Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Indofood. Foto: IST

Indofood. Foto: IST

Harga Saham Duo Indofood Ambles

Listyorini, Selasa, 26 Mei 2020 | 12:42 WIB

JAKARTA, Investor,id - Tidak sampai 10 menit setelah pembukaan perdagangan saham di Bursa Efek Indonesia, Selasa (26/5/2020), dua saham milik Grup Salim, yakni PT Indofood Sukses Makmur Tbk (INDF) dan PT Indofoor CBP Sukses Makmur Tbk (ICBP) harganya ambles, hingga mengalami auto reject ke bawah.

Investor merespons negatif aksi korporasi Indofood setelah ICBP mengumumkan akuisisi Pinehill Corpora Limited senilai US$ 2,99 miliar. " Di tengah perdagangan yang semarak karena penguatan saham banyak emiten, justru saham Indofood ambles," kata Ketua Komunitas Investas, Selasa.

Pada sesi pagi, Indeks harga saham gabungan (IHSG) ditutup menguat 63,33 poin atau 1,39% dengan asing mencatatkan beli bersih (net buy) di pasar reguler sebesar Rp 18,61 miliar. Indeks bergerak dalam kisaran 4.541-4.620. Penguatan tersebut didorong kenaikan harga sebanyak 235 saham, mencapai 141 saham mengalami penurunan harga, dan hanya 145 saham tidak mengalami perubahan harga.

Seperti diberitakan Investor Daily sebelumnya, PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk (ICBP) mengumumkan akuisisi Pinehill Company. Akusisi tersebut akan menjadikan perseroan sebagai produsen mie instant terkemuda di dunia.

“Dengan transaksi ini, perseroan akan menjadi pemain dan produsen produk makanan global dengan pangsa pasar yang kuat secara global, khususnya pasar produk mie instant,” ujar Sekretaris Perusahaan Indofood CBP Gideon A Putro melalui penjelasan resminya di BEI.

ICBP menyepakai nilai akuisisi saham Pinehill & Steele Lake US$ 2,99 miliar. Gideon menjelaskan, Pinehill Company memiliki 12 fasilitas produksi mie instan dengan kapasitas produksi lebih dari 10 miliar bungkus yang berlokasi di 8 negara dan memiliki jaringan distribusi di 33 negara.

Pinehill Corpora merupakan perusahaan terafiliasi yang 49% sahamnya dimiliki Anthoni Salim. Sedangkan Steele Lake bukan perusahaan terafiliasi. Pinehill Corpora dan Steele Lake merupakan pemegang masing-masing 51% dan 49% saham Pinehill Company, yaitu perusahaan investasi yang didirikan di British Virgin Island yang memiliki penyertaan saham di sejumlah perusahaan di berbagai negara.

PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk mengandallkan pinjaman perbankan untuk membiayai akuisisi saham Pinehill Company Limited senilai US$ 2,99 miliar. Sedangkan sisanya bersumber dari kas internal.

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN