Menu
Sign in
@ Contact
Search
Investor memantau pergerakan harga saham melalui layar monitor. (BeritaSatu Photo/Mohammad Defrizal)

Investor memantau pergerakan harga saham melalui layar monitor. (BeritaSatu Photo/Mohammad Defrizal)

IHSG Bergerak Optimistis, Apa Penyebabnya?

Selasa, 4 Oktober 2022 | 12:51 WIB
Indah Handayani (handayani@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id - Pada perdagangan sesi I Selasa (4/10/2022), indeks IHSG menguat sebesar 56 poin (0,8%) ke level 7.065. IHSG bergerak optimistis di zona hijau pada sesi I. Apa penyebabnya?  

Pilarmas Investindo Sekuritas menyebut, IHSG bergerak optimistis usai S&P Global melaporkan indeks manufaktur PMI September dalam negeri yang masih bergerak ekspansif. “Bahkan cenderung mengalami kenaikan,” tulis Pilarmas Investindo Sekuritas dalam risetnya, Selasa (4/10/2022).

Baca juga: MNC Bank (BABP) Dapat Restu Rights Issue

Pilarmas Investindo Sekuritas menjelaskan, hal ini sejalan dengan bursa global yang mayoritas mengalami penguatan. S&P Global turut melaporkan indeks manufaktur September semalam di mana mengalami kenaikan terbatas, namun masih mampu mengangkat pergerakan bursa Wall Street.

“Pada saat yang sama, bursa Eropa turut bergerak positif di tengah Bank Credit Suise yang mengalami permasalahan modal dan likuiditas. Hal yang tentunya memberikan kekhawatiran terjadinya krisis global,” tambah Pilarmas Investindo Sekuritas.

Baca juga: Resesi Global Bisa Dihindari dengan Kebijakan Fiskal yang Tepat

Pilarmas Investindo Sekuritas menilai, tingkat kesehatan bank tersebut memang tengah menjadi perhatian dengan titik berat pada serangkaian kerugian, tingkat leverage bank dan produk sekuritisasinya.

Sementara itu, Pilarmas Investindo Sekuritas menyebut bursa Asia bergerak bervariasi dengan adanya sentimen bahwa Departemen Perdagangan AS berencana untuk melakukan pembatasan baru terhadap akses Tiongkok ke teknologi semikonduktor AS.

Baca juga: Ekspektasi Pengurangan Produksi OPEC+ Dongkrak Harga Minyak

Pilarmas Investindo Sekuritas menambahkan, hal itu memberikan ekspektasi bahwa terjadi perang dagang lanjutan antara AS – Tiongkok yang menimbulkan multiplier effect terhadap aliran perdagangan dunia.

“ANTM. Kami merekomendasikan buy dengan support dan resistance di level 1.860-1.980. PER: 20,72x dan PBV:2,15x,” tutup Pilarmas Investindo Sekuritas.

Editor : Indah Handayani (indah.handayani26@gmail.com)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com