Menu
Sign in
@ Contact
Search
Best Syariah Awards 2022

Best Syariah Awards 2022

Ini Peraih Instrumen Syariah Terbaik 2022

Kamis, 15 September 2022 | 20:13 WIB
Zsazya Senorita (redaksi@investor.id)

JAKARTA, investor.id Majalah Investor memberikan penghargaan terhadap sejumlah produk reksa dana dan instrumen syariah lainnya dari beberapa perusahaan sekuritas, dalam Syariah Award 2022. Khusus penilaian atas kinerja instrumen keuangan syariah, baik sukuk maupun reksa dana syariah, Majalah Investor bekerja sama dengan PT Infovesta Utama, lembaga riset reksa dana dan obligasi.

Kolaborasi Majalah Investor dan Infovesta dilakukan mulai dari pengumpulan data hingga penilaian kinerja produk-produk syariah tersebut.

Anggota Tim Juri Investor Best Syariah Awards 2022 Josep Ginting mengatakan, sebagian besar institusi syariah yang lolos dalam proses pemeringkatan mampu menorehkan kinerja positif. Demikian halnya dengan produk reksa dana syariah yang rata-rata bisa mencatatkan pertumbuhan unit penyertaan dan dana kelolaan.

“Imbal hasil beberapa produk reksa dana syariah bahkan mampu melampaui kinerja indeks acuan,” ujar Joseph yang merupakan pengajar ilmu ekonomi syariah sekaligus Wakil Rektor President University dalam keterangan tertulis Majalah Investor, Kamis (15/9/2022).

Penghargaan produk reksa dana saham syariah terbaik diberikan untuk periode satu, tiga, dan lima tahun. Tahun ini, Sucorinvest Sharia Equity Fund yang dikelola PT Sucorinvest Asset Management berhasil menyabet penghargaan untuk periode tiga dan lima tahun untuk kelompok reksa dana saham syariah rupiah terbaik. Sedangkan periode satu tahun diraih oleh PT Henan Putihrai Asset Management lewat HPAM Ekuitas Syariah Berkah.

Head of Fixed Income Sucorinvest Asset Management Dimas Yusuf menuturkan, pihaknya merasa terhormat mendapat penghargaan tersebut karena Majalah Investor dari Beritasatu Media Holdings sudah sangat terpandang di industri pasar modal Indonesia. Ia juga mengatakan, reputasi Best Syariah Awards telah menjadi benchmark tertinggi untuk investasi produk syariah.

“Untuk itulah Sucorinvest Asset Management merasa amat terhormat mendapat kepercayaan dan kembali memenangkan penghargaan reksa dana saham sayariah periode tiga dan lima tahun untuk produk Sucorinvest Sharia Equity Fund,” ujar Dimas dalam penyelenggaraan Syariah Awards 2022, Kamis (15/9/2022).

Menjadi Motivasi

Di pihak lain, Senior Vice President PT Henan Putihrai Asset Management Reza Fahmi berharap, Best Syariah Awards 2022 terus dijalankan karena menjadi motivasi bagi perseroan dalam berkreasi di pasar keuangan syariah Indonesia. “Besar harapan kami, resume yang tadi disampaikan kepada narasumber dapat segera dilaksanakan agar investasi syariah dapat menjadi pilihan utama bagi investor di Indonesia,” sambung Reza.

Pada kelompok reksa dana saham syariah denominasi dolar, PT Schroder Investment Management Indonesia dengan produk Schroder Global Syariah Equity Fund menjadi yang terbaik kategori satu dan tiga tahun. Untuk kategori liam tahun disabet oleh PT BNP Paribas Asset Management pada produk BNP Paribas Cakra Syariah USD Kelas RK1.

Sementara reksa dana campuran syariah periode satu tahun diraih PT Pacific Capital Investment dengan produk Pacific Balance Syariah. Periode tiga tahun milik PT Panin Asset Management dengan produk andalannya Panin Dana Syariah Berimbang. Pada periode lima tahun penghargaan diberikan pada PT Mandiri Manajemen Investasi lewat produk Mandiri Investa Syariah Berimbang.

Selanjutnya, MNC Dana Syariah dari PT MNC Asset Management menjadi yang terbaik untuk kelompok reksa dana pendapatan tetap syariah berdenominasi rupiah periode satu tahun. Sedangkan periode tiga tahun diraih Insight Simas Asna Pendapatan Tetap Syariah I Asna yang diterbitkan PT Insight Investments Management. Kemudian periode lima tahun direbut oleh produk Shinhan Sukuk Syariah I besutan PT Shinhan Asset Management Indonesia.

Untuk kelompok reksa dana pasar uang syariah berdenominasi rupiah hanya dipilih satu kategori yaitu, periode satu tahun yang dimenangkan oleh produk Syailendra OVO Bareksa Tunai Likuid milik PT Syailendra Capital. Begitu pula untuk kelompok Reksa Dana ETF dan Indeks Syariah hanya memberikan satu penghargaan kepada Premier ETF Syariah JII besutan PT Indo Premier Investment Management.

Penghargaan sukuk terbaik dibagi dalam dua kategori, yaitu ijarah dan mudharabah. Untuk pemenang kelompok ini masing-masing diraih oleh Sukuk Ijarah Berkelanjutan I Elnusa Tahap I tahun 2020 dan Sukuk Mudharabah Berkelanjutan III Adira Finance Tahap IV Tahun 2019 Seri C. Sesuai Namanya sukuk tadi diterbitkan oleh PT Elnusa Tbk dan PT Adira Dinamika Multi Finance Tbk.

Editor : Nasori (nasori@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com