peroranganpun dapat mengajukan pendanaan dengan limit Rp 25 juta melalui GandengTangan berkat kemitraan dengan koperasi dan lembaga keuangan mikro (LKM).

Demi mempermudah UMKM berkembang, GandengTangan akan menyalurkan pinjaman limit Rp 250 juta dengan suku bunga sangat rendah, yaitu sebesar 6% per tahun. Layanan ini dilakukan melalui kerjasama dengan PT Bahana Artha Ventura.

Kabar baik lainnya adalah GandengTangan akan melanjutkan kerjasama dengan Bank Sulselbar. Januari ini, platform GandengTangan akan digunakan di 32 cabang Bank Sulselbar. 

Baca juga: Outstanding Pembiayaan Fintech Naik Jadi Rp 29,88 Triliun

Adapun selama 2021, GandengTangan berhasil menyalurkan pinjaman sebesar Rp 40,5 miliar atau 10 kali lipat dari jumlah di tahun sebelumnya. Pencapaian tersebut sekaligus mencatatkan rekor angka penyaluran pinjaman GandengTangan sejak awal berdiri.

Jezzie menjelaskan, untuk menjangkau lebih banyak pelaku usaha, GandengTangan berkolaborasi dengan organisasi wirausaha dan UKM seperti Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) Jakarta, Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Jakarta, dan Dewan Koperasi Indonesia Daerah (Dekopinda) Jakarta Timur.

“Komitmen menjadi platform yang aman dan terproteksi diwujudkan GandengTangan dengan memperkuat sistem manajemen risiko. Langkah yang dilakukan adalah penggunaan berbagai macam metode pengamanan pembayaran dan menerapkan model credit scoring yang lebih komprehensif,” ungkap Jezzie.

Editor : Gita Rossiana (gita.rossiana@gmail.com)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN