Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Akun-akun medsos Indopremier sudah resmi terverifikasi. Akun-akun medsos tersebut adalah Fans Page Facebook, Instagram, Twitter dan Telegram: @IndoPremier.

Akun-akun medsos Indopremier sudah resmi terverifikasi. Akun-akun medsos tersebut adalah Fans Page Facebook, Instagram, Twitter dan Telegram: @IndoPremier.

Indo Premier Gandeng FTSE Russell Luncurkan Reksa Dana ETF

Kamis, 25 Maret 2021 | 11:20 WIB
Lona Olavia

JAKARTA, Investor.id - PT Indo Premier Investment Management (IPIM) meluncurkan produk reksa dana yang unit penyertaannya diperdagangan di bursa efek (Exchange Traded Fund/ETF) yang baru bekerjasama dengan FTSE Russell. ETF ini adalah reksa dana indeks Premier ETF FTSE Indonesia ESG dengan kode perdagangan XIFE.

XIFE merupakan reksa dana indeks pertama yang tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2021 ini. Direktur Indo Premier Investment Management Noviono Darmosusilo mengatakan, ETF ini tercatat sebagai produk yang ke-14 bagi perseroan. Dalam kurun waktu 13 tahun keberadaan ETF di Indonesia, Indo Premier telah meluncurkan 13 reksa dana ETF yang dikenal sebagai Premier ETF.

Dia menambahkan, pandemi Covid-19 yang melanda dunia telah berakibat terhadap penurunan indeks harga saham gabungan (IHSG) Bursa Efek Indonesia (BEI) hingga 37.8% dari titik tertingginya 6.325,4 di awal tahun 2020 mencapai titik terendah dilevel 3.937,6 pada Maret 2020. Namun IHSG kembali bangkit menjadi lebih kuat hingga mengalami penguatan 63,4% dari titik terendah pada Maret tahun 2020 mencapai level 6.435,2 di Januari 2021.

Dinamika pasar saham demikian, menurut Noviono, menjadikan ETF sebagai alternatif instrumen investasi yang tepat bagi investor guna menciptakan keuntungan yang konsisten dengan dinamika resiliensi pasar yang terjadi sampai kurun waktu saat ini.

“Apalagi reksa dana ETF memiliki keunggulan dibandingkan reksa dana konvensional, seperti transparansi, efisiensi, dan fleksibilitas. Instrumen ini juga memberikan keleluasaan bagi investor untuk bertransaksi setiap saat sepanjang jam bursa,” jelas dia dalam Pencatatan Perdana Reksa Dana Indeks Premier ETF FTSE Indonesia ESG, Kamis (25/3).

Tidak hanya itu, dia mengatakan, ETF berada di garda depan dalam penerapan prinsip-prinsip etika bisnis yang transparan dalam industri pengelolaan investasi. “Sejak tahun 2014, Indo Premier melalui reksa dana Premier ETF Sri-Kehati (XISR) telah menjadi pelopor instrumen investasi ETF ESG pertama di Asia Tenggara yang ternyata mampu memberikan kinerja investasi yang kompetitif terhadap pasar,” ungkap Noviono.

Sementara itu, Direktur Indo Premier Investment Management Suwito Haryatno mengatakan, hanya dengan satu order, investor dapat memiliki portofolio 32 saham unggulan berfundamental baik dan sesuai dengan aspek ESG. Kinerjanya pun mampu melebihi kinerja imbal hasil indeks LQ45 dan IHSG sejak tanggal dasar indeks 22 Juni 2015.

Dengan demikian, investor dapat meningkatkan atau menurunkan porsi saham bertema faktor ESG ini dengan cepat secara mudah sesuai dengan strategi investasi yang investor ingin terapkan, baik berupa tactical asset allocation maupun buy and hold strategy.

Terkait peluncuran produk baru ini, Indo Premier menggandeng Deutsche Bank AG, cabang Jakarta sebagai Bank Kustodian dan PT Indo Premier Sekuritas sebagai Dealer Partisipan. Bagi Deutsche Bank AG, cabang Jakarta, penunjukan sebagai Bank Kustodian kali ini merupakan mandat Bank Kustodian Reksa Dana yang ke-empat belas dari IPIM, dimana tiga belas diantaranya adalah Reksa Dana ETF.

 

 

Editor : Parluhutan (parluhutan@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN