Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Peresmian kerja sama strategis Grab dan Emtek Group.

Peresmian kerja sama strategis Grab dan Emtek Group.

Gandeng Grab, Elang Mahkota akan Investasi di Startup Indonesia

Senin, 26 Juli 2021 | 19:32 WIB
Gita Rossiana (gita.rossiana@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id – PT Elang Mahkota Teknologi Tbk. (EMTK) menjalin kemitraan strategis dengan Grab. Melalui kerja sama ini, kedua pihak ingin menciptakan peluang investasi di perusahaan startup Indonesia.

Managing Director Elang Mahkota Teknologi Sutanto Hartono mengatakan, sejauh ini, perusahaan sudah berinvestasi di dua startup Indonesia, yakni PT Bukalapak.com dan Dana. Adapun Bukalapak sudah menjadi salah satu startup dengan valuasi di atas US$ 1 miliar (unicorn) yang akan mencatatkan sahamnya di bursa.

"Bukalapak saat ini sudah memiliki 104,9 juta pengguna dan 6,9 juta anggota, sedangkan Dana sudah memiliki lebih dari 70 juta pengguna dan 250 ribu UMKM yang terdaftar, " jelas Sutanto dalam acara Konferensi Pers secara Virtual, Senin (26/7).

Sutanto menjelaskan, kedua pihak juga berkolaborasi untuk mempercepat digitalisasi dan menciptakan lebih banyak peluang pendapatan bagi jutaan wirausahawan di Indonesia.

"Kami juga ingin menghadirkan layanan digital yang lebih terjangkau dan menawarkan kenyamanan lebih bagi masyarakat Indonesia, bahkan di wilayah dengan tingkat digitalisasi yang masih rendah," jelas dia.

Kedua perusahaan akan menjajaki peluang kolaborasi terutama di sektor logistik dan e-commerce, juga layanan keuangan, telemedicine, periklanan dan media digital, serta produk digital untuk kios atau warung tradisional. Dalam hal ini, Elang Mahkota Teknologi telah menginvestasikan US$ 375 juta di PT Grab Teknologi Indonesia. Grab juga telah merampungkan investasi ke Emtek Group.

Country Managing Director Grab Indonesia Neneng Goenadi menjelaskan, prioritas utama dari kolaborasi Grab dan Emtek Group adalah memperluas digitalisasi hingga ke tingkat kabupaten di Indonesia.

"Sebanyak 99% dari semua bisnis tanah air adalah bisnis UMKM, tetapi hanya 21% yang memiliki akses digital," kata dia.

Adapun Grab dan Emtek Group akan menghadirkan Festival Kota Mapan (Kolaborasi Nyata Untuk Masa Depan), sebuah program akselerator yang bersifat menyeluruh dan menargetkan UMKM di kota tier dua Indonesia. Festival Kota Mapan pertama akan diselenggarakan di Solo pada September 2021 dan menargetkan 1.000 UMKM.

Festival Kota Mapan juga melengkapi kolaborasi Emtek Group dan Grab yang telah terjalin. Grab bermitra dengan Bukalapak untuk menyediakan layanan seperti pengantaran secara instan dan same-day melalui GrabExpress, dan produk digital GrabKios seperti isi ulang pulsa di platform Mitra Bukalapak bagi pemilik kios di 500 kota.

Grab dan Emtek Group juga akan menjajaki peluang bersama untuk berinvestasi dan membimbing perusahaan startup Indonesia.

"Hal ini dilakukan melalui KMK Online dan Grab Ventures Velocity," jelas Neneng.

Adapun saat ini, Emtek Group memiliki portofolio di bisnis media, yakni melalui SCTV dan Indosiar dengan pangsa pemirsa mencapai lebih dari 26%. Kemudian, ada platform over-the-top (OTT) Vidio yang memiliki lebih dari 70 juta pengguna dan menempati posisi ke-3 OTT terbesar di Asia Tenggara.

Lalu, ada bisnis digital lainnya seperti all-commerce marketplace Bukalapak, online publisher KLY, beragam solusi bisnis, serta sektor kesehatan melalui kepemilikan enam rumah sakit.

Sementara Grab adalah untuk layanan transportasi online dan pengantaran makanan online di Indonesia. Grab juga menawarkan rangkaian layanan sehari-hari lainnya termasuk GrabKios, GrabMart, GrabAssistant, GrabHealth, Insurance, Pulsa, Clean & Fix, dan lainnya. Selama tiga tahun terakhir, mitra pengemudi, mitra merchants, dan mitra agen Grab secara kolektif telah memperoleh pendapatan lebih dari Rp 92 triliun melalui platform Grab.

 

Editor : Nurjoni (nurjoni@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN