Menu
Sign in
@ Contact
Search
Pengguna telepon seluler melihat pergerakan harga saham. (BeritaSatu Photo/Mohammad Defrizal)

Pengguna telepon seluler melihat pergerakan harga saham. (BeritaSatu Photo/Mohammad Defrizal)

Ini Dia Saham-saham yang Bakal Cuan Selama Desember!

Rabu, 30 Nov 2022 | 20:31 WIB
Indah Handayani (handayani@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id – IHSG diprediksi akan tetap mampu mencapai pertumbuhan yang ciamik pada 2022. Bahkan, diprediksi bisa menembus hingga 7.400 pada penghujung tahun ini. Salah satu pendorong adalah hadirnya fenomena window dressing. Tak hanya mendongkrak IHSG, di saat itu pula pelaku pasar dan investor memanen cuan dari saham-saham terkena fenomena window dressing. Ini dia saham-saham yang bakal cuan selama Desember!

Vice President & Head of Investment Research Infovesta Utama Wawan Hendrayana mengatakan, selama 15 tahun terakhir, window dressing selalu terjadi setiap Desember. Bahkan jika dirata-ratakan, fenomena tersebut selalu mampu mendongkrak IHSG hingga 3% dan membuat kinerjanya selalu positif pada akhir tahun.

Baca juga: Chandra Asri (TPIA) Milik Prajogo Pangestu Jalankan Strategi Ini pada 2023

“Meskipun tahun lalu hanya mengalami kenaikan sebesar 1%, tapi pada tahun ini diperkirakan akan mampu mencapai kenaikan IHSG hingga 3%. Dengan kenaikan tersebut, diperkirakan IHSG bisa mencapai 7.400 pada akhir tahun ini,” ungkap Wawan kepada Investor Daily, Rabu (30/11/2022).

Advertisement

Menurut Wawan, faktor pendorong window dressing tahun ini akan mencapai hingga 3% adalah ekspektasi kinerja dari para emiten sampai Desember 2022 yang diperkitakan akan sangat baik. Ditambah lagi, adanya ekspektasi pertumbuhan ekonomi dalam negeri pada 2023 yang diatas 5%. Hal ini membuat banyak investor untuk mengambil posisi di akhir tahun.  Belum lagi, kenaikan harga komoditas, terutama energi masih sangat positif. Terutama batu bara yang tetap membara dan hampir menyentuh US$ 400 ton.

Baca juga: Garuda (GIAA) Menangi Gugatan Likuidasi yang Diajukan Greylag

“Saya rasa harga batu bara pun akan tetap stabil di kisaran US$ 300 per ton dan permintaan yang baik selama perang Rusia-Ukraina belum berakhir. Hal in tentu saja memberikan profitable yang baik bagi saham-saham batu bara,” tambahnya.   

Meski demikian, lanjut Wawan, ada tantangan yang bakal menjadi hambatan untuk window dressing kali ini. Hal itu datang dari kabar kenaikan suku bunga acuan The Fed yang akan terjadi pada pertengahan Desember. Sehingga akan memberikan efek kenaikan pula pada suku bunga acuan Bank Indonesia (BI). “Tapi kenaikan suku bunga acuan The Fed berada di kisaran dibawah 50 basis poin atau sesuai ekspektasi itu masih akan positif,” tegas Wawan.   

Baca juga: Mantap! Indika (INDY) Cetak Pendapatan US$ 3,13 Miliar, Labanya Naik Drastis

Untuk saham-sahamnya, Wawan menilai window dressing akan menyasar pada sektor keuangan, terutama perbankan. Hal ini karena secara fundamental dan prospek pada tahun depan masih sangat mendukung. Saham-sahamnya adalah BBCA yang bahkan bisa mencapai Rp 10.000 pada tahun depan. Ada pula, BBRI yang target harganya bisa mencapai Rp 5.000. “Sedangkan BMRI akan mampu menembus Rp 11.000,” ucap Wawan.

Wawan menambahkan saham sektor energi tak luput dari window dressing. Ia memperkirakan ADRO akan mampu menembus Rp 4.000. Ditambah lagi, ITMG yang bakal mampu menyentuh Rp 42.000. Selain itu, ada pula, saham sektor consumers goods yaitu ICBP yang akan mencapai Rp 10.200. “Terakhir adalah saham otomotif yang penjualan mobilnya akan diatas ekspektasi pada tahun ini. Untuk sahamnya adalah ASII yang akan mampu menembus Rp 6.300,” tutup Wawan.

Editor : Indah Handayani (indah.handayani26@gmail.com)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com