Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Jajaran Direksi Mustika Ratu (MRAT), dari kiri  Pelitawan Tjandrasa sebagai Direktur Penjualan, Yuniastuti Kusuma Putri sebagai Direktur Pemasaran,   Bingar Egidius Situmorang sebagai Presiden Direktur,   Kusuma Ida Anjani sebagai Direktur Pengembangan Bisnis dan Inovasi, dan Jodi Andrea Suryokusumo sebagai Direktur Keuangan pada saat Soft Launching dan Media Gathering produk Herbamuno+ di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Jajaran Direksi Mustika Ratu (MRAT), dari kiri Pelitawan Tjandrasa sebagai Direktur Penjualan, Yuniastuti Kusuma Putri sebagai Direktur Pemasaran, Bingar Egidius Situmorang sebagai Presiden Direktur, Kusuma Ida Anjani sebagai Direktur Pengembangan Bisnis dan Inovasi, dan Jodi Andrea Suryokusumo sebagai Direktur Keuangan pada saat Soft Launching dan Media Gathering produk Herbamuno+ di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Hadapi Pendemi, Mustika Ratu Transformasi Bisnis

Selasa, 2 Februari 2021 | 16:11 WIB
Mardiana Makmun (mardiana@investor.co.id) ,Nabil Alfaruq (nabil.alfaruq@beritasatumedia.com)

JAKARTA, investor.id -- PT Mustika Ratu Tbk (MRAT) mentransformasi bisnis ke bidang usaha holistic beauty, health, dan wellness. Aksi korporasi ini dilakukan untuk beradaptasi dengan pandemi Covid-19, sehingga perseroan kini juga memproduksi produk yang sebelumnya tidak ditawarkan.

Selain mengembangkan produk jamu dalam bentuk minuman kekinian, perseroan juga memproduksi suplemen untuk meningkatkan daya tahan tubuh dari serangan bakteri dan virus, terutama virus penyebab Covid-19.

Presiden Direktur PT Mustika Ratu Tbk (MRAT) Bingar Egidius Situmorang (kiri atas) bersama jajaran manajemen lainnya dan redaksi BeritaSatu Media Holdings (BSMH) dipimpin Direktur Pemberitaan BeritaSatu Media Holdings (BSMH) Primus Dorimulu saat kunjungan secara virtual ke BSMH, Senin (1/2/2021). Foto:  BeritaSatu Photo/Mohammad Defrizal
Presiden Direktur PT Mustika Ratu Tbk (MRAT) Bingar Egidius Situmorang (kiri atas) bersama jajaran manajemen lainnya dan redaksi BeritaSatu Media Holdings (BSMH) dipimpin Direktur Pemberitaan BeritaSatu Media Holdings (BSMH) Primus Dorimulu saat kunjungan secara virtual ke BSMH, Senin (1/2/2021). Foto: BeritaSatu Photo/Mohammad Defrizal

Dari segmen bisnis kesehatan, perseroan telah mengembangkan produk hand sanitizer dan disinfektan. Produk hand sanitizer yang ditawarkan perseroan memiliki nilai tambah, yakni konsumen yang memakainya tidak terkena efek samping. Sebab, produk ini tidak hanya memasukkan air dan alcohol saja, sehingga dapat merawat kulit.

“Kita harus menawarkan kepada konsumen bukan cuma air dan alkohol saja. Dengan pengetahuan dasar yang kami miliki terhadap produk herbal, maka sanitizer yang diproduksi bisa merawat kulit dan membuat kulit lembut,” ujar Presiden Direktur Mustika Ratu Bingar Egidius Situmorang saat media visit secara virtual ke redaksi Beritasatu Media Holdings (BSMH), Senin (1/2).

Presiden Direktur PT Mustika Ratu Bingar Egidius Situmorang saat kunjungan secara virtual ke BeritaSatu Media Holdings, Senin (1/2/2021). Foto: BeritaSatu Photo/Mohammad Defrizal
Presiden Direktur PT Mustika Ratu Bingar Egidius Situmorang saat kunjungan secara virtual ke BeritaSatu Media Holdings, Senin (1/2/2021). Foto: BeritaSatu Photo/Mohammad Defrizal

Terkait dengan kesehatan, per seroan telah ditunjuk sebagai distributor alat kesehatan (alkes) yang di tunjuk oleh beberapa perusahaan alkes. Adapun produk yang didistri busikan adalah masker, swab anti gen kit, dan alat pelindung diri (APD).

“Kami ditunjuk sebagai distributornya, terutama untuk B2B, jadi misalnya untuk pengadaan instansi atau pemerintah, itu kita yang ditunjuk ke sana,” ujar dia.

Mustika Ratu juga tengah mengembangkan bisnis di segmen kecantikan. Bingar mengatakan, perseroan tengah menyiapkan beberapa produk kencantikan seperti beauty clean. Perseroan akan melakukan investasi di bidang kecantikan dan yang akan diprioritaskan adalah perawatan wajah. Transformasi bisnis yang dilakukan perseroan telah dimulai pada 2019 sebelum terjadi pandemic Covid-19.

Transformasi ini dilakukan untuk memperbaiki dan memperkuat fundamental Mustika Ratu. Hingga saat ini, perseroan telah melakukan ekspor produknya ke lebih dari 20 negara, seperti Kanada, Malaysia, Singapura, Hong Kong, Saudi Arabia, Irak, Rusia, dan Suriname Produk slimming tea perseroan banyak diminati di Saudi Arabia, Kanada, dan Amerika Serikat (AS).

Kemudian, untuk produk kosmetik banyak diminati di Irak, karena produk ini memiliki kualitas dan berlabel halal.

Jejamu

Produk Jejamu by Mustika Ratu. Foto: istimewa
Produk Jejamu by Mustika Ratu. Foto: istimewa

Di tengah pandemi Covid-19, perseroan juga mengembangkan produk jamu yang dinamakan Jejamu. Produk ini telah dilakukan peluncuran ulang pada tahun lalu dan merupakan produk lanjutan dari wedang cafe. Untuk meningkatkan produk tersebut, perseroan telah menyiapkan berbagai strategi, salah satunya membuka toko baru dan melakukan kampanye dengan mengikutsertakan food blogger dan Putri Indonesia.

“Kami meluncurkan jamu dengan bentuk yang berbeda, jadi jamu yang bentuknya fresh dengan merek Jejamu. Produk ini juga bisa dikirimkan melalui Grab atau Gojek dan langsung dinikmati di rumah. Pada saat ini banyak konsumen stay at home dan tentunya mereka ingin memiliki kondisi yang sehat,” ujar dia.

PT Mustika Ratu Tbk kunjungan secara virtual ke BeritaSatu Media Holdings, Senin (1/2/2021). Foto: Investor Daily/Primus Dorimulu
PT Mustika Ratu Tbk kunjungan secara virtual ke BeritaSatu Media Holdings, Senin (1/2/2021). Foto: Investor Daily/Primus Dorimulu

Perseroan mengemas minuman jamu kekinian Jejamu yang segar dan tak pahit di lidah hingga digemari anak muda. “Selama ini Mustika Ratu fokus mengembangkan kosmetik berbahan jamu. Sedangkan jamu sebagai minuman kesehatan justru ketinggalan kami kembangkan. Karena itu, pada awal 2019 sebelum pandemi Covid-19, kami fokus mengembangkan dan mengampanyekan jamu untuk meningkatkan kesehatan tubuh,” kata Bingar.

Jejamu menjadi gebrakan pertama Mustika Ratu. Jamu dalam kemasan botol kekinian itu menawarkan Jamu Latte dengan rasa yang segar. Ada lima jenis jamu latte dengan manfaat berbeda, yaitu Golden Tumeric Latte (Lindungi Sehatmu), Temulawak Latte (Jaga Hatimu), Coco Pandan Latte (Bantu Semangatmu), Jahe Merah Sereh (Bebaskan Virusmu), dan Kunyit Asem (Anti Stress).

Jamu latte Jejamu ramuan Mooryati Soedibyo itu diluncurkan dalam bentuk jamu fresh yang bisa diantar ke konsumen melalui ojek online untuk dinikmati di rumah.

“Karena jamu kesannya pahit, kita bikin jamu yang tidak pahit. Jamu itu harusnya selevel dengan kopi. Kalau dulu waktu saya muda senang minum kopi dibilang kayak orang tua, sekarang terbalik, yang suka ngopi sekarang anak muda. Jadi jamu harus dibikin selevel kopi supya disenangi anak-anak muda,” ujar dia.

PT Mustika Ratu Tbk kunjungan secara virtual ke BeritaSatu Media Holdings, Senin (1/2/2021). Foto: Investor Daily/Primus Dorimulu
PT Mustika Ratu Tbk kunjungan secara virtual ke BeritaSatu Media Holdings, Senin (1/2/2021). Foto: Investor Daily/Primus Dorimulu

Upaya itu, lanjut Bingar, dilakukan agar pelanggan tetap loyal sekaligus menggaet pelanggan baru yang berusia lebih muda.

“Kami harus tetap pintar-pintar menjaga customer loyal yang dulu masih imut-imut dan kini sudah berusia. Namun, kami juga bisa menarik customer baru, terutama gen Z, yang juga harus dibuat tetap loyal. Selain itu, kami juga meluncurkan jamu suplemen untuk penyembuhan Covid-19. Jadi benar-benar pandemi ini membuat Mustika Ratu meluncurkan jamu dengan format berbeda,” ungkap Bingar.

Perseroan juga tengah mendorong kegiatan Jamunomics. Kegiatan ini dimaksudkan untuk tidak hanya sekadar berjualan dalam berbisnis, namun memperhatikan semua ekosistem yang ada dan berhubungan dengan bisnis perseroan.

“Karena kita menyadari untuk berbisnis yang sustainable dengan fokus holistic beauty and wellnes, kita juga harus memperhatikan supplier kita seperti petani,” ujar dia.

Suplemen untuk Covid-19

 Presiden Direktur PT. Mustika Ratu Tbk, Bingar Egidius Situmorang
Presiden Direktur PT. Mustika Ratu Tbk, Bingar Egidius Situmorang

Pada kesempatan yang sama, Direktur Business Development and Innovation PT Mustika Ratu Tbk, Kusuma Ida Anjani mengungkapkan, selain mengembangkan jamu dalam bentuk minuman kekinian, juga dalam bentuk suplemen untuk meningkatkan daya tahan tubuh dari serangan bakteri dan virus, terutama virus penyebab Covid-19.

“Pada awal pandemi, kebutuhan suplemen meningkat. Kami bekerja sama dengan para ahli untuk membuat Herbamuno+, yang terbuat dari lima bahan tanaman yang diambil dari buku yang ditulis Bu Dr BRA Mooryati Soedibyo,

‘Sang Empu Jamu’ lebih dari 20 tahun lalu, yaitu sambiloto, akar manis, jahe emprit, meniran, dan daun jambu mete,” tambah Anjani.

Kusuma Ida Anjani, Mustika Ratu Business Development, Innovation & SPA Director
Kusuma Ida Anjani

Kombinasi lima bahan alami ini, terang Anjani, menciptakan sebuah racikan yang optimal untuk meningkatkan imunitas tubuh dari serangan Covid-19.

“Jahe emprit ber fungsi sebagai immunomodulator, mengatasi mual muntah dan gastroprotektor. Sambiloto sebagai antiradang/antinyeri dan penurun demam. Akar manis sebagai antriradang/antinyeri, meredakan batuk (ekspektoran) dan sesak napas. Meniran sebagai immunomodulator dan hepatoprotektor.

Daun jambu mete sebagai antinyeri, meredakan diare, dan bronkodilator atau melegakan pernapasan,” jelas Anjani.

Anjani menjelaskan, produk tersebut dibuat untuk menjangkau seluruh kalangan agar dapat menangani gejala-gejala yang sering ditemukan oleh penderita Covid-19.

“Kami mungkin melihat ada beberapa suplemen yang harganya tidak terlalu terjangkau untuk semua pihak. Akhirnya kami bekerja sama dengan para peneliti dan multiklinis untuk mencari sesuatu yang terbuat dari bahan asli Indonesia,” ujar dia.

Editor : Parluhutan (parluhutan@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN