Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Armada Blue Bird. Foto ilustrasi: IST.

Armada Blue Bird. Foto ilustrasi: IST.

Gojek Resmi Miliki Minoritas Saham Blue Bird

Thereis Love Kalla, Senin, 24 Februari 2020 | 07:00 WIB

JAKARTA, investor.id – PT Aplikasi Karya Anak Bangsa atau Gojek resmi menjadi pemegang minoritas saham PT Blue Bird Tbk (BIRD) dengan membeli 108,2 juta saham pada harga Rp 3.800 per saham.

Dengan pembelian saham ini, maka Gojek memiliki porsi kepemilikan saham Blue Bird sebesar 4,33%. Perusahaan penyedia jasa ride sharing tersebut tercatat merogoh kocek sekitar Rp 411,1 miliar dalam aksi korporasi ini.

Direktur Utama Blue Bird Noni Purnomo mengatakan, melalui kerja sama ini, selain memperkuat kolaborasi yang sudah terjalin sebelumnya, GoPay akan mengimplementasikan kode QRIS sebagai salah satu metode pembayaran di taksi Blue Bird. “Selanjutnya, Gopay akan terintegrasi dalam aplikasi MyBluebird,” ungkap Noni dalam keterangan resmi.

Noni menjelaskan, pihaknya memiliki saham minoritas Blue Bird. Adapun kepemilikan saham mayoritas Blue Bird masih dipegang oleh PT Pusaka Citra Djokosoetono selaku pemegang saham pengendali dengan kepemilikan sebesar 31,51%. “Kami menyambut baik ketertarikan dari PT Aplikasi Karya Anak Bangsa untuk melakukan investasi melalui pembelian saham Blue Bird,” ujar dia.

Noni menambahkan, dengan bergabungnya Gojek sebagai salah satu pemegang saham, menunjukkan bahwa Blue Bird sebagai penyedia transportasi merupakan partner yang strategis untuk bisa bersinergi bersama. Dia meyakini, dengan langkah strategis ini, maka akan semakin memperkuat kolaborasi antara kedua belah perusahaan, sekaligus mendukung usaha perusahaan untuk secara konsisten meningkatkan layanan perseroan terhadap konsumen.

Sementara itu, Kresna Djokosoetono sebagai direktur utama dari Blue Bird Group Holding mengungkapkan, melalui aksi korporasi tersebut menandakan perseroan menaruh kepercayaan terhadap Gojek. “Hal ini juga terwujud melalui pembelian saham di PT Aplikasi Karya Anak Bangsa,” jelasnya.

Di lain pihak, Co-CEO PT Aplikasi Karya Anak Bangsa Gojek Andre Soelistyo menyatakan, Gojek merupakan salah satu layanan platform terbesar untuk konsumen di Asia Tenggara. Hal tersebut tidak dapat dicapai tanpa partner kuat yang memungkinkan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

“Peningkatan kerja sama dengan Blue Bird  merupakan bukti nyata untuk hal ini, dan memungkinkan kami untuk meningkatkan dua layanan utama kami di Indonesia, yaitu pembayaran dan transportasi,” ungkapnya.

Dalam pengembangan ekosistem pelayanannya, Blue Bird juga tercatat bekerja sama dengan sejumlah pihak. Semisal, baru-baru ini, perseroan menggandeng aplikasi dompet digital, Dana, untuk pembayaran armadanya melalui aplikasi My Blue Bird.

Blue Bird juga menggandeng HMD Global dalam penyediaan perangkat smartphone Nokia bagi para pengemudi taksi Blue Bird. Kedua pihak berkomitmen untuk mengeksplorasi peluang di masa mendatang melalui kolaborasi untuk mendukung perseroan dalam mempercepat transformasi digital mereka.

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN