Menu
Sign in
@ Contact
Search
Ilustrasi Tokopedia. (BeritaSatu Photo/Ruht Semiono)

Ilustrasi Tokopedia. (BeritaSatu Photo/Ruht Semiono)

Ini Dia Bentuk Baru Monetisasi GOTO via Tokopedia

Jumat, 26 Agustus 2022 | 17:03 WIB
Investor Daily (redaksi@investor.id)

JAKARTA, investor.id – Diluncurkannya paket berlangganan PLUS by GoTo oleh Tokopedia dinilai sebagai bentuk baru dari cara monetisasi PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO). Sinergi antara layanan e-Commerce dengan logistik ini diyakini akan memberikan dampak positif terhadap profitabilitas dari perusahaan ekosistem digital terbesar di Indonesia ini secara jangka panjang.

Senior Investment Information Mirae Asset Sekuritas Indonesia, M Nafan Aji Gusta Utama mengatakan, PLUS by GoTo merepresentasikan layanan baru untuk segmen premium. ”Semestinya ini bisa membentuk kelompok konsumen baru dan meningkatkan loyalitas baru (dari konsumen eksisting). Ini juga bentuk monetisasi baru karena asas manfaat sudah dapat,” ungkapnya kepada wartawan, yang dikutip pada Jumat (26/8/2022).

Sejauh ini, bentuk monetisasi GoTo khususnya dari layanan e-Commerce dan on-demand adalah pendapatan berbasis komisi dari mitra driver dan mitra seller dari setiap transaksi.

Baca juga: Genjot Transaksi Jutaan UMKM Tokopedia, GoPayLater Cicil Perkuat Ekosistem GOTO

PLUS by GoTo diyakini Nafan bisa meningkatkan Gross Transaction Value (GTV) dari GOTO. ”Menurut saya (PLUS by GoTo) ini skema inovasi dalam rangka meningkatan GTV dan GMV (Gross Merchandise Value). Karena misalkan saya yang biasa menggunakan Tokopedia, sebenarnya ini buat pengguna menguntungkan. Sebab yang paling esensial dari aplikasi basis online adalah bisa memberikan asas manfaat bagi pengguna,” terangnya.

Semestinya, lanjut Nafan, PLUS by GoTo bisa sangat diterima oleh masyarakat Indonesia. Apalagi, menurut data We Are Social dan Kepios pada bulan Februari 2022, faktor pendorong tertinggi bagi masyarakat Indonesia dalam berbelanja online adalah ongkos kirim yang gratis (50,5%) disusul oleh promo dan customer review (masing-masing 48,3%).

”Jadi dampaknya positif bagi GoTo dan Tokopedia. Dengan adanya tambahan bonus fitur dari Halodoc dan Vidio juga bisa menambah diversifikasi layanan dari GoTo,” terangnya.

Di level global, e-Commerce Amazon melalui layanan berlangganan Amazon Prime sudah membuktikannya bahwa inovasi seperti ini diterima konsumen. Dalam surat keterbukaan informasi untuk para pemegang saham, Executive Chairman Amazon, Jeff Bezos, mengumumkan terjadi pertumbuhan secara drastis dari jumlah keanggotaan Amazon Prime di masa pandemi dengan mencatatkan sebanyak lebih dari 200 juta anggota layanan ini di seluruh dunia.

Sama seperti inovasi layanan sebelumnya yang mengoptimalkan sinergi antar-platform, paket berlangganan ini juga dalam rangka mendorong upaya percepatan profitabilitas GoTo. ”GoTo juga membuktikan sebagai aplikasi dalam negeri yang bisa bersaing dengan aplikasi besar lainnya. Mudah-mudahan ada inovasi lagi dari GoTo agar bisa meningkatkan pengalaman (experience) pengguna sehingga bisa menambah kelompok konsumen baru,” ungkap Nafan.

Baca juga: Kenaikan Suku Bunga Tekan Perkembangan Teknologi, Bagaimana Nasib Saham GOTO?

Salah satu hal terpenting dari kehadiran PLUS by GoTo ini adalah Tokopedia benar-benar melakukan publikasi layanan dan edukasi kepada konsumen dengan baik. ”Bila masyarakat sudah mengerti mestinya transaksi Tokopedia bisa naik,” sarannya.

Seperti diketahui, Tokopedia sebagai e-Commerce marketplace bagian dari Grup GoTo secara bertahap memperkenalkan paket berlangganan pertamanya PLUS by GoTo kepada masyarakat yang berdomisili di Pulau Jawa. Pengguna bisa menggunakan paket ini untuk mendapatkan pengiriman bebas ongkir tanpa batas dengan waktu pemrosesan pesanan yang lebih cepat, layanan prioritas hingga keuntungan eksklusif lain dari para mitra strategis grup GoTo, seperti Halodoc dan Vidio.

Direktur/Head of Marketplace Grup GoTo, Anthony Wijaya menjelaskan, PLUS by GoTo adalah contoh sinergi strategis antar ekosistem di dalam Grup GoTo yang menawarkan nilai tambah kepada pengguna. ”Sebagai satu-satunya pelaku e-commerce yang didukung oleh platform on-demand terkemuka, kami dapat menghadirkan layanan yang lebih baik dan meningkatkan pengalaman pengguna. Kami percaya semuanya ini akan dapat mendorong kesetiaan pelanggan untuk jangka panjang,” ujarnya, dalam keterangan resmi.

Head of Product Tokopedia, Gabriella Kawilarang menambahkan, pandemi membuat belanja online semakin menjadi pilihan masyarakat. Di sisi lain, mengingat Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia, masyarakat menghadapi berbagai tantangan logistik, salah satunya ongkos kirim.

Baca juga: GoFood Kini Hadir di Platform Tokopedia

”Ongkos kirim yang murah bahkan bebas tanpa kuota semakin dibutuhkan banyak masyarakat. PLUS by GoTo hadir sebagai solusi yang bisa mempermudah pengguna berbelanja di Tokopedia tanpa harus memikirkan ongkos kirim.”

Konsumen dapat menikmati PLUS by GoTo dengan biaya langganan mulai dari Rp 150.000 per 6 bulan selama periode promo. Artinya, hanya butuh sekitar Rp 25.000 per bulan untuk menikmati ratusan juta produk yang tersedia di Tokopedia dengan bebas ongkir sepuasnya tanpa kuota, termasuk untuk pengiriman same-day dengan waktu pemrosesan pesanan yang lebih cepat, yang sebelumnya belum berlaku untuk benefit bebas ongkir saat ini.

PLUS by GoTo juga menawarkan serangkaian promosi eksklusif, diskon, dan penawaran lainnya yang bisa berdampak positif bagi kehidupan sehari-hari pelanggan. Pelanggan PLUS bisa mendapatkan diskon untuk pembelian obat dan konsultasi dokter melalui Halodoc dan diskon hingga 99% untuk streaming FIFA World Cup Qatar 2022™ melalui platform Vidio.

Editor : Jauhari Mahardhika (jauhari@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com